• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Studygram yang Familiar di Medsos
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan Studygram yang Familiar di Medsos

Penjelasan Studygram yang Familiar di Medsos

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Studygram merupakan tren unik di sosial media yang bisa memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan menjadi kreatif. Tren tersebut melibatkan catatan tulisan tangan mengenai materi atau tips-tips belajar yang dibuat dengan design yang menarik.”

Penjelasan Studygram yang Familiar di MedsosPenjelasan Studygram yang Familiar di Medsos

Halodoc, Jakarta – Sosial media sering kali disalahkan atas menurunnya prestasi anak-anak di sekolah. Dalam banyak kasus, platform sosial online tersebut memang sering mengalihkan fokus anak-anak dari studi mereka. Padahal, bila digunakan dengan benar, sosial media sebenarnya juga bisa membantu meningkatkan studi siswa lho, contohnya seperti studygram.

Studygram merupakan hashtag instagram yang populer belakangan ini. Tren tersebut sudah menciptakan komunitas studi yang positif yang menghubungkan para pengguna instagram yang ingin berbagi pengalaman studi mereka melalui bullet jurnal, diagram, tips belajar, catatan, dan lain-lain. Yuk, simak lebih lanjut mengenai studygram di sini.

Apa Itu Studygram?

Tren studygram berawal dari hashtag yang digunakan untuk catatan yang ditulis tangan di Instagram. Yang membuat tagar tersebut menjadi begitu populer, adalah karena catatan yang dibagikan dengan tagar studygram ditulis dengan rapi dan dengan desain yang sangat menarik. 

Bila kamu familiar dengan bullet journal, nah catatan ala studygram memiliki desain yang cukup mirip dengan poin-poin dan desain berwarna-warni. Tidak hanya menarik untuk dilihat, penelitian juga mengungkapkan bahwa otak lebih banyak menyerap informasi saat melihat tulisan berwarna selain hitam atau biru, lho. Selain itu, banyak catatan dengan tagar studygram juga sangat komprehensif, sehingga bisa langsung digunakan oleh para followers.

Saat ini, studygram sudah menjadi komunitas belajar dengan semakin banyak orang yang ikut membagikan catatan dengan tagar studygram di instagram. Mereka disebut juga studygrammers. Komunitas studygram biasanya terdiri dari para pelajar dengan minat yang serupa.

Dengan adanya studygram, mereka yang gemar belajar bisa mengekspresikan diri dengan bebas tanpa harus takut dicap kuper, aneh, dan lain-lain. Ini juga bisa menjadi komunitas yang baik yang mendorong para siswa agar lebih bersemangat untuk belajar.

Manfaat Studygram

Berikut beberapa manfaat studygram untuk membantu para siswa dalam belajar lebih baik:

1. Bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk belajar

Studygram merupakan komunitas yang positif dan suportif. Para studygrammers sering mendorong orang lain untuk berbagi pendapat dan tips di kolom komentar. Dengan begitu siswa yang mengikutinya bisa merasa menjadi bagian dari komunitas yang aktif, yang mendukung pembelajaran dan ekspresi kreatif.

Banyak postingan juga membahas perjuangan untuk tetap termotivasi, mencari waktu untuk belajar, dan stres ujian. Hal itu bisa menghibur untuk mengetahui bahwa siswa terbaik pun kadang-kadang mengalami kesulitan, serta mengetahui apa yang membuat mereka bisa terus maju. 

2. Menjadi inspirasi

Studygram juga bisa menginspirasi para siswa untuk lebih teratur membuat catatan dan dengan rutinitas harian mereka. Banyak postingan studygram merupakan catatan yang ditulis dengan sempurna dan menarik, tapi kamu tidak perlu merasa terbeban untuk melakukan hal yang sama. 

Sebaliknya, cari inspirasi untuk mengekspresikan dirimu secara kreatif dalam hal belajar, apakah itu melalui diagram, catatan, warna, stiker, atau apapun yang membantu kamu belajar lebih baik. Ingat, mencatat merupakan cara yang efektif untuk mengingat materi yang ditulis.

Selain mencatat, penting juga untuk tetap teratur dalam mengerjakan tugas, belajar untuk ujian, dan lain-lain. Nah, studygram bisa menginspirasi kamu atau Si Kecil untuk menjadi orang yang terorganisir. 

3. Termotivasi untuk lebih semangat belajar

Dengan membuat catatan pelajaran dan aktivitas sehari-hari sebagai seorang siswa, hal itu bisa memotivasi anak untuk lebih semangat belajar. Apalagi bila catatan itu dibagikan di instagram, maka anak akan merasa lebih bertanggung jawab untuk melakukan tugas mereka. 

Selain itu, menarik juga untuk melihat kembali catatan-catatan yang selama ini sudah kamu buat dan apa saja yang sudah dipelajari hingga saat ini.

4. Mendapatkan teman dan pengetahuan baru

Studygram merupakan komunitas yang beragam dan internasional dengan lokasi akun, mulai dari Singapura hingga Republik Dominika! Jadi kamu bisa mendapatkan teman baru dari seluruh dunia. 

Kamu bahkan bisa belajar tentang sumber dan materi studi yang baru melalui studygram, karena kebanyakan studygrammer sangat royal dalam berbagi. 

Kamu juga bisa berhubungan dengan siswa di jurusan yang sama dan bertanya pada mereka mengenai catatan, materi, tips belajar dan masih banyak lagi.

Nah, itulah ulasan mengenai studygram yang sedang marak di Instagram. 

Bila kamu atau ada anggota keluarga lain yang sakit, jangan dibiarkan saja. Segera periksakan mereka ke dokter dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Study International. Diakses pada 2022. How #studygram boosts student motivation.
Beauty Journal Sociolla. Diakses pada 2022. Studygram, Cara Seru Belajar yang Membantu Meningkatkan Kreativitas.
Hipwee. Diakses pada 2022. Sudah Tahu Fenomena Studygram? Ini Dia Tips untuk Menjadi Studygrammer!
The Malaysian Journal of Medical Sciences. Diakses pada 2022. The Influence of Colour on Memory Performance: A Review