• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sakit Gigi, Lakukan Pengobatan Ini

Anak Sakit Gigi, Lakukan Pengobatan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi adalah masalah kesehatan umum yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Sakit gigi tentu saja dapat membuat anak sangat tersiksa karena rasa nyerinya yang seringkali menyakitkan. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi pada anak di sini.

Penyebab Sakit Gigi pada Anak

Dalam masa tumbuh kembangnya, sakit gigi wajar dialami anak-anak. Namun, bukan berarti orangtua boleh menyepelekan masalah kesehatan ini. Pasalnya, sakit gigi bisa disebabkan oleh masalah serius yang perlu penanganan khusus dari dokter gigi anak. Karena itu, mencari tahu penyebab sakit gigi pada anak sangat penting. Berikut ini beberapa penyebab umum sakit gigi pada anak:

  • Gigi berlubang, disebabkan oleh kerusakan gigi dan bisa diatasi dengan mudah dengan tambalan.

  • Radang gusi, ditandai dengan gusi yang memerah dan bengkak.

  • Erosi enamel, disebabkan oleh bakteri atau asam yang mengikis pulpa gigi. 

  • Bruxism, kondisi disebabkan oleh kebiasaan menggertakkan, menekan, atau menggesekkan giginya ke atas dan ke bawah, maupun ke kanan dan ke kiri secara tidak sadar.

  • Periodontitis, infeksi gusi yang menyebabkan gusi menyusut, bahkan bisa berujung pada kehilangan gigi.

  • Tekanan sinus, anak mungkin akan mengalami gejala berupa sakit kepala saat memiliki masalah kesehatan ini.

Baca juga: Penyebab Ibu Hamil Bisa Alami Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Anak Secara Alami

Sakit gigi bisa terasa menyiksa bagi Si Kecil. Oleh karena itu, ibu bisa melakukan cara-cara alami berikut untuk mengobati sakit gigi anak sambil menunggu jadwal pertemuan dengan dokter gigi:

  • Berkumur dengan Air Garam. Bila Si Kecil sakit gigi, sudah cukup besar untuk berkumur dan meludah, minta ia untuk berkumur dengan larutan air garam hangat untuk mengurangi peradangan dalam mulut, menurut saran dari American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD). Cara membuat larutan, ibu bisa mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berisi air hangat (tidak panas atau dingin).

  • Kompres Dingin. Selain berkumur dengan air garam, kompres dingin pada pipi di area yang terasa sakit juga bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan Si Kecil.

  • Minyak Cengkeh. Minyak ini juga berfungsi sebagai analgesic topical dan antibakteri yang mampu mengurangi rasa sakit gigi. Oleskanlah minyak cengkeh dengan menggunakan kapas pada area gigi yang sakit dengan lembut. Ingatkan anak untuk tidak menelan minyak tersebut.

Namun ingat, cara-cara di atas hanya dapat mengurangi rasa sakit gigi untuk sementara dan orangtua tetap harus membawa anak ke dokter gigi.

Baca juga: Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi

Menggunakan Obat Sakit Gigi di Rumah

Bila cara-cara alami di atas tidak mampu mengobati sakit gigi anak, orangtua mungkin akan panik dan memilih memberikan obat bebas pada anak untuk meredakan rasa sakitnya. Namun, berbeda dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak-anak tidak boleh sembarangan.

Ibu boleh memberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol untuk mengobati sakit gigi anak, asal dengan dosis yang tepat yang sesuai dengan berat badan atau usia Si Kecil. Karena itu, pastikan ibu membaca terlebih dahulu aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum memberikan obat sakit gigi pada anak. Pilih juga obat dalam bentuk cair, karena bentuk pil atau tablet mungkin sulit bagi anak-anak untuk meminumnya.

Baca juga: 4 Makanan Pemicu Sakit Gigi pada Anak

Nah, untuk membeli obat sakit gigi anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam.. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Children’s Dentistry. Diakses pada 2020. 4 Homemade Toothache Remedies That Are Safe For Kids. 
Kids Care Dental & Orthodontics. Diakses pada 2020. What Should I Do If My Child Has a Toothache?