• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan tentang Flek Usai Menstruasi Tergolong Normal

Penjelasan tentang Flek Usai Menstruasi Tergolong Normal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Terkadang, setelah menstruasi selesai, beberapa wanita kerap menemukan adanya flek. Namun, sebaiknya jangan langsung terburu-buru khawatir mengenai kondisi ini. Munculnya flek usai menstruasi tergolong normal. Biasanya, flek yang normal akan memiliki warna kecoklatan.

Baca juga: Warna Haid Bisa Menunjukkan Kesehatan Tubuh, Ini Faktanya

Namun, jika kondisi flek disertai dengan beberapa gejala lain yang membuat tidak nyaman, tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan. Untuk memastikan penyebab flek usai menstruasi, simak ulasannya dalam artikel ini!

Inilah Alasan Munculnya Flek Usai Menstruasi

Selama menstruasi, lapisan rahim akan mengeluarkan darah yang bercampur dengan jaringan. Namun, saat waktu menstruasi berakhir, banyak wanita yang mengalami flek dengan warna kecoklatan.

Lalu, mengapa kondisi ini bisa terjadi? Nyatanya, kondisi ini merupakan hal yang normal dan wajar. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak perlu cemas terhadap kondisi kesehatan. Jika flek yang muncul tanpa gejala lain yang mengganggu.

Hal ini disebabkan umumnya darah menstruasi akan keluar lebih lambat menjelang dan setelah menstruasi. Saat kondisi darah keluar lambat, darah akan teroksidasi sehingga menyebabkan warna darah berubah menjadi kecoklatan atau bahkan kehitaman. Saat darah keluar dari tubuh dengan kecepatan normal, biasanya darah akan tetap berwarna merah.

Kondisi ini menjadi hal yang normal karena bagian reproduksi wanita sedang melakukan proses pembersihan secara alami.

Baca juga: Jangan Khawatir, Ini 3 Tanda Periode Menstruasi Kamu Normal

Ketahui Penyebab Lain Munculnya Flek Usai Menstruasi

Selain karena dipicu oleh faktor hormonal, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan munculnya flek usai menstruasi. Ketahui pemicu lainnya, di sini!

1.Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, nyatanya bisa memicu munculnya flek sebelum dan setelah menstruasi. Namun, tidak ada salahnya jika flek muncul terus-menerus dan mulai mengganggu kenyamanan kamu, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan kamu.

2.Tanda Kehamilan

Meskipun sangat kecil terjadi, tetapi munculnya flek usai menstruasi bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Munculnya flek bisa memiliki warna yang beragam, mulai dari merah, merah mudah, hingga kecoklatan. 

Biasanya, flek yang menandakan kehamilan akan disertai gejala lain. Misalnya, muncul bersamaan dengan cairan bening, sakit perut bagian bawah, hingga perubahan suhu pada tubuh.

3.Bakteri Vaginosis

Saat vagina mengalami ketidakseimbangan bakteri sehat, kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah munculnya flek, meskipun telah usai menstruasi. Flek yang disebabkan bakteri vaginosis biasanya disertai dengan gejala lain, seperti kemerahan atau gatal pada area vagina.

4.Kista Ovarium

Kista pada ovarium yang tidak diatasi nyatanya dapat membesar. Kondisi inilah yang memicu munculnya flek usai menstruasi. Bukan hanya itu, kondisi ini juga dapat memicu berbagai keluhan kesehatan lainnya yang berkaitan dengan kondisi kista.

5.Memasuki Kondisi Perimenopause

Perimenopause merupakan kondisi menjelang menopause. Kondisi ini umumnya akan dialami oleh wanita beberapa tahun sebelum benar-benar memasuki usia menopause. Biasanya, flek yang disebabkan oleh kondisi perimenopause akan disertai gejala lain, seperti vagina yang menjadi lebih kering, hingga munculnya keringat pada malam hari.

Itulah beberapa pemicu munculnya flek usai menstruasi. Tidak ada salahnya buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc jika flek disertai gejala lain yang mengganggu. 

Baca juga: Darah Haid Hitam? Ini Fakta yang Harus Diketahui

Mulai dari munculnya keputihan berwarna hijau atau kekuningan, perdarahan dalam durasi waktu yang lebih panjang, hingga kemerahan dan pembengkakan di sekitar vulva. Pemeriksaan lebih dini tentunya akan membuat pengobatan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu, kondisi kesehatan akan lebih cepat pulih!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Is It Normal to Have Discharge After My Period?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Does Brown Discharge After a Period Mean?
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Brown Vaginal Discharge and How Is Treated?