Pentingnya Kesehatan Mental, Ini Tes Psikologi untuk Masuk TNI-AU

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Kesehatan Mental, Ini Tes Psikologi untuk Masuk TNI-AU

Halodoc, Jakarta – Selain kesehatan fisik, kesehatan mental yang baik juga menjadi salah satu syarat penting sebelum diterima sebagai anggota tentara nasional Indonesia (TNI). Maka dari itu, tes psikologi menjadi salah satu tes yang diujikan pada orang yang ingin bergabung dalam angkatan bersenjata tersebut. Tujuan pemeriksaan ini untuk menilai dan menentukan apakah kondisi mental seseorang cukup memenuhi persyaratan. 

Tentara nasional Indonesia (TNI) dibagi ke dalam tiga angkatan, yaitu Angkatan Darat (TNI-AD), Angkatan Laut (TNI-AL), serta Angkatan Udara (TNI-AU). Saat seseorang ingin lolos dan bergabung dengan salah satu pasukan, misalnya TNI-AU, ada serangkaian tes yang harus dilewati terlebih dahulu, salah satunya tes psikologi. Jenis tes ini penting untuk menilai beberapa aspek dalam diri calon prajurit, seperti kecerdasan, kejujuran, keberanian, ketelitian, serta minat dan bakat. 

Jenis Tes Psikologi untuk Masuk TNI-AU

Tes psikologi biasa dilakukan dalam berbagai proses rekrutmen pekerjaan, termasuk untuk menjadi TNI. Hal ini bertujuan untuk menemukan kandidat yang paling cocok dan bisa menjadi bagian dari sebuah kelompok sesuai dengan kebutuhan. Mengetahui apa saja jenis tes yang harus dijalani bisa sedikit membantu meningkatkan rasa percaya diri. Berikut ini jenis tes psikologi untuk masuk TNI-AU: 

  • Tes Logika Aritmatika

Pada jenis tes ini, kamu akan dihadapkan dengan sederet angka. Tujuan tes psikologi ini adalah mengukur kemampuan seseorang menganalisis dan memahami pola, kemudian memprediksi hal-hal lain dari pola tersebut. 

  • Logika Penalaran 

Bukan angka, jenis tes ini terdiri dari kata-kata. Tes logika penalaran terdiri dari 2 bagian kata yang mempunyai hubungan. Kamu akan diminta untuk menemukan kata lain berupa analogi untuk melengkapi bagian yang kosong. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan logika terhadap sebuah kondisi serta memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan.

  • Wartegg Test 

Pada tes ini, peserta akan dihadapkan dengan delapan kotak yang berisi berbagai bentuk, seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, 7 buah titik tersusun melengkung, dan garis melengkung. Peserta tes akan diminta untuk melanjutkan bentuk tersebut sampai membentuk sebuah gambar. Tes psikologi ini bertujuan untuk mengukur emosi, imajinasi, intelektual, kreativitas, dan ketegasan.

  •  Army Alpha Intelegence Test 

Pada tes ini, kombinasi deretan angka dan bentuk akan menjadi soal yang harus dipecahkan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan daya tangkap dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Sikap seperti ini sangat dibutuhkan oleh anggota TNI-AU. 

  • Edward Personal Preference Schedule (EPPS)

Dalam tes ini, akan dilihat seberapa besar motivasi yang dimiliki oleh seseorang. Tes ini mengharuskan peserta untuk memilih beberapa jawaban yang dirasa paling mencerminkan diri sendiri. 

  • Kraepelin atau Tes koran

Tes ini bisa membantu mengungkap keuletan atau daya tahan, kecepatan, kemauan, atau kehendak, emosi, penyesuaian diri, dan stabilitas diri seseorang. Dalam mengerjakan tes ini, kamu harus memiliki konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi, dan daya tahan yang prima. 

  • Menggambar Pohon 

Peserta tes akan diberikan satu lembar kosong untuk menggambar pohon. Tes ini biasa berisi perintah untuk menggambar pohon dengan ketentuan berkambium, bercabang, dan berbuah. 

  • Menggambar Orang 

Tes ini hampir sama dengan menggambar pohon. Setelah menggambar orang, kamu akan diminta untuk mendeskripsikan usia, jenis kelamin, dan kegiatan orang tersebut. Tujuan tes ini untuk melihat tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja seseorang. 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App store dan Google Play! 

Referensi:
TNI-au.mil.id. Diakses pada 2019. Catar AAU Jalani Tes Kesehatan dan Psikologi.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Career Personality & Aptitude Test.