• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penting, Kenali Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

Penting, Kenali Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Penting, Kenali Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

“Humidifier, diffuser, dan purifier adalah ketiga alat yang punya fungsi berbeda-beda. Diffuser berfungsi untuk membersihkan udara sembari memberi wewangian. Sementara humidifier berfungsi menambahkan kelembapan di udara. Nah, kalau purifier, berfungsi menyaring udara kotor sebelum disemprotkan kembali setelah bersih.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk orang yang menganggap humidifier, diffuser dan purifier adalah tiga hal yang sama? Kalau iya, berarti kamu selama ini keliru. Ketiga alat ini ternyata punya perbedaan dari segi fungsinya. 

Jika kamu tertarik untuk membeli salah satu dari ketiga benda ini, sebaiknya ketahui fungsinya masing-masing terlebih dahulu supaya tidak salah pilih. Nah, berikut perbedaan antara humidifier, diffuser dan purifier. 

Baca juga: Dampak Udara Kotor pada Kesehatan Paru-paru

Perbedaan Humidifier, Diffuser, Purifier

1. Kegunaan

Humidifier, diffuser dan purifier memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kamu mungkin sudah bisa menebak fungsi ketiga benda ini melalui namanya. Air purifier misalnya, benda yang satu ini berfungsi untuk membersihkan udara dari bakteri, virus, debu, dan polusi. 

Sementara humidifier tentunya untuk menambahkan “humidity” atau kelembapan udara di dalam ruangan. Sedangkan diffuser punya kegunaan untuk membersihkan udara di ruangan. Diffuser biasanya dicampur dengan essential oil untuk memberi wewangian di ruangan kamu. 

2. Cara Kerja

Ketiga alat ini pun punya cara kerja yang berbeda-beda. Untuk menambah kelembapan udara, humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap yang kemudian disemprotkan ke seluruh ruangan. Sedangkan purifier, alat ini bekerja dengan menyedot udara di ruangan kemudian menyaringnya sebelum di semprotkan kembali dalam keadaan lebih bersih.

Nah kalau diffuser, alat yang satu ini cara kerjanya mirip seperti humidifier. Bedanya, diffuser dapat dicampur essential oil sehingga menghasilkan uap essential oil. Alhasil, uap yang dihasilkan oleh diffuser mengandung wewangian sehingga membuat ruangan lebih harum. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Alasan Ventilasi Udara Harus Dibuka selama Perjalanan

3. Kebutuhan Air

Tidak semua alat ini membutuhkan air, hanya humidifier dan diffuser saja yang membutuhkannya. Humidifier adalah alat yang membutuhkan air paling banyak. Ini karena, humidifier dirancang khusus untuk menyemprotkan uap air ke udara. Dalam sekali pemakaian, humidifier umumnya membutuhkan tiga liter air. 

Sedangkan diffuser umumnya membutuhkan 300-500 mililiter air saja untuk sekali pemakaian. Sedangkan air purifier tidak membutuhkan air sama sekali karena fungsinya yang untuk menyaring udara saja.

4. Durasi 

Penggunaan ketiga alat ini memiliki durasi yang berbeda-beda. Untuk humidifier dan diffuser, durasi penggunaannya bergantung pada temperatur dan isi ketersediaan cairan. Semakin tinggi temperaturnya maka ketersediaan cairannya akan cepat habis, begitu pula sebaliknya. Sementara itu, air purifier memiliki durasi penggunaan yang paling lama yakni bisa sampai 30-120 menit. Ini karena, air purifier tidak menggunakan air dalam penggunaannya. 

5. Tempat

Setiap alat juga harus diletakkan di tempat yang sesuai untuk memaksimalkan fungsinya. Air purifier misalnya, karena alat ini berfungsi menyedot udara kotor, purifier lebih cocok ditaruh di ruangan yang sering digunakan untuk merokok. Sedangkan humidifier sebaiknya digunakan di ruangan yang kering dan kurang lembap. Meletakan humidifier di ruangan yang sudah lembap justru bisa meningkatkan pertumbuhan jamur. 

Kalau diffuser, alat ini lebih cocok diletakan di ruangan yang tidak terlalu luas supaya  wangi essential oilnya dapat menyebar merata. Diffuser umumnya diletakan di kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

Baca juga: Kenali Infeksi Saluran Pernapasan Akibat Polusi Udara

Mengalami masalah kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter agar cepat ditangani. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kini kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah dan praktis bukan? Download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Pop Mama. Diakses pada 2021. Wajib Tahu, Perbedaan Air Purifier, Air Humidifier, dan Diffuser.
Healthline. Diakses pada 2021. Humidifiers and Health.
Lifehack.org. Diakses pada 2021. 11 Hidden Benefits of Using Oil Diffusers.
Lifehack.org. Diakses pada 2021. The Amazing Benefits of Air Purifiers.