• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Mandiri untuk Mengatasi Obesitas

Pengobatan Mandiri untuk Mengatasi Obesitas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Obesitas merupakan kondisi kronis yang dialami oleh seseorang akibat adanya penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Banyak faktor pemicu seseorang mengalami obesitas. Beberapa diantaranya adalah gaya hidup, genetik, pertambahan usia, hingga adanya penyakit tertentu.

Baca juga: Berapa Berat Badan yang Dikategorikan Obesitas?

Obesitas yang tidak diatasi dengan baik meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Untuk itu, obesitas perlu diatasi agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Bukan hanya pengobatan melalui tim medis, pengidap obesitas juga perlu melakukan pengobatan mandiri untuk mengatasi obesitas. Untuk itu, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi obesitas.

Lakukan Ini untuk Mengatasi Obesitas

Saat seseorang mengonsumsi kalori dalam jumlah besar dan tidak berbanding dengan kalori yang dibuang atau dihilangkan, kondisi ini dapat memicu kenaikan berat badan. Kondisi ini yang tidak diatasi dengan baik, nyatanya dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Obesitas adalah kondisi kronis akibat adanya penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Ada berbagai pemicu yang menyebabkan obesitas. Mulai dari genetik, pertambahan usia, gaya hidup, hingga pola makan. 

Jika tidak diatasi, kondisi obesitas mampu memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk. Beberapa penyakit yang dipicu kondisi obesitas adalah diabetes, stroke, gangguan jantung, gangguan ginjal, gangguan hati, hingga beberapa jenis kanker. Bahkan, kondisi obesitas yang dialami oleh ibu hamil pun dapat memicu gangguan kehamilan yang membahayakan ibu dan janin.

Baca juga: Ketahui 7 Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Obesitas

Untuk itu, sebaiknya lakukan perawatan atau pengobatan mandiri untuk mengatasi obesitas.

1.Melakukan Pola Diet Sehat

Kelebihan kalori menjadi alasan terbesar mengapa seseorang mengalami obesitas. Untuk mengatasi masalah ini, melakukan pola diet sehat bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan. Mengurangi pengonsumsian makanan olahan serta makanan tinggi gula dan lemak bisa menjadi cara tepat yang kamu lakukan untuk mengatasi obesitas.

Jangan lupa untuk perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Makanan dengan kandungan biji-bijian dan tinggi serat juga menjadi pilihan sehat lainnya yang bisa kamu konsumsi.

2.Menambah Aktivitas Fisik

Mengubah atau menambah kegiatan fisik memang menjadi hal baru yang cukup berat. Namun dengan jadwal dan usaha untuk meningkatkan kesehatan, tentunya kegiatan ini dapat kamu lakukan dengan mudah. Bukan hanya menurunkan berat badan, melakukan aktivitas fisik secara rutin membuat kamu menjadi lebih sehat.

Kamu bisa melakukan aktivitas fisik mulai dari yang sederhana. Rutin berjalan kaki, berkebun di rumah, atau menggunakan tangga ketika beraktivitas tentunya menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan. Lakukan aktivitas secara rutin setiap harinya minimal 15–30 menit. 

3.Memenuhi Kebutuhan Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dipenuhi dengan baik. Kurang tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur atau gaya hidup, nyatanya memicu perubahan metabolik dan endokrin. Kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan toleransi glukosa, meningkatkan rasa lapar, bahkan nafsu makan. 

Kurang tidur juga membuat tubuh tidak memiliki energi sehingga membuat kamu akan memiliki sedikit waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Inilah kondisi yang juga memicu obesitas. Oleh karena itu, sangat penting memiliki kualitas tidur yang baik karena kurang tidur berkaitan langsung dengan kondisi obesitas.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Dampak dari Obesitas

Itulah beberapa pengobatan mandiri untuk mengatasi obesitas di rumah. Tidak ada salahnya kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan beberapa perawatan medis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi obesitas. Mulai dari penggunaan beberapa jenis obat-obatan, tindakan bedah, hingga perawatan hormonal untuk mengatasi kondisi ini.

Referensi:
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diakses pada 2021. Treatment for Overweight and Obesity.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Treatments for Obesity?
HHS Public Access. Diakses pada 2021. Sleep and Obesity.