• Home
  • /
  • Pentingnya Mengajari Anak untuk Menjaga Lingkungan

Pentingnya Mengajari Anak untuk Menjaga Lingkungan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pentingnya Mengajari Anak untuk Menjaga Lingkungan

Halodoc, Jakarta - Tampaknya efek perubahan iklim beberapa tahun terakhir makin terasa daripada sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengajari anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan. Pasalnya, mereka yang akan menjadi pemimpin dan pembuat kebijakan publik. Penting untuk memastikan anak paham cara menjaga keseimbangan antara manusia dan alam. 

Sebenarnya, momen untuk menjaga lingkungan bukan hanya saat perayaan Hari Bumi saja. Setiap hari, sebaiknya semua tindakan yang dilakukan harus memikirkan dampaknya pada lingkungan. Bagi para orangtua wajib menanamkan perilaku cinta lingkungan pada anak. Lantas, apa pentingnya menanamkan nilai tersebut pada anak. Berikut ini ulasannya!

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

Alasan Pentingnya Mengajari Anak Cinta Lingkungan 

Mempelajari tentang keberlanjutan sejak usia dini akan membantu mengembangkan pola perilaku berkelanjutan yang dapat menjadi kebiasaan gaya hidup berkelanjutan di masa depan. Salah satunya adalah berhati-hati dengan sumber daya yang digunakan, apakah ia berbahaya bagi lingkungan atau tidak. 

Anak kecil dapat belajar menjadi penghemat air dan energi, pendaur ulang yang baik, dan memikirkan jumlah limbah yang dihasilkan setiap hari. Faktanya, anak kecil paling berisiko karena mereka menghadapi paparan yang lebih besar dan lebih lama terhadap lingkungan yang buruk.

Melihat dampak kesehatan dari perubahan iklim, misalnya, artinya mereka memiliki risiko paparan penyakit yang lebih besar seperti malaria dan demam berdarah, akibat dari lingkungan yang tidak dijaga.

Naiknya suhu bumi juga cenderung menyebabkan peningkatan jumlah anak-anak prasekolah mengalami demam dan gastroenteritis karena mereka memiliki kapasitas lebih sedikit untuk mengatur tubuh mereka selama cuaca panas. Selain itu, cuaca panas juga menyebabkan mereka jadi enggan bermain di luar ruangan yang padahal sangat baik untuk membantu mendukung tumbuh kembang mereka. 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Cara Membuat Anak Cinta Lingkungan 

Ada beberapa cara untuk mengajari anak-anak pentingnya melindungi lingkungan, yaitu:

  • Pastikan mereka melihat contoh dari orangtua yang peduli dengan lingkungan alam.

  • Jelaskan kepada anak-anak mengapa perlu mendaur ulang, mematikan lampu, berjalan ketimbang naik kendaraan atau semacamnya. Ingat, anak-anak pertama kali menerima nilai pendidikan dari orangtua, jadi pastikan kamu menjadi guru pertama anak-anak yang baik.

  • Lakukan model "green housekeeping". Misalnya, meminimalkan limbah dan mengurangi konsumsi air dan energi di rumah. Bisa juga menggunakan pembersih “ramah lingkungan”, dan miliki tempat sampah kompos atau semacamnya.

  • Ajak anak bergabung dengan gerakan daur ulang dan bersepeda.

  • Buat taman di rumah dan libatkan seluruh keluarga dalam semua fase — desain taman, penanaman, menyiapkan dan memasak makanan, makan, dan daur ulang.

Bagaimana dengan Keluarga yang Tumbuh di Kota Minim Lahan Hijau?

Bagi keluarga yang tinggal di perkotaan yang minim ruang terbuka hijau, maka kamu bisa memulainya dengan halaman belakang rumahmu sendiri. Atau kini pertanian di perkotaan bisa dilakukan dengan media lain, seperti hidroponik  atau semacamnya. Buatlah tempat untuk permainan anak-anak yang bisa digunakan setiap hari meski ruangnya terbatas. Manfaatkan ruang bermain lokal yang alami, ini termasuk taman, anak sungai, dan pantai. Di mana saja anak-anak kecil dapat memiliki keterlibatan yang mendalam dengan alam.  

Baca juga: Ajarkan Anak untuk Cinta Alam, Ini Caranya

Itulah hal yang bisa diajarkan tentang pentingnya peran anak dalam menjaga lingkungan. Hal ini termasuk dalam pola asuh yang baik oleh orangtua. Jika membutuhkan saran mengenai jenis pola asuh agar kelak anak tumbuh menjadi anak yang baik, coba tanyakan langsung pada psikolog di Halodoc.

Psikolog dan dokter anak selalu siaga di Halodoc kapan saja dan di mana saja karena bisa dihubungi melalui chat pada aplikasi Halodoc. Yuk, download dan gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mother Magazine. Diakses pada 2020. Teaching Kids the Importance of Protecting the Environment.
The Environmental Magazine. Diakses pada 2020. Children And The Environment: Why It’s Important To Teach Them Young
UNESCO. Diakses pada 2020. Educational Activities to Involve Children in the Protection of the Environment.