• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Sebagai orangtua, ibu wajib mengajarkan anak kebiasaan yang baik untuk kesehatannya. Menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak kecil, sehingga mereka dapat menikmati kesehatan mulut seumur hidupnya. Kebiasaan ini membantu mencegah karies dan penyakit periodontal seiring bertambahnya usia. Dengan pembinaan yang tepat, Si Kecil bisa dengan cepat mengadopsi kebersihan mulut yang baik sebagai bagian dari rutinitas hariannya. 

Meskipun sudah mampu mencontoh kebiasaan ini dengan baik, anak belum memiliki kontrol atau konsentrasi untuk menyikat giginya sendiri. Nah, peran ibu dibutuhkan untuk mengawasi dan membantunya menyikat gigi dengan tepat. Dikutip dari Community Care College, ini tips yang dapat ibu lakukan selama mengajarkan Si Kecil kebiasaan merawat gigi dan mulut:

Baca Juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

  1. Memberikan Contoh

Anak-anak suka meniru apa yang orang dewasa lakukan. Oleh sebab itu, ibu perlu melakukan kebiasaan merawat mulut dan gigi terlebih dahulu agar Si Kecil bisa mencontohnya. Sebagian besar anak, terutama balita akan penasaran dengan segala aktivitas yang dilakukan orangtuanya, sehingga ia ingin berpartisipasi di dalamnya. Ajak anak ke kamar mandi ketika ibu sedang menyikat gigi dan berikan mereka sikat gigi agar mereka dapat mulai berlatih saat selesai menyikat gigi.

  1. Ajak Si Kecil Memilih Peralatan Gigi

Sebagai langkah awal mengajari kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut, ibu bisa mulai dari mengajaknya untuk membeli sikat dan pasta gigi. Setelah sampai di toko, biarkan ia memilih sikat gigi dan pasta yang disukai. 

Baca Juga: Ketahui 7 Penyebab Gigi Tonggos pada Anak

  1. Bentuk Kebiasaan Jadi Menyenangkan

Segala hal yang terasa menyenangkan bagi Si Kecil pasti membuat dirinya ingin terus mengulanginya. Ibu bisa mulai dengan bermain peran sebagai dokter dan pasien bersama Si Kecil. Ibu juga bisa menonton video kartun tentang menggosok gigi bersama Si Kecil atau menyanyikan lagu selama menggosok gigi. Melalui cara-cara ini ibu dapat menanamkan pada Si Kecil tentang manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memberikan gambaran bahwa kebiasaan ini menyenangkan. 

  1. Beri Penghargaan

Apabila Si Kecil menunjukkan sikap terbiasa untuk merawat gigi, berikan dia sedikit penghargaan atas kerja kerasnya selama ini. Hindari memberikan dia makanan manis atau camilan yang tidak sehat yang dapat memicu masalah gigi. Pilihlah buah-buahan yang ia sukai atau alat kebersihan lainnya. 

Itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk membentuk kebiasaan merawat gigi dan mulut Si Kecil. Selain perawatan di rumah, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan mulut dan giginya ke dokter secara rutin. Tujuan pemeriksaan rutin ini untuk memastikan semua gigi berkembang dengan normal dan tidak ada masalah gigi serta memberi ibu saran lebih lanjut tentang kebersihan yang benar. 

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Jika ibu berencana mengunjungi dokter gigi, kini ibu bisa membuat janji terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan ibu lewat aplikasi. Jangan menunda untuk mengajari anak-anak kebiasaan ini. Semakin dini dilakukan, ibu dan Si Kecil akan menuai hasil yang bagus seiring bertambahnya usia. 

Referensi :
Community Care College. Diakses pada 2020. Teaching Young Children Good Oral Hygiene Habits.
Healthy Childrens. Diakses pada 2020. Dental Health & Hygiene for Young Children.