• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Dukungan Suami Buat Istri yang Mengidap Vaginismus

Pentingnya Dukungan Suami Buat Istri yang Mengidap Vaginismus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Dukungan Suami Buat Istri yang Mengidap Vaginismus

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim yang seharusnya menjadi satu momen menyenangkan bisa sangat menyakitkan jika istri mengidap vaginismus. Apa itu vaginismus? Vaginismus adalah kondisi nyeri ketika berhubungan intim yang terjadi karena adanya gangguan pada otot sekitar vagina. 

Perempuan yang mengidap vaginismus otot vaginanya akan mengencang dengan sendirinya saat pasangan melakukan penetrasi ketika berhubungan intim. Vaginismus dapat menghambat aktivitas seksual yang dilakukan bersama pasangan. Jika istri mengidap vaginismus, apa yang harus dilakukan suami? Baca selengkapnya di sini!

Mengetahui Penyebab Vaginismus

Tadi sudah dikatakan kalau perempuan yang mengidap vaginismus biasanya akan mengalami rasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, vaginismus bisa memengaruhi kepuasaan seorang perempuan ketika berhubungan intim. 

Pada saat penetrasi, perempuan yang mengidap vaginismus mengalami rasa sakit dalam jangka panjang. Inilah terkadang yang menyebabkan istri enggan melakukan hubungan intim dengan suaminya. 

Baca juga: Waspada Miss V Tegang di Malam Pertama, Ini Penyebabnya

Beberapa kasus vaginismus pada perempuan tidak memiliki penyebab yang jelas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang perempuan mengalami kondisi vaginismus, seperti:

1. Penyebab Non-Fisik 

Gangguan dari psikis seseorang dapat menyebabkan perempuan mengalami vaginismus. Ketakutan terhadap kegiatan hubungan intim, gelisah, pasangan yang kerap melakukan kekerasan, pengalaman buruk sekitar seksual dapat membuat seseorang mengalami vaginismus.

2. Penyebab Fisik

Tidak hanya masalah psikis seseorang, vaginismus dapat disebabkan karena kondisi fisik. Seperti pernah mengalami cedera, mengalami persalinan, atau adanya perubahan atau pertambahan usia dan rasa tidak nyaman yang muncul sementara.

Pentingnya Dukungan Suami saat Istri Alami Vaginismus

Ketika istri mengalami kondisi vaginismus, sebaiknya lakukan pendekatan dan cari tahu penyebab istri mengalami vaginismus. Cara ini lebih baik dilakukan daripada memaksa keinginan suami sendiri. Vaginismus dapat disebabkan masalah psikis, tidak ada salahnya untuk ajak istri bertukar cerita dan ajak untuk berkunjung ke rumah sakit. 

Baca juga: Trauma Bisa Sebabkan Terjadinya Vaginismus

Selain melakukan pemeriksaan langsung ke rumah sakit, suami bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk melakukan konsultasi pada dokter mengenai kondisi vaginismus yang dialami oleh istri. Tidak bisa melakukan hubungan intim bukan berarti kamu dan pasangan tidak bisa bermesraan, perbanyak foreplay dapat meningkatkan gairah kamu dan pasangan. 

Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya suami tidak memaksa istri. Terpenting adalah suami jangan lelah untuk mendampingi istri dan melakukan pengobatan pada rumah sakit agar kondisi ini dapat segera ditangani dengan tepat. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan suami saat tahu pasangannya mengidap vaginismus!

Baca juga: 6 Gejala Vaginismus yang Harus Diwaspadai

1. Menemani Istri saat Melakukan Kunjungan Dokter

Menemani pasangan melakukan kunjungan dokter dapat membantu pasangan melewati masalah sulit karena kondisi vaginismus. Pun sebagai suami, kamu jadi tahu apa yang memicu pasanganmu mengidap kondisi ini. 

2. Dapatkan Informasi yang Valid

Jika pasanganmu didiagnosis mengidap vaginismus, usahakan untuk mengedukasi diri. Saat konsultasi dokter, tanyakan apa yang bisa kamu lakukan sebagai pasangan. Gunakan internet untuk informasi tambahan atau dukungan yang mungkin kamu perlukan sebagai pasangan dalam memahami kondisi istri.

3. Jangan Terus Bertanya Kesiapan Istri

Jangan sampai istri menangkap rasa frustasi kamu sebagai pasangan karena tidak bisa berhubungan intim. Jangan juga terus bertanya dan mendesak apakah istri sudah siap atau belum berhubungan intim. Jika kamu terus bertanya, ini hanya akan membuatnya merasa tertekan. Perawatan vaginismus bisa berlangsung lama dan butuh proses serta kesabaran dari kedua belah pihak.

 
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What is Vaginismus?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What You Need to Know about Vaginismus.
The Health Site. Diakses pada 2021. 6 ways to support your wife or girlfriend who has vaginismus.