• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Saat kamu memutuskan untuk mengadopsi anak anjing, bukan hanya kebutuhan makan dan tempat tinggal saja yang harus dipikirkan. Kamu juga perlu memberinya vaksin secara teratur agar ia tumbuh kuat, sehat, dan berumur panjang. Sama halnya dengan memberikan vaksin pada manusia, vaksin pada anjing juga dilakukan dengan memasukkan virus atau bakteri yang telah dimodifikasi.

Hal tersebut dimaksudkan agar vaksin dapat merangsang antibodi untuk melawan dan mencegah saat penyakit di masa mendatang. Vaksin pada anjing merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat ada beberapa virus yang dapat berakibat fatal, yaitu kematian. Lantas, apa yang perlu diperhatikan dalam memberikan vaksin pada anjing peliharaan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Awas, Hewan Peliharaan Juga Rentan Terkena Virus Corona

Usia Tepat Anjing untuk Diberikan Vaksin

Anak anjing sudah seharusnya diberikan vaksin setiap 2–4 minggu, saat usianya menginjak 6–16 minggu. Vaksin efektif diberikan saat mereka sudah mulai mengenal makanan. Sebagai pemelihara, kamu tidak boleh malas untuk memberikannya vaksin. Pasalnya, biaya merawat hewan yang sakit akan lebih besar ketimbang harus merogoh kocek untuk vaksinasi.

Vaksin berguna untuk mengurangi infeksi virus yang belum ditemukan obatnya. Begini urutan vaksin untuk anjing yang wajib dilakukan:

  1. Saat usia 2 bulan, disarankan untuk vaksinasi Parvo.
  2. Saat usia 3 bulan, disarankan untuk vaksinasi Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis.
  3. Saat usia 4 bulan, disarankan untuk vaksinasi Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Leptospira, Corona.
  4. Saat usia 5 bulan, disarankan untuk vaksinasi Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Leptospira, Corona, Rabies.
  5. Vaksin pengulangan 1 tahun sekali atau pada anjing yang belum pernah di vaksin saat berusia di atas 6 bulan. Vaksin tersebut adalah Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis, Leptospira, Corona, Rabies.

Untuk waktu yang tepat, kapan harus melakukan vaksinasi pada anjing peliharaan, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter. Perhatikan juga kondisi peliharaan saat ingin divaksin, jangan datang ke vet saat kondisi anjing tidak benar-benar sehat. Pastikan agar anjing tidak sedang demam, diare, atau bersin-bersin, ya.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Jenis Vaksin Wajib yang Harus Diberikan pada Anjing

Sebaiknya kenali terlebih dulu beberapa jenis vaksin yang wajib disuntikkan, sebelum diberikan pada anjing peliharaan. Berikut ini sejumlah vaksin wajib yang harus diberikan pada anjing:

  1. Vaksin DP (distemper dan parvovirus). Vaksin ini diberikan untuk perlindungan terhadap penyakit distemper dan parvovirus. Distemper merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan dan memicu infeksi kulit. Sedangkan parvovirus, merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan.
  2. Vaksin PiBr. Vaksin ini diberikan untuk perlindungan terhadap penyakit bordetella dan parainfluenza. Sebaiknya vaksin ini diberikan saat anjing menginjak usia 10–12 minggu.
  3. Vaksin DHLPI. Vaksin ini diberikan untuk perlindungan terhadap penyakit distemper, leptospirosis, hepatitis, dan parvovirus. Sebaiknya vaksin ini diberikan saat anjing menginjak usia 14–16 minggu.
  4. Vaksin DHLPII+R. Vaksin ini diberikan untuk perlindungan terhadap penyakit distemper, hepatitis, leptospirosis, dan rabies. Sebaiknya vaksin ini diberikan saat anjing menginjak usia 20 minggu.
  5. Vaksin Rabies. Vaksin rabies diberikan untuk perlindungan terhadap penyakit rabies. Penyakit ini cukup mematikan, karena menyerang sistem saraf pusat. Sebaiknya vaksin ini diberikan saat anjing menginjak usia 4–6 bulan.

Baca juga: Hewan Kesayangan Tidak Divaksin, Waspada Bahayanya

Jika belum memahami urutan vaksin dan apa saja manfaatnya bagi anjing peliharaan, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya! Sama halnya dengan manusia, vaksin yang dilakukan pada hewan peliharaan memiliki efek samping. Jangan lupa bertanya sejelas-jelasnya mengenai hal ini.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Pentingnya Vaksin pada hewan peliharaan.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Pentingnya Vaksin Untuk Anak Anjing: Jangan Tunggu Sampai Terlambat!