• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anak Kucing Peliharaan

Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anak Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang sangat menyukai anak kucing karena sedang lucu-lucunya. Selain itu, kamu juga harus memastikan kucing peliharaanmu sudah mendapatkan vaksin sejak masih kecil. Semakin dini vaksin diberikan pada kucing, semakin kecil kemungkinannya untuk terserang beberapa penyakit yang dapat membahayakan nyawanya. Nah, maka dari itu, kamu harus tahu seberapa pentingnya vaksin pada kucing!

Manfaat Vaksin pada Anak Kucing Peliharaan

Saat memiliki anak kucing baru, suasana di rumah menjadi lebih ramai karena suara baru yang timbul. Hal tersebut juga dapat menimbulkan rasa sayang dan cinta pada hewan tersebut, sehingga kamu berusaha keras untuk melindunginya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan makanan yang bergizi dan memastikan jika tempat tidurnya selalu bersih. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah pemberian vaksin yang dapat efektif mencegah penyakit.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Kucing Diberikan Vaksin?

Anak kucing rentan terhadap berbagai infeksi karena sistem kekebalannya yang belum matang. Vaksinasi pada waktu yang tepat dapat meminimalisasi paparan dari penyebab infeksi yang berbahaya, terutama pada kucing yang menyusui dari induk yang tidak diketahui asal-usulnya. Anak kucing harus menerima serangkaian vaksin selama periode 12 hingga 16 minggu sejak usia 6 dan 8 minggu.

Meski begitu, vaksinasi yang terlalu dini tidak efektif karena anak kucing masih menelan antibodi pelindung melalui ASI selama beberapa jam pertama setelah lahir. Antibodi tersebut juga dapat mengganggu respons tubuhnya terhadap vaksin. Namun, antibodi hanya bertahan beberapa minggu, sehingga vaksin dibutuhkan pada waktu yang tepat saat perlindungannya telah menurun.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Memang, vaksin pada anak kucing sangat penting sebagai tindakan preventif dari berbagai penyakit. Namun, apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh hewan tersebut? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Pencegahan Terhadap Penyakit

Vaksinasi adalah bagian penting dari perawatan kesehatan untuk anak kucing atau kitten. Bukan hanya yang berada di jalanan, kucing yang berada di dalam ruangan juga dapat terpapar penyakit serius dan menimbulkan dampak fatal karena banyak penyakit menular melalui udara. Maka dari itu, kamu harus memastikan hewan peliharaanmu mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal yang ada. Dengan mendapatkan serangkaian vaksinasi, diharapkan kucing kamu tetap terlindungi dari segala penyakit.

Meski begitu, vaksinasi pada anak kucing dapat bergantung pada beberapa hal, yaitu kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dan hidup di dalam atau di luar ruangan. Kamu harus selalu mendiskusikan faktor-faktor tersebut dengan dokter hewan untuk menentukan waktu yang tepat mendapatkan vaksin. Berikut ini perkiraan jadwal vaksin pada kucing yang tinggal di dalam ruangan:

  • Pada usia 6–10 minggu: FVRCP (Perlindungan terhadap rhinotracheitis, calicivirus, dan panleukopenia).
  • Pada usia 11–14 minggu: FVRCP dan vaksin tambahan (non core) FeLV (Perlindungan terhadap virus leukemia pada kucing).
  • Pada usia lebih dari 15 minggu: FVRCP, FeLV, dan vaksin rabies.

Selain itu, vaksin yang dilakukan pada kucing bukan hanya melindungi kesehatan dan potensi hidupnya, tetapi juga keuangan kamu. Jika kucing terhindar dari segala penyakit dengan vaksin, tentu kemungkinan untuk membawanya ke dokter hewan lebih kecil. Maka dari itu, kamu harus memastikan jika kitten sudah cukup umur untuk mendapatkan rangkaian vaksin, jangan tunda lagi untuk kebaikan bersama.

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc tentang pentingnya vaksin dan jadwal pemberiannya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat mendapatkan kemudahan untuk berdiskusi dengan dokter hewan hanya dengan menggunakan gadget yang dimiliki dari manapun dan kapanpun!

Referensi:
Rau Animal Hospital. Diakses pada 2020. Cat Vaccinations - Everything You Should Know.
Knose. Diakses pada 2020. Is Cat Vaccination Really Necessary?