• Home
  • /
  • Pentingnya Berbagi dengan Sesama di Bulan Ramadhan

Pentingnya Berbagi dengan Sesama di Bulan Ramadhan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
pentingnya-berbagi-dengan-sesama-di-bulan-ramadhan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang baik, sehingga banyak orang berlomba-lomba menebar kebaikan. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi dengan sesama untuk mencari pahala. Namun ternyata, berbagi juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! 

Berbagi bisa dilakukan dalam banyak cara, entah dengan uang, makanan, atau menjadi relawan dalam kegiatan sosial. Tidak hanya kesehatan fisik, melakukan kebaikan dan berbagi dengan sesama juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan mental. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dari saling memberi pada sesama di bulan Ramadhan? Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental dan Jiwa

Manfaat Sehat Berbagi 

Berbagi dengan sesama bisa memberi manfaat menyehatkan, baik pada fisik maupun mental seseorang. Memberi bantuan disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah, menghindari depresi, anti stres, memberi efek kesenangan pada diri, hingga memperpanjang usia. 

Selama bulan puasa, kamu bisa mencoba untuk mengisi waktu dengan lebih banyak memberi kebaikan. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk penerima bantuan, tetapi juga orang yang memberi. Aktivitas sosial bisa merangsang otak dan meningkatkan rasa bahagia. Jika dilakukan rutin, tentu akan memberi dampak yang baik bagi tubuh

Salah satu manfaat dari berbagi adalah menjaga kesehatan mental. Pasalnya, hal ini bisa memberikan perasaan bahagia dan merangsang otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Science menemukan bahwa berbagi dengan sesama dan saling memberi akan berdampak langsung pada organ otak. 

Bagian otak yang mengalami manfaat dari saling berbagi berhubungan langsung dengan “reward processing”. Bahkan, efek dari saling berbagi disebut hampir sama dari yang didapat saat seseorang mengonsumsi makanan enak atau melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Baca juga: Melatih Anak untuk Menahan Emosi Selama Berpuasa 

Selain kesehatan mental, berbagi dengan sesama juga baik untuk menjaga kesehatan fisik. Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari saling berbagi, di antaranya: 

1. Menjaga Tekanan Darah 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari berbagi adalah menjaga tekanan darah. Dengan begitu, tekanan darah akan lebih terkontrol sehingga terhindar dari risiko penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi. Selain itu, hal ini juga bisa menekan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung. 

2. Memperpanjang Umur 

Berbuat baik pada sesama juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Namun tentu saja, manfaat ini bisa didapat dengan dibarengi pola hidup sehat, seperti menghindari rokok, rutin berolahraga, serta konsumsi makanan sehat. 

3. Meningkatkan Sistem Imun

Berbuat baik nyatanya bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh secara keseluruhan. Hal itu salah satunya terjadi karena sistem imunitas yang lebih terjaga. Sebab, dengan saling berbagi dan membantu, risiko seseorang mengalami stres bahkan depresi akan menjadi lebih kecil. Saat hal itu terjadi, pikiran akan lebih positif dan tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan dan membuat seseorang tidak mudah sakit. 

Jadi bagaimana? Masih ragu untuk berbuat baik di bulan yang baik ini? Ada banyak manfaat yang bisa didapat dan sangat sayang untuk dilewatkan, lho. 

Baca juga: Cara Ampuh Meredakan Stress saat Puasa

Kalau punya keluhan sakit atau pertanyaan seputar kesehatan selama puasa, tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Wanna Give? This Is Your Brain on a ‘Helper’s High’.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Giving Is Good for You.
Mental Health Foundation. Diakses pada 2020. Doing good does you good.