• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Rumahan untuk Atasi Faringitis pada Si Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Rumahan untuk Atasi Faringitis pada Si Kecil

Pengobatan Rumahan untuk Atasi Faringitis pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Agustus 2021
Pengobatan Rumahan untuk Atasi Faringitis pada Si Kecil

Faringitis bisa membuat tenggorokan terasa nyeri dan gatal sehingga Si Kecil yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman dan sulit menelan. Itulah mengapa kondisi tersebut sebaiknya segera diatasi. Pengobatan faringitis perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi faringitis pada anak.

Halodoc, Jakarta – Faringitis adalah peradangan pada faring yang berada di belakang tenggorokan. Kondisi ini sering disebut juga sakit tenggorokan.

Faringitis adalah masalah kesehatan umum yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Walaupun jarang disebabkan oleh sesuatu yang serius, tetapi faringitis bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman dan sulit menelan. Pengobatan untuk faringitis bervariasi yang tergantung penyebabnya. Namun, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan pada Si Kecil.

Baca juga: Ketahui Perbedaan antara Faringitis dan Laringitis

Pengobatan yang Tepat untuk Faringitis Sesuai Penyebabnya

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa faringitis adalah gejala, bukan suatu kondisi. Peradangan pada faring tersebut paling sering disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek, influenza atau mononucleosis. Infeksi virus tidak bisa diatasi dengan antibiotik, melainkan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen, bisa membantu meredakan gejalanya yang mengganggu, seperti rasa sakit dan demam.

Faringitis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi jarang. Bakteri Streptokokus grup A adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab atas terjadinya faringitis pada anak-anak sekitar 20–40 persen saat itu. Faringitis yang disebabkan oleh infeksi Streptococcus grup A disebut juga sebagai radang tenggorokan. Bila Si Kecil mengalami infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik oral, seperti amoksilin atau penisilin. Antibiotik bisa membantu meredakan gejala dan mencegah komplikasi, seperti demam rematik.

Selain itu, anak-anak yang sering terkena pilek dan flu yang memiliki riwayat alergi atau sering terpapar asap rokok juga bisa berisiko tinggi mengalami faringitis. Udara dalam ruangan yang kering, terutama di musim hujan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan berulang di pagi hari setelah bangun tidur.

Baca juga: Berbagai Virus yang Bisa Jadi Penyebab Faringitis

Pengobatan Rumahan untuk Faringitis Anak

Selain obat-obatan medis di atas, pengobatan rumahan berikut juga bisa ibu lakukan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan Si Kecil saat mengalami faringitis dan membantunya cepat sembuh:

  1. Banyak Istirahat

Terkadang, cara untuk mengatasi faringitis sesederhana dengan beristirahat yang banyak. Jadi, biarkanlah anak tidur yang banyak saat mengalami faringitis agar imunitas tubuhnya bisa kembali meningkat untuk melawan virus penyebab peradangan tersebut.

  1. Minum yang Banyak

Selain istirahat yang cukup, Si Kecil yang sedang mengalami faringitis juga perlu minum air yang banyak agar tubuhnya tetap terhidrasi. Minum air juga bisa meredakan ketidaknyamanan pada tenggorokan mereka. Ibu bisa menawarkan berbagai pilihan minuman pada Si Kecil, seperti air hangat, teh dengan lemon dan madu (untuk anak yang berusia di atas 1 tahun), atau sup ayam hangat untuk melegakan tenggorokannya.

  1. Pasang Pelembap Udara

Pengobatan rumahan lainnya yang juga bisa ibu coba lakukan untuk mengatasi faringitis pada Si Kecil adalah memasang cool mist atau pelembap udara di kamarnya. Udara yang lembap dan hangat bisa meningkatkan pernapasan dan meredakan tenggorokan Si Kecil yang kering dan sakit.

  1. Isap Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan juga bisa membantu meredakan tenggorokan yang gatal dan nyeri. Namun, hindari memberikan permen pelega tenggorokan ke anak-anak di bawah usia 5 tahun karena berisiko menyebabkan tersedak.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Bila anak sudah cukup besar, mintalah ia untuk berkumur dengan air garam yang hangat. Cara ini bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Ibu bisa membuat air garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Doronglah anak untuk berkumur dengan air garam setiap tiga jam atau lebih.

Baca juga: Kapan Faringitis Harus Diperiksakan ke Dokter?

Faringitis biasanya akan membaik dalam waktu satu minggu. Namun, bila faringitis pada anak sudah berlangsung lebih dari 10 hari dan ia mengalami rasa sakit yang parah saat menelan, sulit bernapas, sulit minum, dan sulit membuka mulut, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter. Ibu bisa membawa anak berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan ibu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is pharyngitis?.
Healthline. Diakses pada 2021. Pharyngitis.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Soothe Your Child’s Cold.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Natural Remedies for Sore Throat.