• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Self Love dan Cara Melakukannya di Masa Pandemi

Pentingnya Self Love dan Cara Melakukannya di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Self Love dan Cara Melakukannya di Masa Pandemi

Halodoc, Jakarta – Pandemi corona adalah masa-masa sulit untuk semua orang. Di masa ini, semua elemen masyarakat sedang berusaha untuk terbebas dari pandemi ini. Namun, bagaimana kamu bisa membantu orang lain jika kamu sendiri juga bermasalah? Apalagi jika masalah yang kamu hadapi berkaitan dengan stres dan depresi.

Karenanya kamu perlu berdamai dengan diri sendiri dan menerapkan self love untuk terbebas dari msaalah yang dihadapi. Ketika kamu berdamai dengan diri sendiri, otomatis kamu bisa berdamai dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Lalu, bagaimana cara mempraktikkan self love di masa pandemi ini? Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Baca juga: 5 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Bagaimana Cara Menerapkan Self Love? 

Self love atau cinta pada diri sendiri adalah perwujudan penghargaan terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan diri yang mengingatkan pada nilai dan kebutuhanmu. Mungkin sulit buat kamu untuk mengekspresikan self love karena tidak ingin terlihat narsis atau egois. Namun, kamu berhak untuk bahagia, 

Itulah sebabnya kamu perlu mengenal potensi diri dan mendengarkan suara hati, belajar menerima diri sendiri, dan menerapkan self love. Ketika kamu mempraktikkan self love, kamu akan menjadi lebih percaya diri serta membangun ketahanan dalam menghadapi kesulitan. 

Bagaimana cara memulai self love? Berikut adalah panduan sederhana yang bisa kamu terapkan:

1. Membuat Jurnal Harian

Kamu bisa membuat jurnal harian mulai dari saat kamu bangun di pagi hari sampai kembali tidur. Tujuannya adalah untuk mengamati perilaku dan bagaimana pengaruhnya ke dirimu sendiri. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu lakukan, bagaimana suasana hati sepanjang hari, serta apa yang kamu alami. Ini akan mempermudah kamu menemukan cara konstruktif untuk menangani pikiran dan perasaan. Dengan mengetahui kebiasaanmu setiap hari, kamu juga belajar bersyukur dan mengembangkan sikap positif. 

2. Olahraga

Mungkin kamu merasa tidak nyaman pergi ke gym di masa pandemi ini, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa untuk tetap aktif. Kamu tetap bisa berjalan-jalan di sekitar rumah, pergi ke taman, atau mengikuti kelas online. Ini bisa menjadi cara baik untuk tetap aktif meski berada di dalam ruangan. 

Baca juga: Yakin Bahagia dengan Pekerjaan? Ini 5 Tandanya

3. Meditasi 

Meditasi bisa menjadi salah satu cara self love yang bila dilakukan secara teratur. Selain itu, meditasi dapat membantu mengurangi stres kronis, mengatur emosi yang mengganggu, dan menghubungkan kembali dengan intuisi. Latihan mindfulness akan membantu kamu melihat kembali hidup dan menemukan perspektif baru. 

4. Berdiskusi dengan Psikolog

Kalau kamu merasa beban emosional terlalu menumpuk, kamu bisa berdiskusi dengan psikolog. Kalau kamu merasa tidak nyaman untuk keluar rumah, kamu bisa berdiskusi dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa berdiskusi dengan psikolog kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call.

5. Melakukan Minat dan Mobi

Menjalani minat dan hobi merupakan cara terbaik untuk memerangi stres dan menjalani kehidupan yang lebih terpusat pada diri. Entah itu minatmu memainkan alat musik, membuat kerajinan, melukis, atau membaca, itu akan membuat hidup lebih menyenangkan. Jangan menyalahkan diri sendiri karena merasa tidak produktif saat melakukan hobi tersebut. Beri diri kelonggaran untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

6. Menerima Keunikan Diri

Menerima keunikan diri adalah adalah cara lain untuk mencintai dan merawat diri. Masing-masing orang memiliki aspek unik dari identitas apakah itu berkaitan dengan gender, status sosial ekonomi, maupun ras dan etnik. Pengalaman yang berbeda di masa lalu juga membentuk kamu menjadi sosok seperti sekarang.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

7. Bersyukur

Hidup tidak ada yang sempurna dengan membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain hanya akan mengurangi rasa syukurmu. Cobalah untuk belajar bersyukur untuk hal-hal kecil yang masih bisa kamu nikmati sepanjang hari. Sejatinya ini akan membangkitkan self love dengan tidak berfokus pada hal-hal negatif saja. Saat kamu bangun di pagi hari dan sebelum tidur, cobalah tuliskan tiga hal yang kamu syukuri. Ini bisa menjadi cara yang indah untuk menghormati diri sendiri dan hidupmu.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. Self-Love in Difficult Times.
Wakeful Travel. Diakses pada 2021. Ways to Practice Self-Love During the COVID-19 Pandemic.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Ways to Embrace Self-Love and Thank Your Body.