• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat agar Kulit Glowing

Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat agar Kulit Glowing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat agar Kulit Glowing

“Selain perawatan dari luar, merawat kulit juga harus dari dalam.  Mengonsumsi makanan sehat seimbang akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. Bukan hanya kulit glowing, tapi kulit juga lembut, kenyal, dan bebas noda. Jika ingin memiliki kulit glowing dan sehat, pastikan untuk memberikan nutrisi yang baik pada tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin sudah memiliki skin care atau perawatan wajah favorit untuk mendapatkan kulit glowing. Namun, selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting. Tentunya dengan nutrisi dari makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat seimbang akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. Bukan hanya kulit glowing, tapi kulit juga lembut, kenyal, dan bebas noda. 

Perlu diketahui, suka atau tidak, kulit akan menua secara alami. Keriput dan bintik-bintik penuaan tidak bisa dihindari. Selain itu,  penuaan kulit bisa dipercepat akibat paparan sinar matahari hingga gizi yang buruk. Nah, enggak mau kan kulit kusam dan menua sebelum waktunya? Maka itu penting untuk menjaga asupan makanan sehat dan bernutrisi. 

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

“You Are What You Eat”

Jika ingin memiliki kulit glowing dan sehat, pastikan untuk memberikan nutrisi yang baik pada tubuh dan cukupi kebutuhan air putih. Segala sesuatu yang kamu makan akan menjadi bagian dari tubuh kamu, mulai dari batin hingga bagian luar tubuh seperti kulit. 

Semakin sehat makanan yang kamu konsumsi, semakin baik pula penampilan kulitmu. Begitu juga sebaliknya. Semakin sedikit perhatian yang kamu berikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, maka semakin banyak masalah yang akan muncul pada kulit. 

Seseorang bisa saja memiliki kulit pucat, kering, atau tampak lebih tua. Meskipun hal ini tidak terjadi dalam semalam, tapi itu akan membuat kulit kelaparan cukup lama. Cepat atau lambat, permasalahan kulit akan terlihat. Banyak ahli yang percaya, ketika kamu kekurangan makanan sehat tertentu, masalah kulit lain yang lebih serius bisa terjadi. 

Baca juga: 15 Buah dan Sayur yang Lebih Sehat Dimakan dengan Kulitnya

Kamu mungkin saja bisa tiba-tiba berjerawat, eksim, atau psoriasis. Sejumlah masalah kulit kronis berkaitan dengan pilihan dan pola makan. Itulah pentingnya merawat kulit dengan mengoptimalkan nutrisi. Caranya yaitu dengan:

  • Makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan.
  • Makan lemak sehat dari minyak ikan dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang. 

Sumber makanan harus memberikan tingkat nutrisi yang optimal untuk mendapatkan kulit glowing. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung beta karoten, vitamin C dan E, zinc dan selenium. 

Makanan yang Baik untuk Kulit Glowing

Makanan yang kaya antioksidan memiliki efek perlindungan bagi kulit. Bukan tidak mungkin kamu akan memiliki kulit glowing. Berikut beberapa makanan sehat yang perlu ada dalam menu makanmu:

  • Wortel, aprikot, buah lainnya, serta sayuran berwarna kuning dan oranye lainnya.
  • Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya. 
  • Tomat.
  • Kelompok buah berry.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan lentil.
  • Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel.

Di sisi lain, beberapa makanan tampaknya dikaitkan dengan masalah kulit. Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan makanan tinggi gula olahan, karbohidrat, dan lemak tidak sehat bisa meningkatkan penuaan kulit. 

Baca juga:  7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Perlu dipahami, banyak makanan yang baik untuk kulit sehat juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Daripada hanya berfokus pada makanan tertentu untuk kesehatan kulit, sebaiknya fokus pada pola makan sehat secara umum. Makan banyak buah dan sayuran baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bukan untuk kulit saja. 

Pilih juga produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Sertakan camilan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, batasi asupan gula yang tinggi, seperti permen, kue, atau minuman boba. Tanyakan juga pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang makanan sehat atau perawatan kulit lainnya yang perlu dijalani. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. The ABCs of a Healthy Skin Diet
BBC Good Food. Diakses pada 2021. Eat your way to fabulous skin
Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Foods for Healthy Skin