• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh

Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Agustus 2022

“Kacang hazelnut adalah salah satu makanan yang kerap dikonsumsi saat diet dan menyehatkan. Beberapa manfaat dari kacang ini, antara lain meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.”

Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi TubuhPenuh Gizi, Ini 6 Manfaat Kacang Hazelnut bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kacang Hazelnut adalah makanan dengan rasa yang manis dan renyah, serta biasa dikonsumsi saat seseorang sedang diet. Makanan sehat ini dapat dikonsumsi secara mentah, dipanggang, atau bahkan diolah menjadi pasta.

Kacang ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam makanan saat diet karena kalorinya rendah. Selain itu, ada banyak juga manfaat yang ditawarkan saat mengonsumsi makanan diet ini secara rutin.

Berbagai Manfaat Kacang Hazelnut untuk Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang hazelnut kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Nutrisi ini telah terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kacang ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Hal ini sangat baik dalam menurunkan hipertensi. Dengan begitu, kolesterol dan peradangan berkurang yang membuat jantung tetap sehat.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Hazelnut mengandung mangan superoksida dismutase, salah satu enzim antioksidan. Kandungan ini dapat membantu dalam mengurangi stres oksidatif, serta menurunkan risiko terkena kanker.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan penyebab kanker.

Juga, hazelnut kaya akan kandungan proanthocyanidins, senyawa kimia yang membantu dalam mengurangi risiko kanker. Bahkan pada beberapa penelitian, kandungan ini dapat mencegah hingga mengobati jenis kanker pada hewan.

3. Melancarkan Pencernaan

Kacang ini merupakan sumber serat yang baik, sehingga pencernaan jadi lebih sehat. Beberapa manfaat terkait pencernaan, yaitu mendorong buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit.

Hal ini karena hazelnut kaya akan kandungan serat. Pada 28 gram kacang-kacangan ini, terkandung sekitar 2,7 gram serat makanan. Hal ini dapat mencukupi sebagian kebutuhan harian yang per harinya sebesar 25-30 gram.

4. Menurunkan Berat Badan

Suatu penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang, risiko alami obesitasnya lebih rendah karena manfaat penurunan berat badan. Seseorang yang lebih banyak makan kacang cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan dibandingkan yang tidak. Maka dari itu, cobalah untuk makan kacang secara rutin.

5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Kacang hazelnut juga disebut-sebut mampu membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Disebutkan jika peningkatan sensitivitas pada insulin sangat baik dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2.

6. Mengurangi Peradangan

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kacang hazelnut adalah mampu membantu tubuh dalam meredakan peradangan. Sebuah penelitian menyebut jika seseorang yang mengonsumsi kacang ini, tanda-tanda peradangan dalam tubuh terlihat berkurang. Namun, penelitian lanjutan masih harus terus dilakukan untuk memastikannya.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kacang hazelnut secara rutin bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memasukkan makanan ini ke menu diet, agar mendukung keberhasilannya dan juga mendapatkan segala manfaat kesehatan yang telah disebutkan.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait manfaat dari kacang hazelnut lainnya untuk kesehatan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan, lho. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone di tangan!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Hazelnuts.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the health benefits of hazelnuts?
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Ways Hazelnuts Benefit Your Health.