• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Berkumur untuk Kurangi Infeksi Bakteri dan Virus

Pentingnya Berkumur untuk Kurangi Infeksi Bakteri dan Virus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pentingnya Berkumur untuk Kurangi Infeksi Bakteri dan Virus

“Bukan cuma membersihkan mulut, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berkumur. Berkumur dapat mencegah  infeksi gigi, infeksi mulut, dan penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan dan virus yang tidak sempurna tersaring masker. Untuk memaksimalkan manfaat berkumur, gunakan obat kumur yang mengandung Hexetidine.”

Halodoc, Jakarta – Selain menyikat gigi, rutin berkumur wajib kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Berkumur adalah hal sederhana, tapi tak sedikit orang yang masih malas melakukannya. Padahal, banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari rutin berkumur. Dengan berkumur, kamu bebas dari bau mulut, mengurangi plak, dan dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan gusi dan gigi.

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, selain memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lainnya, kita juga perlu melakukan beberapa kebiasaan yang dapat meminimalkan risiko terinfeksi COVID-19. Contohnya dengan rutin berkumur. 

Ingat, virus COVID-19 terbukti dapat bersarang di tenggorokan selama berminggu-minggu dan bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Itu sebabnya, kamu perlu rutin berkumur untuk menurunkan risiko infeksi bakteri maupun virus. 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Masalah Gigi dan Mulut

Kenapa Harus Berkumur?

Makanan yang kamu konsumsi akan meninggalkan sisa yang menempel pada gigi ataupun terselip pada sela-sela gigi dan gusi. Nah, jika dibiarkan terlalu lama, sisa makanan tersebut akan menjadi plak dan membusuk. Proses pembusukan inilah yang kemudian memicu perkembangbiakan bakteri di dalam mulut.

Bakteri-bakteri tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Contohnya seperti bau mulut, penumpukan plak, gusi meradang, gigi berlubang, dan masalah gigi dan mulut lainnya. Itulah alasannya, kamu perlu rutin berkumur tiap harinya untuk membersihkan sisa-sisa makanan tersebut. 

Bagi kamu yang sudah mulai aktif beraktivitas di luar rumah, masker tentunya menjadi salah satu alat pelindung diri pertama yang melindungi kamu dari infeksi virus saat ini.  Namun, kemampuan masker menahan masuknya virus ke dalam mulut tidak mencapai 100 persen. Masih ada virus-virus lain yang mungkin masuk ke dalam tubuh kamu melalui rongga mulut. Untuk mencegah akumulasi virus berlebih di dalam rongga mulut, kamu perlu berkumur tiap hari dengan obat kumur yang memiliki sifat antiseptik. 

Perlu kamu ketahui, satu kali aktivitas berkumur biasanya hanya mampu melindungi gigi dan mulut selama 12 jam. Maka dari itu, kamu mungkin perlu berkumur setidaknya dua kali dalam sehari menggunakan obat kumur.  

Hexadol Mint adalah pionir obat kumur yang mengandung Hexetidine yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus, serta menjaga kesehatan rongga mulut dan meminimalkan risiko infeksi virus COVID-19. Tak hanya mengandung antibakteri dan antivirus, Hexetidine adalah zat aktif yang dapat bertahan dalam rongga mulut selama 8-10 jam setelah satu kali berkumur. 

Saat berkumur, sisa-sisa makanan dan kuman-kuman yang ada dalam mulut akan keluar. Hal ini dapat mencegah infeksi gigi, infeksi mulut, dan penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari sisa-sisa makanan ataupun virus yang masuk ke rongga mulut karena tidak tersaring sempurna oleh masker. Bukan cuma sekadar membersihkan mulut saja, berkumur juga menguatkan otot-otot wajah dan menjaga mulut tetap segar.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Begini Cara Berkumur yang Benar

Selama ini, tak sedikit orang yang tahu cara tepat berkumur. Padahal, berkumur dengan benar dapat memaksimalkan manfaatnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berkumur, mulai dari suhu air, cairan yang digunakan serta lamanya berkumur. Saat berkumur, sebaiknya kamu menggunakan air yang bersuhu normal saja, bukan air yang terlalu panas ataupun dingin. Air dengan suhu yang terlalu panas atau dingin justru bisa membuat gigi lebih sensitif dan terasa ngilu. 

Selain itu, jangan terburu-buru saat berkumur. Lakukanlah setidaknya selama 30 detik lamanya. Ketika kamu berkumur terlalu cepat, sisa-sisa makanan mungkin tidak akan terangkat sepenuhnya. Untuk memaksimalkan manfaat berkumur, sebaiknya jangan menggunakan air biasa. 

Air biasa tidak mampu melindungi mulut dan gigi dari serangan bakteri dan virus. Terlebih di situasi pandemi seperti ini, sebaiknya pilih obat kumur yang mengandung antivirus dan antibakteri. Nah, Hexadol Mint bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi gigi dan mulut secara maksimal.

Beragam Manfaat Berkumur dengan Hexetidine

hexadol mint-halodoc

Hexetidine adalah antiseptik topikal yang aman digunakan untuk desinfeksi dan pencegahan infeksi bakteri, jamur dan ragi pada mukosa mulut dan vagina. Tidak hanya efektif untuk membersihkan mulut, zat yang satu ini juga aman digunakan untuk infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan, seperti radang gusi, sariawan, radang selaput lendir mulut, radang tenggorokan sampai radang amandel. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Membantu Redakan Sakit Gigi

Hexetidine juga sering digunakan sebelum dan sesudah pencabutan gigi dan menjaga kebersihan mulut sesudah operasi. Hexadol Mint adalah satu-satunya obat kumur yang mengandung Hexetidine. Berbeda dengan obat kumur lain yang umumnya mengandung alkohol, Hexadol Mint tidak mengandung alkohol sehingga sangat aman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi. 

Bukan itu saja, kemasannya pun praktis dan easy to go karena dilengkapi dengan gelas kumur di tutup botolnya. Hexadol Mint kini tersedia di apotek atau kamu bisa membelinya toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot pergi ke apotek, tinggal klik lalu pesanan akan langsung diantar ke tempatmu!

halodoc-banner-rans
Referensi:
NHS. Diakses pada 2021. How to keep your teeth clean.
WebMD. Diakses pada 2021. Dos and Don’ts of Mouth Rinsing.
National Library of Medicine. Diakses pada 2021. Hexetidine.