• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit Remaja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit Remaja

Pentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit Remaja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Oktober 2022

“Memakai body lotion menjadi rangkaian pemakaian skincare tubuh yang tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya bagi dewasa, body lotion juga sama pentingnya untuk menunjang kesehatan kulit remaja.”

Pentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit RemajaPentingnya Memakai Body Lotion bagi Kulit Remaja

Halodoc, Jakarta – Body lotion merupakan produk perawatan kulit yang memiliki beberapa manfaat. Namun, fungsi utamanya yaitu untuk membantu menjaga kelembapan kulit dengan beberapa cara. 

Pertama, minyak yang terkandung di dalam produk tersebut akan menarik air hingga ke bagian permukaan kulit. Saat dioleskan pada tubuh, minyak pada produk ini akan bersinggungan dengan protein tertentu yang menjadikan kulit terasa lebih halus. 

Cara kedua, body lotion memiliki kandungan bahan yang dikenal dengan nama zat oklusif. Berbagai zat ini akan bekerja aktif dengan membuat suatu pelindung untuk mencegah air menghilang dengan cepat dari kulit. Semakin sering dipakai, zat oklusif yang terdapat pada body lotion akan semakin membuat kulit terasa lembap. 

Adapun bahan yang masuk dalam kelompok zat oklusif termasuk minyak mineral, dimethicone, dan petrolatum. Bahan ini juga kerap dipakai untuk membuat produk pelembap kulit, baik ditujukan untuk kulit wajah atau tubuh. 

Cara terakhir, body lotion telah dilengkapi dengan bahan emolien dan humektan. Emolien memiliki fungsi utama untuk membantu memperbaiki permukaan kulit yang kasar, rentan mengalami iritasi, kering, dan bersisik. Sementara itu, humektan merupakan zat yang membantu menarik air menuju kulit seperti halnya minyak. 

Pentingnya Memakai Body Lotion untuk Kulit Remaja

Namun, perlu diketahui bahwa produk losion untuk tubuh dan tangan, tentu tidak sama dengan losion yang digunakan pada wajah. Lantas, apa pentingnya memakai body lotion untuk usia remaja?

Dahulu, body lotion mungkin menjadi produk perawatan kulit yang identik dengan orang dewasa. Namun, sekarang usia remaja juga memerlukan produk ini sebagai salah satu rangkaian perawatan tubuh paling mendasar. Jika produk ini digunakan secara teratur, maka kulit kamu akan tetap terhidrasi, halus, dan lembut. 

Bagian kulit tubuh yang kering, misalnya lutut dan area siku yang terasa kasar, dapat dirawat dengan memakai body lotion. Nah, usia remaja atau pubertas menjadi usia awal kulit menunjukkan tanda kering, mudah iritasi, dan bersisik. Inilah mengapa body lotion kini juga dibuat khusus untuk kulit remaja. 

Artinya, membuat kulit tetap lembap secara teratur bisa membantu kulit jadi lebih lembut dan halus. Tak hanya itu, produk body lotion juga membantu mencegah kulit mengalami berbagai masalah, seperti kerutan, kasar, dan kering. 

Kulit akan melakukan regenerasi setiap 27 hari. Namun, seiring usia yang semakin bertambah, proses alami tubuh ini akan menjadi lebih lambat. Alhasil, kulit menjadi lebih rentan dengan paparan sinar UV, paparan pendingin ruangan yang terlalu lama, polusi dan asap dari kendaraan, serta bentuk polusi lainnya. 

Nah, memakai body lotion dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit dari semua hal yang memicu kerusakan kulit tersebut. Sebenarnya, memakai body lotion tidak hanya membantu menjaga kelembapan kulit, lho! Produk ini juga berperan sebagai penahan air pada lapisan penahan kulit sehingga kulit tidak kehilangan kelembapan yang lebih buruk lagi. 

Waktu yang Tepat untuk Memakai Body Lotion

Body lotion akan memberikan manfaat maksimal bila dipakai tepat setelah kamu selesai mandi. Sebab kulit tubuh masih dalam kondisi lembap, sehingga semua kandungan dalam produk terserap dengan baik.

Memakai body lotion setelah mandi sebenarnya sudah bisa membantu menjaga kulit tetap lembap seharian. Namun, kalau kulit kamu ternyata sangat kering, kamu bisa mengoleskan losion kembali. Selain itu, waktu yang tepat untuk memakai body lotion selain setelah mandi adalah:

  • Setelah bercukur.
  • Sebelum memulai olahraga.
  • Selama dan setelah melakukan penerbangan.
  • Setelah mencuci tangan.
  • Sebelum istirahat malam.

Selain menggunakan body lotion, kamu juga bisa menjaga kelembapan kulit dengan perbanyak minum air putih dan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan kulit yang tidak biasa, segera tanyakan solusinya pada dokter di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk cek semua kebutuhan medis, kamu hanya perlu download Halodoc di App Store atau Play Store. 

Referensi:
StatPearls. Diakses pada 2022. Moisturizers.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. How to moisturize your skin.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. Dry Skin: Diagnosis and Treatment.
Nivea. Diakses pada 2022. Pentingnya Body Lotion untuk Kulit Remaja.