• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penuhi Nutrisi Kucing Bengal untuk Pertumbuhannya

Penuhi Nutrisi Kucing Bengal untuk Pertumbuhannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penuhi Nutrisi Kucing Bengal untuk Pertumbuhannya

“Kucing Bengal dapat sehat dan tumbuh dengan baik dengan asupan nutrisi yang cukup. Pada dasarnya, kucing adalah hewan karnivora, mereka butuh asupan daging sebagai makanan utama mereka. Kamu bisa menyiapkan sendiri makanan untuk kucing Bengal, atau membeli yang sudah jadi.”

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya, untuk memahami seperti apa pola makan sehat untuk kucing Bengal, kamu perlu memahami bagaimana pola makan terbaik untuk jenis kucing apapun. Sebab, pada dasarnya semua kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang sama. 

Kucing, termasuk kucing Bengal adalah karnivora atau pemakan daging. Artinya mereka harus mendapat asupan daging untuk bertahan hidup dan mencapai pertumbuhan yang baik. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak pembahasan berikut ini. 

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing Bengal

Tidak masalah apakah kucing itu besar atau kecil, liar atau jinak. Domestikasi kucing tidak mengubah fakta bahwa mereka adalah karnivora. Semua kucing perlu makan daging untuk bertahan hidup, dan mereka tidak mendapatkan nutrisi dari sumber nabati atau tumbuhan. 

Daging dan nutrisi yang hanya ditemukan dalam daging sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka. Tubuh kucing tidak mampu mengubah materi tumbuhan menjadi energi yang dapat digunakan. 

Misalnya, kucing membutuhkan asam arakidonat, yang ditemukan pada daging dan ikan, tetapi tidak ditemukan pada tumbuhan. Kucing juga tidak bisa mendapatkan vitamin A dari tumbuhan, mereka harus mendapatkannya dari hewan lain (daging). Kucing juga membutuhkan taurin, yang ada dalam daging tetapi bukan pada tumbuh-tumbuhan.

Sesekali, kucing mungkin tampak mengunyah rumput. Namun, hal ini hanya bertujuan untuk memberikan serat dan enzim tambahan untuk membantu sistem pencernaan kecil kucing tetap pada kinerja yang optimal.

Pilihan Makanan Terbaik

Berikut adalah beberapa pilihan makanan untuk kucing Bengal, dari yang terbaik hingga yang terburuk:

  1. Makanan Kucing Buatan Sendiri

Dua hal hebat tentang membuat makanan kucing sendiri di rumah adalah, kamu memiliki kendali penuh atas bahan-bahannya. Selain itu, harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan makanan kaleng atau makanan mentah yang sudah jadi. Ini hanya membutuhkan lebih banyak waktu.

Sebagai permulaan, ini berarti makanan kucing buatan sendiri harus memiliki rasio yang benar antara daging otot, dengan tulang dan organ. Selain itu, harus memiliki rasio lemak/protein/karbohidrat yang sesuai, dan memiliki banyak taurin, yang ditemukan pada daging otot. Memberikan makan dada ayam pada kucing saja tidak akan menjadi pola makan yang seimbang.

Kucing dapat menangani makanan mentah dengan baik. Meski begitu, lebih baik masaklah daging terlebih dahulu untuk mengurangi risiko penularan bakteri dan berbagai macam parasit. 

  1. Makanan Komersial

Ini biasanya ditemukan di bagian freezer toko hewan peliharaan. Membeli makanan mentah yang sudah jadi mungkin adalah pilihan yang praktis dan hemat waktu, tetapi biasanya lebih mahal. Namun, kamu perlu melakukan riset kecil sebelum membeli dan berikan yang terbaik untuk kucing Bengal kamu, ya.

Baca juga: 6 Cara Tepat Merawat Kucing Bengal

  1. MakananKomersial yang Didehidrasi

Makanan komersial yang didehidrasi kurang segar daripada mentah beku dan sama mahalnya, tetapi ini adalah alternatif yang nyaman. Makanan jenis ini cukup praktis, karena kamu hanya perlu menambahkan air ketika akan menyajikannya. Namun, perhatikan bahan-bahannya, karena beberapa produk mengandung persentase sayuran yang tinggi sebagai bahan pengisi.

  1. Makanan Kaleng

Jika kamu tidak ingin membuat makanan sendiri, kamu bisa memilih makanan kaleng. Ada berbagai kualitas tergantung merek. Setiap makanan kaleng akan menjadi lebih baik daripada makanan kering karena kadar air, dan sumber protein yang lebih cenderung menjadi berbasis daging. Selain itu, penting untuk melakukan riset kecil dalam memilih merek makanan kaleng terbaik, ya.

Itulah nutrisi dan pilihan makanan yang baik untuk pertumbuhan kucing Bengal. Bila kucing Bengal peliharaan kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter hewan kapan saja.

Referensi:
The Bengal Connection. Diakses pada 2021. A Nutritious Bengal Cat Diet: What Should I Feed my Bengal?
Angeldust Bengal. Diakses pada 2021. Bengal Cat Nutrition.