• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pekerja Selama WFH

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pekerja Selama WFH

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pekerja Selama WFH

“Akibat pandemi, jutaan pekerja di dunia harus bekerja dari rumah. Sayangnya, ini bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang. Karena situasi ini, seseorang bisa stres atau bahkan kehilangan keseimbangan hidup. Namun untungnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu membaca artikel ini, maka kemungkinan besar kamu masih harus melakukan semua pekerjaan kantor dari rumah atau work from home (WFH).  Sebelum pandemi COVID-19 dimulai, bekerja dan berbisnis dari rumah mungkin tampak hal yang tidak mungkin. Namun, kini sebagian besar pekerja menghabiskan waktunya di rumah untuk bekerja sesuai arahan pemerintah setempat. 

Mungkin bagi sebagian orang, bekerja di rumah atau WFH, bukanlah hal yang ideal. Sebab, pasti ada saja halangan yang membuat WFH yang seharusnya terasa lebih mudah menjadi hal yang penuh dengan tantangan dan membuatnya stres.

Baca juga: Jam Kerja Tetap Efektif saat WFH, Ini Triknya 

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara agar para karyawan yang sedang menjalani WFH bisa bekerja lebih produktif dan tetap memiliki kondisi mental yang baik:

  • Tetapkan Rutinitas
tetapkan rutinitas

Saat WFH dan tidak memiliki rutinitas yang benar, maka kamu bisa jatuh ke dalam banyak kebiasaan buruk seperti bangun terlambat, terganggu oleh hal-hal seperti smartphone, atau bahkan bekerja terlalu keras hingga larut malam. Coba buat struktur dan rutinitas yang dapat kamu patuhi, dan jangan lupa masukan waktu untuk beristirahat juga untuk waktu pribadimu. 

Sangat penting untuk menjaga rutinitas harian normal seperti saat sedang bekerja di kantor. Lakukan juga tugas-tugas sederhana lain, seperti merapikan tempat tidur, mengenakan pakaian yang nyaman,  atau bahkan mendengarkan podcast atau musik yang biasanya kamu dengarkan selama perjalanan.

  • Atur Pekerjaan dan Rencanakan Tugas Setiap Hari 
rencanakan tugas setiap hari

Supaya kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, pastikan kamu memiliki catatan mengenai pekerjaan apa saja yang paling penting dan harus segera dikerjakan. Dengan memiliki jadwal yang teratur, maka kamu bisa terhindar dari overtime yang seharusnya bisa dihindarkan sehingga kesehatan mental juga bisa terjaga. Selain itu, pastikan juga untuk memasukkan jadwal olahraga, jalan-jalan pagi, atau hal-hal pribadi lainnya untuk mengimbangi pekerjaan kantor. 

  • Pastikan Memiliki Ruangan Kerja yang Nyaman 
ruang kerja yang nyaman

Siapkan ruangan kerja yang nyaman, atau kamu juga bisa membuat ruang tidur kamu menjadi ruang kerja dengan sedikit pengaturan. Penting juga untuk memiliki meja dan kursi khusus, dan hindari bekerja dari kasur. Karena ini bisa membuatmu jadi cepat mengantuk atau tidak fokus. Selain itu, coba dengarkan musik dengan volume rendah untuk membantu tetap fokus.

Baca juga: Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH 

  • Tetapkan Waktu istirahat 
tetapkan waktu istirahat

Faktanya, dengan istirahat yang cukup, maka ini bisa membuat kamu tetap produktif , termotivasi saat bekerja, dan menjaga kesehatan mental. Jadi, pastikan untuk beristirahatlah demi kesehatan fisik dan mental. Berjalan santai atau berhenti sejenak untuk melakukan olahraga yoga juga bisa membantu untuk kembali fokus, mengelola kecemasan, dan tetap produktif.

  • Tetap Terhubung dengan Orang Lain
tetap terhubung dengan orang lain

Bekerja di rumah bisa sangat membuat kamu merasa kesepian dan mengganggu kesehatan mental. Oleh karena itu, selagi menghadiri rapat online, jangan lupa sapa rekan-rekan kerja. Kamu juga bisa sesekali mengajak teman untuk mengobrol lewat Zoom atau Google Meet sembari bekerja bersama. 

  • Tahu Kapan Harus Berhenti Bekerja
tahu kapan harus berhenti bekerja

Rutinitas itu penting, tetapi punya waktu istirahat di penghujung hari juga penting agar kamu tidak kelelahan. Begitu juga saat kamu sedang merasa tidak sehat, meminta izin kepada atasan untuk beristirahat hingga kondisi kembali membaik. Ingat, keseimbangan kehidupan kerja itu penting.

Baca juga: Meski Repot, Ini 5 Keuntungan WFH bagi Keluarga

Namun jika kamu merasa kesehatan mental kamu semakin memburuk selama WFH, maka sebaiknya segera buat janji dengan psikolog di rumah sakit. Kamu pun bisa buat janji dengan psikolog melalui Halodoc supaya lebih mudah. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Constant Contact. Diakses pada 2021. How to Stay Productive (and Sane) While Working from Home.
Remote Company. Diakses pada 2021. How to Stay Sane While Working from Home.
Wild Apricot. Diakses pada 2021. 7 Tips on Staying Sane When You’re Working From Home.