• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penting Diketahui, Ini Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penting Diketahui, Ini Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada

Penting Diketahui, Ini Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Renang gaya dada adalah teknik yang dilakukan dengan posisi telungkup di permukaan air. Teknik ini berguna untuk meredakan gejala radang sendi, menjaga kesehatan paru-paru dan melatih otot tubuh.”

Penting Diketahui, Ini Teknik dan Manfaat Renang Gaya DadaPenting Diketahui, Ini Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada

Halodoc, Jakarta – Renang gaya dada atau breaststroke termasuk ke dalam teknik dasar berenang. Gaya ini jadi salah satu teknik yang dipelajari ketika kamu mengikuti kelas renang bersama instruktur.

Jenis olahraga air ini dilakukan dengan posisi telungkup dengan menempatkan badan dan kepala menghadap ke permukaan air.

Renang gaya dada dengan teknik yang tepat bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari meredakan gejala radang persendian hingga meningkatkan kesehatan organ jantung dan paru-paru.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

1. Posisi Tubuh dan Kepala

Posisikan kepala dalam posisi sejajar dengan tubuh. Ada kalanya posisi kepala harus lebih tinggi daripada tubuh. Ini dilakukan saat mengambil napas.

Jangan mengangkat kepala terlalu tinggi ketika bernapas, karena bisa memberi tekanan berlebihan pada leher. Setelah mengambil napas, kembalikan kepala ke posisi semula.

2. Gerakan Tangan

Renang gaya dada membutuhkan banyak gerakan lengan. Pertama-tama, arahkan kedua lengan lurus ke depan dengan kedua telapak tangan saling menempel. 

Posisikan kaki di tembok kolam renang untuk memberikan tekanan saat mendorong badan. Saat sudah meluncur, gerakkan tangan satu per satu ke arah luar permukaan air.

Dimulai dari tangan kanan. Ayunkan tangan kanan ke bawah lalu ke atas permukaan air dengan membentuk lingkaran. Kemudian, posisikan kembali lurus ke depan. Lakukan gerakan bergantian dengan tangan kiri.

Karena tekanan sudah berasal dari kaki, tangan tidak perlu membuat gerakan lingkaran terlalu lebar. Lakukan teknik dengan kedua tangan secara bergantian sampai garis finish.

3. Gerakan Kaki

Posisikan kedua kaki berada dalam posisi lurus setelah meluncur. Lalu, teluk lutut kedua kaki ke arah samping sampai tumit hampir menyentuh ke pantat.

Lakukan tendangan dalam gerakan melingkar untuk memberikan dorongan di bawah air. Satukan kembali kedua kaki dalam posisi lurus, kemudian ulangi gerakan.

4. Teknik Pernapasan

Menarik napas dilakukan saat kedua tangan dalam posisi lurus ke depan. Angkat sedikit bahu dan keluarkan wajah dari dalam air untuk menarik napas.

Lakukan secara rileks tanpa tekanan berlebihan guna meminimalisir risiko sakit punggung. Posisikan badan dan kaki dalam posisi sejajar lurus. Setelah mengembuskan napas, kembalikan posisi bahu dan kepala di bawah permukaan air.

Manfaat Renang Gaya Dada

1. Meredakan Gejala Radang Sendi

Risiko radang sendi semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Gejalanya ditandai dengan kaku pada sendi dan rasa nyeri yang memburuk sehingga gerak tubuh jadi terbatas.

Berada di dalam air membuat beban tubuh jadi lebih ringan. Kamu bisa bergerak lebih karena sendi tidak perlu bekerja keras. Lakukan aktivitas ini selama 2.5 jam dalam seminggu.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru dan Jantung

Renang gaya dada termasuk ke dalam jenis latihan kardio yang berguna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Dengan begitu, volume udara yang ditarik saat bernapas jadi lebih banyak. Ini efektif dalam mencegah sesak napas.

Berenang juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Proses tersebut dapat meringankan kinerja organ jantung. Peredaran darah yang lancar bisa menurunkan risiko sakit jantung akibat penumpukan plak di pembuluh darah.

3. Melatih Kelenturan Otot Tubuh

Sebagian otot tubuh aktif bekerja saat berenang. Berenang dengan teknik yang baik dapat melatih sekaligus mengencangkan otot dada, lengan, perut, paha, kaki, dan punggung bagian atas.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan seperti cedera atau kram otot setelah berenang, disarankan untuk segera buat janji rumah sakit. Lakukan perawatan yang tepat guna meminimalisir risiko efek samping. 

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Swimming Org. Diakses pada 2022. Improving Your Breaststroke Technique.
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Top 12 Benefits of Swimming?
Livestrong. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of Swimming the Breaststroke?
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Swimming Workouts That Build Strength.