• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

“Kurang tidur nyatanya dapat menyebabkan peningkatan hormon stres. Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak glukokortikoid yang menyebabkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit yang menyebabkan timbulnya flek hitam, peningkatan sensitivitas kulit, dan munculnya peradangan kulit seperti jerawat dan psoriasis.”

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan kulit setiap hari sudah menjadi rutinitas bagi para perempuan yang aktif bergerak. Baik di rumah ataupun di kantor, ada banyak rutinitas yang harus dijalani. Nah, tahukah kamu salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari jerawat adalah dengan memastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup?

Faktanya, selama tidur tubuh tetap bekerja untuk memperbarui, menyembuhkan, dan menghilangkan racun dari kulit. Oleh karena itu, tidur yang cukup dan teratur dapat mencegah peradangan dan membatasi kemungkinan munculnya jerawat, lho. Yuk, cari tahu pengaruh tidur terhadap kesehatan kulit berikut!

Baca juga: Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Munculnya Jerawat

Kurang tidur nyatanya dapat menyebabkan peningkatan hormon stres. Jika kamu mengalami gangguan tidur di malam hari, tubuh akan memproduksi lebih banyak glukokortikoid. Ini adalah hormon steroid yang mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh.

Kelebihan produksi glukokortikoid dapat menyebabkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit yang menyebabkan timbulnya flek hitam, peningkatan sensitivitas kulit, dan munculnya peradangan kulit seperti jerawat dan psoriasis.

Oleh karena itu, memiliki waktu tidur yang berkualitas sangat penting agar kulit memiliki waktu untuk beregenerasi. Saat kamu memiliki waktu tidur yang berkualitas maka dapat meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk melakukan fungsi penyembuhannya, salah satunya dalam menyembuhkan jerawat.

Baca juga: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

  1. Makan Dua Jam sebelum Tidur

Pastikan kamu tidak makan berat sewaktu hendak tidur. Makan berat yang tidak ikuti dengan aktivitas fisik akan membuat tubuh sulit memproses makanan serta menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan tidur. Jadi, pastikan makan terakhir dua jam sebelum tidur, ya.

  1. Hindari Penggunaan Gawai sebelum Tidur

Mengutip penelitian dari Chronobiology International, cahaya biru dari ponsel, komputer, dan layar TV mengganggu ritme sirkadian, atau “jam tubuh”, yang kemudian akan menyebabkan tidur terganggu. Selain itu, menonton film, berdiskusi di media sosial, atau membalas email, semuanya membuat otak tetap waspada ketika kamu seharusnya bersantai untuk kemudian bisa segera tidur. Jadi, matikan gawai satu jam sebelum tidur dan lakukan sesuatu yang lebih santai sebelum tidur seperti membaca buku.

  1. Lakukan Perawatan Wajah sebelum Tidur

Jika ingin terbangun dengan wajah yang segar, manjakan kulit wajah sebelum tidur. Bersihkan kulit secara menyeluruh dengan pembersih wajah dan pori-pori kulit yang rawan jerawat, lalu tepuk-tepuk dengan pelembab khusus. Gunakan masker jerawat deep-cleansing sekali atau dua kali seminggu. Waktu tidur adalah waktu terbaik untuk menerapkan beberapa perawatan jerawat. Oleskan losion jerawat juga setelah pengaplikasian pembersihan dan pelembap.

Retinol adalah salah satu bahan aktif yang kian populer untuk perawatan kulit yang rentan terhadap jerawat. Zat aktifnya bekerja dengan memperbarui sel-sel kulit dan mengencangkan pori-pori. Penggunaannya pada malam hari sangat dianjurkan karena pembaruan sel paling aktif terjadi pada saat tidur. Namun, perlu diingat bahwa kulit baru yang terbentuk nantinya akan sangat halus dan rentan terhadap sinar matahari. Jadi, ingat selalu untuk mengoleskan krim tabir surya, ya.

  1. Ganti Sarung Bantal Secara Teratur

Tanpa kamu sadari, sarung bantal juga bisa bisa menjadi tempat penumpukan kotoran, minyak, dan mikroba, lho. Kalau tidak sering diganti, kotoran tersebut bisa ditransfer ke kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat serta jerawat. Jadi, pastikan untuk membersihkan kulit sebelum tidur dan mengganti sarung bantal setidaknya dua kali seminggu jika kamu memiliki wajah yang rentan berjerawat.

  1. Tidur Lebih Awal

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa antara tujuh hingga sembilan jam adalah waktu yang tepat untuk tidur. Hitung mundur dari waktu kamu harus mulai beraktivitas, lalu tambahkan 30 menit untuk waktu persiapan tidur. Jadi, kalau kamu harus bangun jam 7 pagi, tidurlah jam 10.30 malam.

Baca juga: Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

la-roche-posay-halodoc

Produk Perawatan Kulit Berjerawat yang Bisa Digunakan sebelum Tidur

Untuk membantu menghilangkan jerawat, rutinitas pembersihan malam hari sangat dianjurkan. Laboratorium La Roche Posay memperkenalkan produk yang diformulasikan khusus untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat. Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat, berikut adalah beberapa pilihan produk yang bisa kamu gunakan sebelum tidur:

  • Effaclar Purifying Foaming Gel. Ini adalah produk yang menghasilkan busa yang mudah dibilas. Pembersih ini diformulasikan tanpa mengandung pengawet, tanpa paraben, tanpa sabun, tanpa pewarna dan tanpa lanolin.
  • Effaclar K(+) Face Lotion. Ini adalah micro-exfoliating astringent lotion dengan LHA yang mampu mengatur kadar sebum dan mengencangkan pori-pori. Produk ini akan membuat tekstur kulit yang lebih halus dan merata.
  • EFFACLAR K (+). Ini adalah produk yang mengandung antioksidan dan anti-sebum. Ia bersifat hydrating yang bekerja untuk mengurangi sebum berlebih, melawan komedo serta menyamarkan pori pada wajah.
  • EFFACLAR Duo (+).  Ini adalah produk perawatan jerawat yang komprehensif dengan bahan aktif unclogging, antibakteri, dan pengatur sebum. Dalam 12 jam melawan jerawat, menyamarkan kemerahan dan tekstur kulit tidak merata.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Temukan lebih banyak produk La Roche Posay untuk merawat kulit yang cenderung berjerawat di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, pesanan kamu bisa dikirimkan kurang dari satu jam ke tempat kamu. Praktis bukan? Tunggu apa lagi, segera dapatkan produk perawatan wajah dari La Roche-Posay hanya di Halodoc!

halodoc-beli-obat
Referensi:
Centre Thermal de La Roche-Posay. Diakses pada 2021. Acne Treatment: Can Beauty Sleep Improve Blemish-Prone Skin?
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Steps to Sleep Your Way to Healthier, Brighter Skin.
Evolve Beauty UK. Diakses pada 2021. Sleeping Beauty: How Your Skin Can Benefit From Sleep.
Healthline. Diakses pada 2021. Science Shows You Can Sleep Your Skin Younger.