• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Meditasi Mampu Menjaga Kesehatan Jiwa

Penjelasan Meditasi Mampu Menjaga Kesehatan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Penjelasan Meditasi Mampu Menjaga Kesehatan Jiwa

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan jiwa juga perlu diberi perhatian. Jika kesehatan jiwa terganggu, tentunya fisik dan kualitas hidup juga jadi terpengaruh. Salah satu metode untuk menjaga kesehatan jiwa adalah meditasi.

Meditasi adalah teknik atau praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan. Namun, dalam mengobati masalah kesehatan jiwa, kamu sebaiknya tetap berkonsultasi pada psikolog atau psikiater, karena melakukan meditasi saja mungkin tidak cukup.

Baca juga: Deteksi Lebih Dini Gangguan Mental Skizofrenia

Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Jiwa

Masalah kesehatan jiwa adalah kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Mulai dari orang dewasa, lansia, bahkan anak-anak. Penyebabnya bisa bersumber dari berbagai faktor, seperti faktor ekonomi, pengalaman traumatis di masa lalu, stres, hingga gangguan pada fungsi otak. 

Untuk memelihara kesehatan jiwa, kamu perlu melakukan berbagai upaya, seperti rutin berolahraga, memiliki pola makan sehat, cukup istirahat, hingga melakukan meditasi. Mengapa perlu meditasi? Hal ini cukup efektif untuk membantu menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan stres, yang bisa memicu masalah kesehatan jiwa. 

Meditasi adalah kegiatan ketika seseorang menggunakan pikiran secara mendalam untuk berkonsentrasi. Meski saat ini ada banyak jenis meditasi yang bisa dilakukan, tetapi tujuan dari metode ini sama, yaitu membuat perasaan menjadi lebih tenang, memenuhi kedamaian batin, dan meningkatkan kesehatan jiwa.

Baca juga: Lebaran dan Holiday Blues, Ini 4 Cara Menghadapinya

Dengan melakukan meditasi secara rutin, kamu akan lebih mudah untuk mengatur emosi dan terhindar dari stres. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2018 di jurnal Psychiatry Research menyebutkan, orang yang mengikuti kegiatan meditasi dapat mengelola stres dengan lebih baik, dibandingkan orang yang tidak melakukan meditasi.

Bagaimana Cara Melakukan Meditasi?

Salah satu keunggulan dari meditasi adalah sifatnya yang praktis dan bisa dilakukan di mana saja, tanpa membutuhkan peralatan apa pun. Kamu hanya perlu mencari tempat yang cukup nyaman untuk duduk.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini cara melakukan meditasi:

1.Tetapkan Waktu Terbaik

Pilihlah kapan waktu terbaik dan tenang untuk melakukan meditasi. Hindari melakukan meditasi di jam-jam yang biasanya kamu sibuk. Meditasi perlu dilakukan dengan pikiran yang tenang dan tidak terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2.Cari Posisi yang Nyaman

Meditasi memang bisa dilakukan di mana pun. Namun, sebaiknya kamu memilih tempat dan cari posisi yang nyaman. Selain soal tempat, kamu juga sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman. 

Baca juga: Percaya Diri Berlebihan Ternyata Berbahaya, Ini Dampaknya

3.Memfokuskan Diri pada Pernapasan

Kunci utama meditasi adalah teknik pernapasan. Jadi, saat melakukannya, kamu perlu benar-benar memfokuskan diri pada pernapasan. Caranya, nikmati setiap hembusan napas yang dikeluarkan. Semakin kamu fokus dan menikmatinya, pikiran akan semakin tenang. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai meditasi dan cara-cara melakukannya. Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada psikolog terpercaya, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. What Is Mindfulness Meditation?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is Mental Health?
Everyday Health. Diakses pada 2020. How Meditation Can Improve Your Mental Health