• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Obat Semprot untuk Atasi Hidung Tersumbat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Obat Semprot untuk Atasi Hidung Tersumbat

Pentingnya Obat Semprot untuk Atasi Hidung Tersumbat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Januari 2022
Pentingnya Obat Semprot untuk Atasi Hidung Tersumbat

“Mengalami hidung tersumbat sudah pasti akan membuat kamu merasa sangat tidak nyaman ketika beraktivitas. Sebenarnya, banyak sekali penyebab hidung tersumbat, mulai dari gangguan dalam jaringan hidung karena paparan iritan, sinusitis, alergi, hingga infeksi seperti flu atau ISPA.”

Halodoc, Jakarta – Saat kamu mengalami alergi atau terkena paparan udara kotor, selaput yang bertugas untuk melapisi saluran hidung akan mengalami peradangan. Akhirnya, hidung akan membuat lendir guna membantu menyingkirkan semua iritan atau benda asing yang masuk ke saluran hidung. Lendir inilah yang akhirnya membuat kamu mengalami hidung tersumbat. Penyebab dari hidung tersumbat sudah pasti sangat beragam, beberapa di antaranya, yaitu:

  • Flu. Kondisi ini terjadi karena sistem pernapasan diserang oleh virus, termasuk hidung, tenggorokan, dan organ paru-paru.
  • Alergi. Sebenarnya, alergi menjadi reaksi alami ketika tubuh terserang oleh alergen. Reaksinya bisa sangat beragam, ketika ada gangguan pada sistem pernapasan, pengidapnya bisa mengalami bersin-bersin, pilek, dan hidung tersumbat.
  • Batuk dan pilek. Kondisi ini terjadi karena masuknya benda asing pada saluran napas atas, yaitu bagian hidung dan tenggorokan. Pilek akan membuat pengidapnya mengalami hidung tersumbat karena banyaknya lendir yang diproduksi untuk menghalau benda asing tersebut.
  • Sinusitis akut. Gangguan kesehatan ini biasanya terjadi karena pilek dan bisa membaik dengan sendirinya sekitar 10 hari. Ketika sinusitis menyerang, jaringan yang terdapat di dalam hidung mengalami peradangan dan pembengkakan sehingga rongga hidung pun menyempit. Sementara itu, produksi lendir semakin banyak sehingga hidung pun jadi tersumbat.

Baca juga: Hidung Terasa Tersumbat Terus-Menerus? Ini 10 Gejala Polip Hidung

Mengatasi Hidung Tersumbat

Banyak penyebabnya, banyak pula cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati hidung tersumbat. Kamu bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen atau paracetamol. Bisa pula dengan mengonsumsi obat yang mengandung antihistamin untuk membantu meringankan gejala alergi, termasuk hidung tersumbat. Cara lainnya yang efektif untuk membantu mengatasi hidung tersumbat adalah nasal spray atau semprot hidung.

Ada dua jenis semprot hidung yang bisa kamu gunakan, yaitu nasal spray biasa dan nasal spray dekongestan yang memiliki kandungan oxymetazoline. Seperti namanya, terapi ini digunakan dengan cara disemprotkan ke dalam dua lubang hidung. Kandungan non obat yang ada pada nasal spray ini akan bekerja dengan membuat hidung bagian dalam menjadi lebih lembap dan lendir pun menjadi lebih encer. Akhirnya, saluran hidung akan menjadi lebih lega.

Manfaat Oxymetazoline dalam Obat Semprot Hidung

Sementara untuk nasal spray dekongestan yang mengandung oxymetazoline memiliki fungsi untuk membantu mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di hidung. Ini akan membuat penyumbatan pada hidung berkurang. Kandungan oxymetazoline juga bisa bekerja pada hidung tersumbat yang terjadi karena banyak hal, misalnya sinusitis, alergi, flu, atau pilek.

Baca juga: Hidung Tersumbat, Gejala Sinusitis yang Mirip dengan Flu

Kamu bisa memilih obat semprot hidung yang memiliki kandungan oxymetazoline. Obat yang termasuk golongan dekongestan ini akan membantu meringankan hidung tersumbat, tetapi hanya boleh digunakan untuk dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun. Obat semprot hidung dengan kandungan ini akan bekerja aktif untuk melegakan saluran hidung hanya dalam hitungan menit.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Gejala Anosmia COVID-19 dengan Flu Biasa

Tak hanya itu, efek dekongestan juga lebih tahan lama dan minim efek samping karena bekerja secara lokal, bukan sebagai obat sistemik. Kamu bisa menggunakan obat ini dua kali dalam sehari sebanyak 2 sampai 3 semprot ke setiap lubang hidung, pada pagi dan malam hari. Perhatikan selalu penggunaannya, ya. Obat ini sebaiknya tidak kamu gunakan lebih dari tiga hari, selain dari anjuran dokter.

Jika kondisi hidung tersumbat terus berlanjut, kamu bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasinya melalui App Store atau Play Store untuk bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Bantu dengan perbanyak asupan cairan, konsumsi makanan bergizi, dan banyak istirahat agar hidung tersumbat segera sembuh.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Oxymetazoline nasal spray.
MIMS Indonesia. Diakses pada 2022. Oxymetazoline.
Patient. Diakses pada 2022. Nasal Congestion.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Health Information. Nasal Congestion.