• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Golongan Darah Ayah dan Anak Kandung yang Berbeda

Penjelasan Golongan Darah Ayah dan Anak Kandung yang Berbeda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Meskipun seorang anak memiliki golongan darah yang sama dengan salah satu orangtuanya, namun ternyata hal ini tidak selalu terjadi. Golongan darah ayah bisa berbeda dengan anak kandung. Misalnya, ayah memiliki golongan darah AB, sedangkan ibu O, maka anak dapat memiliki golongan darah A atau B. 


Terkadang golongan darah ayah dan anak kandung sama dan terkadang berbeda. Terdapat alasan genetikan tertentu yang memungkinkan golongan darah ayah bisa berbeda dengan anak kandung. Sebab, golongan darah yang dimiliki anak akan mengikuti gen yang lebih kuat, di antara ayah atau ibunya. 


Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?


Alasan Golongan Darah Ayah dan Anak Kandung Bisa Berbeda


Bukan hanya antar individu, golongan darah ayah dan anak kandungnya pun bisa saja berbeda. Perlu diingat bahwa meski gen, DNA, dan berbagai bagian dari diri anak bersumber dari orangtua, belum tentu golongan darah anak akan sama dengan ayah atau ibunya. 

 

Orangtua menyumbang banyak informasi gen atau DNA dirinya pada anak melalui darah. Pada kebanyakan kasus, orangtua dengan golongan darah yang sama akan memiliki golongan darah yang sama dengan anak yang dilahirkan.

 

Namun, jika golongan darah kedua orangtua berbeda, golongan darah yang memiliki gen paling dominan yang akan diikuti oleh anak. Dalam hal ini, ayah belum tentu memiliki gen yang paling dominan. Hal ini yang membuat golongan darah ayah bisa berbeda dengan anak kandung.

 

Melansir laman Dr. Greene, berikut kemungkinan golongan darah yang akan dimiliki anak, jika golongan darah orangtuanya berbeda:

  • Jika golongan darah orangtua A dan B, kemungkinan akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, AB, atau bahkan O.
  • Jika golongan darah orangtua A dan AB akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, atau AB.
  • Jika golongan darah orangtua A dan O akan memiliki anak dengan golongan darah A atau O.
  • Jika golongan darah orangtua B dan AB akan memiliki anak dengan golongan darah A, B, atau AB.
  • Jika golongan darah orangtua B dan O akan memiliki anak dengan golongan darah B atau O.
  • Jika golongan darah orangtua AB dan O akan memiliki anak dengan golongan darah A atau B.


Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah


Hubungan Gen-Protein dalam Darah


Gen merupakan informasi untuk protein. Dan versi gen yang berbeda membuat versi protein yang berbeda juga. Jadi, versi A dari gen ABO membuat protein versi “A”, versi B menjadi protein versi B dan versi O tidak membuat apapun.Golongan darah manusia ditentukan oleh protein mana yang sebenarnya dibuat tubuh. Inilah mengapa ada empat tipe darah yang berbeda. 


Jadi AO adalah golongan darah A karena hanya membuat versi protein A. Sama halnya dengan BO kecuali golongan darah B karena hanya membuat versi B. O tidak memberikan kontribusi apapun, kecuali pada generasi berikutnya. 


Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Hubungannya Infeksi dengan Golongan Darah


Lantas bagaimana mengetahui kemungkinan golongan darah anak? Hal yang perlu diketahui hanyalah genotipe darah orang tua. Dengan menggunakan Punnett square adalah cara yang bagus untuk mengetahui kemungkinan golongan darah anak, berdasarkan golongan darah orang tuanya. Punnett square adalah diagram yang membantu mengatur semua gen untuk mengetahui kemungkinan kombinasi gen tertentu.


Mengetahui golongan darah sangat penting. Hal ini untuk mencegah kesalahan dalam melakukan transfusi darah atau menjalani pengobatan dengan metode operasi. Ketidakcocokan darah yang diterima dari pendonor dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang dikenal sebagai inkompatibilitas ABO.

 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan terkait dengan darah, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

 



Referensi:
The Tech Interactive. Diakses pada 2021. Blood Types
The Globe and Mail. Diakses pada 2020. Why Should I Know My Blood Type?
Dr. Greene. Diakses pada 2020. Blood Types 102: The Role of A, B, O, and AB Groups in Determining Paternity