• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Jaga Imunitas Tubuh Jelang Idul Fitri

Pentingnya Jaga Imunitas Tubuh Jelang Idul Fitri

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
   Pentingnya Jaga Imunitas Tubuh Jelang Idul Fitri

Halodoc, Jakarta - Bisa dibilang bahwa Idul Fitri atau lebaran adalah hari raya terbesar yang dirayakan di Indonesia. Setelah satu bulan berpuasa dan menahan hawa nafsu, akhirnya umat Islam bisa kembali suci serasa terlahir kembali. Pada hari ini pun semua anggota keluarga biasanya akan berkumpul, bahkan mereka rela melakukan perjalanan mudik melintas kota hingga pulau hanya untuk bertemu sanak saudara tercinta.

Namun, di masa pandemi ini, ada banyak batasan untuk merayakan lebaran. Mudik tahun ini juga kembali dilarang, yang tujuannya untuk mencegah lebih banyak orang tertular penyakit, terutama COVID-19, saat bepergian jauh. Jika kamu tetap memutuskan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara yang ada di dalam kota, sangat penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh.

Baca juga: Lebaran dan Holiday Blues, Ini 4 Cara Menghadapinya

Cara Menjaga Imun saat Lebaran

Jika kamu hendak melakukan perjalanan dekat seperti mampir ke rumah sanak saudara yang masih dalam satu kota, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kekebalan tubuh berikut:

1. Persiapkan Semua Hal dengan Matang

Meskipun hanya melakukan perjalanan singkat dalam kota untuk menemui sanak saudara, kamu dan keluarga juga tetap harus mempersiapkan semua kebutuhan dengan baik. Pertama kamu perlu mempersiapkan kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan, dan kemudian kebutuhan tambahan untuk menjalankan protokol kesehatan. Jika kamu menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya pilih kendaraan yang kamu rasa nyaman dan aman.

Persiapkan masker, hand sanitizer, tisu kering, tisu basah, dan camilan sehat untuk dibawa saat perjalanan, serta pastikan benda-benda ini disimpan di bagian tas yang mudah diraih. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum hari raya lebaran.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Setelah satu bulan penuh berpuasa, di momen lebaran ini, biasanya akan tersaji makanan istimewa yang bisa dimakan sepuasnya. Namun, alangkah lebih baik untuk memilih makanan yang sehat, karena makanan jelas bisa memengaruhi imun tubuh. Hindari makanan berminyak, bersantan, tinggi kalori, tinggi kolesterol, dan sebagainya. Jika kamu tetap ingin mengonsumsinya, pastikan dalam porsi yang wajar. Kemudian, seimbangkan dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan.

Baca juga: 7 Tips Ciptakan Kehangatan Lebaran di Rumah

3. Istirahat Jika Lelah

Saat kamu melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu bisa cepat lelah. Apalagi di hari lebaran juga pasti banyak sanak saudara yang mampir ke rumah. Jadi, saat kamu merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat. Beristirahat dengan cukup akan mampu menjaga imun.

4. Perhatikan Asupan Cairan

Tak hanya makanan, asupan cairan juga perlu diperhatikan. Hindari minum-minuman yang mengandung banyak gula tambahan atau tinggi kafein selama berpuasa. Apalagi saat hari lebaran dan kamu bepergian mengunjungi sanak saudara yang masih di dalam kota, tubuh akan lebih banyak terpapar polusi, sehingga cukupi kebutuhan cairan agar racun yang masuk dalam tubuh dapat dengan mudah dikeluarkan.

5. Sediakan Obat-Obatan dan Suplemen

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan selama lebaran. Pastikan untuk tidak lupa untuk membawa obat-obatan ringan saat bepergian mulai dari obat flu, obat sakit kepala, dan obat untuk mencegah masuk angin. Selain itu, kamu juga perlu membawa suplemen yang untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan memperkuat imun tubuh.

Baca juga: Setelah Lebaran, Wajib Lakukan 3 Cek Kesehatan Ini

Butuh suplemen yang mampu memperkuat imun tubuh bahkan bisa melawan COVID-19? Maka RHEA Health Tone adalah pilihan yang tepat. Suplemen minyak esensial imunomodulator pertama di Indonesia ini mengandung enam ekstrak tanaman herbal dengan 5 perlindungan ekstra: antioksidan, antivirus, antibakteri, antiperadangan dan imunomodulator. Suplemen ini akan bekerja dengan melakukan perbaikan dan melindungi sel terhadap paparan stres oksidatif dan radikal bebas.

Kamu pun kini bisa mendapatkan RHEA Health Tone melalui toko kesehatan di Halodoc. Ambil segera smartphone-mu, dan nikmati kemudahan beli obat dan vitamin tanpa harus keluar rumah! Pesanan kamu bisa segera tiba kurang dari satu jam dalam kemasan yang rapi dan aman. Jadi, tunggu apa lagi, jaga kesehatan imun dengan RHEA Health Tone dan beli produknya di Halodoc!


Referensi:
Al Arabiya. Diakses pada 2021. Top Tips for A Healthy Eid After a Month of Fasting.
Diabetes Queensland. Diakses pada 2021. Nine Tips for a Healthy Eid Al-Fitr.