• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Peran Ayah dalam Menentukan Masa Depan Anak

Pentingnya Peran Ayah dalam Menentukan Masa Depan Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pentingnya Peran Ayah dalam Menentukan Masa Depan Anak

Halodoc, Jakarta – Setiap anak membutuhkan peran orangtuanya untuk membentuk dirinya menjadi pribadi yang baik. Jika dibandingkan dengan ayah, ibu lebih berperan dalam pertumbuhan anak sejak lahir. Meskipun begitu, sebenarnya peranan ayah juga tidak kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan untuk menentukan masa depan anak. 

Bisa dibilang, menjadi seorang ayah adalah pekerjaan seumur hidup sejak sang anak lahir. Ayah memainkan peran dalam kehidupan setiap anak yang tidak bisa diisi oleh orang lain. Nah, berikut ini pentingnya peran ayah dalam menentukan masa depan anak. 

Baca juga: Pentingnya Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak

Pentingnya Peran Ayah dalam Menentukan Masa Depan Anak

Ada beberapa alasan pentingnya peran ayah dalam menentukan masa depan anaknya kelak, yaitu:

1. Membentuk Emosional Anak

Ayah sama seperti ibu, yakni sebuah pilar dalam perkembangan kesejahteraan emosional anak. Aturan-aturan yang telah dibentuk sang ayah sejak kecil mampu membentuk kondisi emosional anak. Selain itu, anak membutuhkan sosok ayah untuk memberikan perasaan aman, baik fisik maupun emosional. 

Ketika ikatan emosional anak dan ayah ini sudah terbentuk, setiap anak pasti ingin membuat ayah mereka bangga karena ada kekuatan batin tersendiri dalam diri mereka. Melansir dari Pediatric Associate, ayah yang penuh kasih sayang dan suportif memengaruhi perkembangan emosional dan sosial anak. 

2. Membentuk Perkembangan Kognitif yang Memengaruhi Prestasi Anak 

Anak-anak yang memiliki ayah yang sangat perhatian dan suportif rata-rata memiliki hasil pendidikan yang lebih baik. Artikel berjudul The Importance of Father in The Healthy Development of Children menyebutkan bahwa ayah yang terlibat, mengasuh, dan bermain-main dengan anak sedari kecil membentuk anak dengan IQ lebih tinggi, serta kapasitas linguistik dan kognitif yang lebih baik.

3. Membentuk Perilaku Sosial Anak

Anak yang dekat dengan ayahnya juga cenderung lebih percaya diri ketika anak mulai masuk lingkungannya. Ketika tumbuh dewasa, anak-anak yang dekat dengan ayahnya rata-rata memiliki koneksi sosial yang lebih baik dengan teman sebaya.

4. Memengaruhi Hubungan Anak dengan Orang Lain

Seorang ayah tidak hanya memengaruhi sifat anak, tetapi bagaimana sang anak berhubungan dengan orang-orang disekitarnya kelak. Cara ayah memperlakukan anaknya memengaruhi hubungannya dengan orang lain ketika dewasa. Teman, guru, dan pasangan semuanya akan dipilih berdasarkan pada bagaimana si anak memahami makna hubungan dengan ayahnya. 

Baca juga: Jadi Ayah yang Dekat dengan Anak Meski Sibuk Kerja, Bisa!

5. Memengaruhi Kriteria Pasangan Anak Perempuan

Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya mencari rasa aman dan dukungan emosional saat mencari pasangan. Ayah pasti akan menunjukkan kepada putrinya seperti apa hubungan yang baik dengan seorang pria.

Jika ayah penuh kasih dan lembut, putrinya akan mencari sifat-sifat itu pada pria ketika dia cukup umur untuk mulai berkencan. Jika ayah kuat dan gagah, mungkin sang anak berhubungan dekat dengan pria dengan karakter yang sama.

6. Memberi Contoh Karakter ke Anak Laki-Laki

Tidak seperti anak perempuan, yang membuat kriteria hubungan dengan orang lain berdasarkan karakter ayah mereka. Anak laki-laki biasanya mencontohkan diri mereka sendiri dengan karakter sang ayah. Sebagai manusia, kita tumbuh dengan meniru perilaku orang-orang di sekitar kita. Jika ayah peduli dan memperlakukan orang dengan hormat, seorang anak laki-laki pasti tumbuh dengan karakter sama. Ketika ayah tidak ada, anak laki-laki mungkin mencari figur laki-laki lain untuk menetapkan "aturan" tentang cara berperilaku dan bertahan hidup di dunia.

Peran ayah sangat penting dalam kehidupan anak sejak kecil hingga dewasa. Oleh sebab itu, pastikan ayah dan ibu menanamkan sifat-sifat yang baik sejak kecil agar Si Kecil tumbuh dengan sifat dan perilaku yang baik pula.

Baca juga: 6 Tips Mengasuh Anak agar Tidak Sering Berbohong

Apabila ayah atau ibu kesulitan dalam mengasuh Si Kecil, coba bicara dengan dokter atau psikolog melalui aplikasi Halodoc tentang kendala yang dialami. Lewat aplikasi, dokter dapat dihubungi kapan saja dan di mana saja. Download aplikasinya sekarang juga, ya! 

Referensi:
Pediatric Associate. Diakses pada 2020. THE IMPORTANCE OF A FATHER IN A CHILD’S LIFE.
Child Welfare. Diakses pada 2020. The Importance of Father in The Healthy Development of Children.