• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan di Balik Gonggongan Anjing yang Perlu Dipahami

Penjelasan di Balik Gonggongan Anjing yang Perlu Dipahami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Menggonggong adalah salah satu jenis komunikasi yang digunakan anjing dan bisa memiliki arti yang berbeda tergantung pada situasinya. Apa pun yang menyebabkan anjing menggonggong, tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan. 

Misalnya, jika mereka menggonggong pada orang asing, mereka mungkin mencoba memperingatkan orang itu untuk menjauh, atau untuk mengingatkan pemiliknya tentang kehadiran orang asing. Jika anjing bosan, gonggongannya mungkin dirancang untuk menarik perhatian si pemilik dan dia mungkin hanya ingin bermain.

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Memaknai Gonggongan Anjing 

Kadang-kadang anjing menggonggong secara berlebihan dan dapat mengganggu jika terus menggonggong dalam waktu yang lama. Jika kamu mendapati anjing menggonggong secara berlebihan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya. 

Jika masalah tidak dapat diselesaikan dengan mengajari anjing untuk mengatasi stimulus (seperti orang asing lewat), atau kamu tidak dapat mengidentifikasi masalahnya, mintalah saran pada dokter hewan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter hewan dan menanyakan kesehatan hewan peliharaanmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Berikut adalah penjelasan di balik gongongan anjing yang perlu dipahami!

1. Teritorial/Pelindung

Ketika seseorang atau hewan masuk ke suatu area yang dianggap teritorial oleh anjing peliharaan, ini sering kali memicu gonggongan yang berlebihan. Saat ancaman semakin dekat, gonggongan sering kali semakin keras. Anjing akan terlihat waspada dan bahkan agresif selama jenis gonggongan ini.

2. Alarm/Ketakutan

Beberapa anjing menggonggong pada suara atau benda apa pun yang menarik perhatian mereka atau mengejutkan mereka. Ini bisa terjadi di mana saja, tidak hanya di wilayah asalnya.

3. Bosan/Kesepian

Ketika anjing dibiarkan sendirian dalam waktu lama, baik di dalam rumah atau di halaman, dia bisa menjadi bosan atau sedih. Karenanya anjing bisa sering menggonggong karena tidak bahagia.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyikat Bulu Anjing

4. Bermain

Anjing sering menggonggong saat menyapa orang atau hewan lain. Biasanya gonggongan gembira diiringi dengan goyangan ekor dan terkadang melompat.

5. Mencari Perhatian

Anjing sering menggonggong ketika mereka menginginkan sesuatu, seperti pergi keluar, bermain, atau mendapatkan camilan.

6. Gonggongan Kompulsif yang Menunjukkan Kegelisahan

Anjing yang cemas akan perpisahan sering menggonggong secara berlebihan saat dibiarkan sendiri. Mereka juga biasanya menunjukkan gejala lain juga, seperti mondar-mandir, destruktif, dan depresi. Gonggongan ini akan diiringi gerakan berulang-ulang, seperti berlari berputar-putar.

Cara Menenangkan Anjing

Beberapa anjing menggonggong karena antusias dan ini bisa jadi sangat mengganggu ketika kamu sedang membawanya jalan. Kamu bisa memberikan perhatian lebih kepada anjing, seperti mendekat padanya, supaya dia fokus ke kamu untuk merangsangnya lebih tenang. 

Pertimbangkan untuk menggunakan camilan sebagai bentuk melatih anjing supaya bersikap tenang. Pastinya ini membutuhkan latihan, pengulangan, dan interaksi intens antara kamu dan anjing peliharaan. 

Baca juga: Penyakit yang Dapat Dialami Anjing Setelah Melahirkan

Terkadang bekerja sama dengan pelatih anjing bersertifikat juga dapat membantu kamu memahami gonggongan anjing dan bagaimana memahaminya. Seorang profesional bersertifikat akan membantu menyesuaikan rencana pelatihan khusus untuk anjing dan memandu kamu memahami anjingmu, termasuk:

1. Mempelajari bahasa tubuh anjing.

2. Manajemen lingkungan.

3. Mempraktikkan pengaturan waktu yang tepat untuk koordinasi. 

4. Latihan membangun kepercayaan diri untuk anjing.

5. Keterampilan berjalan dengan tali dan penanganan tali darurat.

Perlu diketahui, kadang-kadang gonggongan juga bisa berarti anjing peliharaan sedang menyalurkan energi berlebihnya. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat anjing lelah dengan mengajaknya bermain atau berolahraga. Ini dapat membantu meningkatkan latihan fisiknya sepanjang hari, serta memberikan banyak pengayaan mental agar otaknya tetap sibuk.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Why Dogs Bark and Curbing Excessive Barking.
Preventive Vet. Diakses pada 2020. Why Your Dog Is Barking and How to Stop It.
Purina. Diakses pada 2020. Why Does My Dog Bark?