Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium

Halodoc, Jakarta – Perawatan untuk kanker usus besar sebagian besar didasarkan pada stadium (luas) kanker, tetapi faktor-faktor lain juga bisa menjadi penting. Orang dengan kanker usus besar yang belum menyebar ke tempat yang lain perlu menjalani operasi sebagai perawatan utama. 

Ketika kanker usus besar stadium 0 belum tumbuh di luar lapisan dalam usus besar, pembedahan untuk mengangkat kanker sering kali merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengobatan kanker usus besar berdasarkan stadium, baca selengkapnya di sini!

Tahapan Pengobatan Kanker Usus Besar

Dalam kebanyakan kasus ini dapat dilakukan dengan menghapus polip atau mengambil daerah dengan kanker melalui colonoscope (eksisi lokal). Pengangkatan sebagian dari usus besar (colectomy parsial) mungkin diperlukan jika suatu tumor terlalu besar untuk diangkat oleh eksisi lokal.

Ketika kanker usus besar sudah mencapai stadium I, kanker telah tumbuh lebih dalam ke lapisan dinding usus besar, tetapi mereka belum menyebar di luar dinding usus besar itu sendiri atau ke kelenjar getah bening di dekatnya.

Baca juga: Mengidap Kanker Usus Besar, Ini Gejalanya

Tahap I termasuk kanker yang merupakan bagian dari polip. Jika polip diangkat sepenuhnya selama kolonoskopi, tanpa sel kanker di tepi (margin) potongan yang dihilangkan, tidak ada perawatan lain yang mungkin diperlukan.

Pengidap kanker usus besar stadium I sangat mungkin juga disarankan untuk menjalani operasi lebih banyak. Ini dikarenakan polip tidak dapat diangkat sepenuhnya atau jika harus dihilangkan dalam banyak bagian, sehingga sulit untuk melihat apakah sel-sel kanker berada di tepinya.

Banyak kanker usus besar stadium II telah tumbuh melalui dinding usus besar, dan mungkin ke jaringan terdekat, tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening. Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar yang mengandung kanker (colectomy parsial) bersama dengan kelenjar getah bening terdekat mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan.

Dokter dapat merekomendasikan kemoterapi setelah operasi. Jika kanker memiliki risiko lebih tinggi untuk kembali (berulang) karena faktor-faktor tertentu. Jika kemo digunakan, opsi utama termasuk 5-FU dan leucovorin, oxaliplatin, atau capecitabine, tetapi kombinasi lain juga dapat direkomendasikan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi ini, tanyakan langsung ke Halodoc.  Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol kapan dan di mana saja lewat Video/Voice Call atau Chat.

Apa yang harus dilakukan ketika kanker usus besar sudah sampai pada stadium III? Biasanya ketika sudah sampai stadium III, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, tetapi mereka belum menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar dengan kanker (colectomy parsial) bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya, diikuti oleh kemoterapi ajuvan adalah pengobatan standar untuk tahap ini.

Baca juga: Kenali 12 Penyebab Kanker Usus Besar

Untuk kemo, baik rejimen FOLFOX (5-FU, leucovorin, dan oxaliplatin) maupun CapeOx (capecitabine dan oxaliplatin) paling sering digunakan, tetapi beberapa pasien mungkin mendapatkan 5-FU dengan leucovorin atau capecitabine saja berdasarkan usia dan kebutuhan kesehatan mereka.

Terapi radiasi atau kemoterapi juga dapat menjadi pilihan bagi orang yang tidak cukup sehat untuk melakukan operasi. Kondisi kanker usus besar stadium IV telah menyebar dari usus besar ke organ dan jaringan yang jauh. 

Kanker usus besar paling sering menyebar ke hati, tetapi bisa juga menyebar ke tempat lain seperti paru-paru, otak, peritoneum (selaput rongga perut), atau ke kelenjar getah bening yang jauh.

Dalam kebanyakan kasus, pembedahan tidak mungkin menyembuhkan kanker ini. Namun, jika hanya ada beberapa area kecil penyebaran kanker (metastasis) di hati atau paru-paru dan mereka dapat diangkat bersama dengan kanker usus besar, pembedahan dapat membantu hidup lebih lama.

 
Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2019. Treatment of Colon Cancer, by Stage.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Rectal Cancer.