• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit Lupus Bisa Menyerang Anak, Ini Cara Mencegahnya

Penyakit Lupus Bisa Menyerang Anak, Ini Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Penyakit Lupus Bisa Menyerang Anak, Ini Cara Mencegahnya

“Setiap ibu tentu ingin buah hatinya sehat. Namun, banyak penyakit orang dewasa yang juga bisa terjadi pada anak-anak, termasuk penyakit lupus. Penyebab dari penyakit ini belum diketahui dengan jelas, sehingga sulit untuk bisa benar-benar dicegah. Upaya yang bisa dilakukan adalah mencegah memburuknya gejala.”

Halodoc, Jakarta – Ibu, pernahkah mendengar bahwa penyakit lupus bisa menyerang anak? Mengutip laman Lupus Foundation of America, lupus adalah penyakit autoimun jangka panjang yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri di berbagai bagian tubuh. Penyakit ini membuat sistem kekebalan menyerang jaringan sehat dan menyebabkan kerusakan organ.

Lupus dapat memengaruhi anak-anak dengan cara yang berbeda. Pada beberapa orang lupus bisa menimbulkan gejala ringan, tetapi pada beberapa orang lain bisa parah dan mengancam jiwa. Yuk, simak cara mencegah penyakit lupus pada anak dalam pembahasan berikut!

Baca juga: Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Lupus?

Bisakah Mencegah Penyakit Lupus pada Anak?

Pada anak-anak, lupus paling sering menyerang kulit, persendian, dan organ dalam utama, seperti ginjal, hati, otak, jantung, atau paru-paru. Lupus cenderung lebih agresif dan parah pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Orang yang didiagnosis pada masa kanak-kanak juga lebih mungkin memiliki tingkat kerusakan organ yang lebih tinggi daripada orang yang didiagnosis saat usia dewasa.

Penyebab pasti dari penyakit lupus tidak diketahui. Penyakit ini umumnya dipicu oleh faktor genetik, yang membuat sistem kekebalan tubuh seseorang terlalu aktif. Namun, tidak semua orang yang memiliki kecenderungan genetik seperti itu mengalami penyakit lupus. Jadi, ini juga bisa dibilang bukan faktor penyebab utama.

Karena penyebab penyakit lupus tidak sepenuhnya dipahami, bisa dibilang tidak ada cara untuk mencegah penyakit ini. Namun, ibu dapat mengelola penyakit dan menghindari hal-hal yang memicu gejala penyakit ini pada anak.

Baca juga: Mengapa Penyakit Lupus Bisa Sebabkan Hipertiroid?

Beberapa upaya yang bisa dilakukan cara untuk menghindari kambuhnya lupus pada anak meliputi:

  • Menghindari paparan sinar matahari. Mengenakan tabir surya dan pakaian pelindung saat anak pergi ke luar dapat membantu melindungi kulit.
  • Tidur atau istirahat yang cukup, sebaiknya tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya.
  • Minum obat yang diresepkan dokter sesuai dosis yang ditentukan.

Memahami Gejalanya

Pada kebanyakan kasus, anak-anak dengan penyakit lupus mengembangkan kondisi ini selama masa remaja mereka. Penyakit ini paling sering terjadi ketika anak melewati masa pubertas (rata-rata sekitar usia 12 tahun). Ini bisa jadi karena kemungkinan hubungan antara lupus dan hormon reproduksi yang meningkat dalam tubuh di usia remaja.

Gejala penyakit lupus pun cukup bervariasi. Anak-anak dengan penyakit mungkin mengalami gejala seperti:

  • Ruam merah di pipi dan pangkal hidung. Ini terjadi pada sekitar sepertiga dari kasus lupus pada anak.
  • Ruam berbentuk cakram (discoid lupus) dengan bercak menonjol. Mungkin juga ada jaringan parut dari gejala sebelumnya pada kulit.
  • Ruam kulit akibat paparan sinar matahari.
  • Peradangan dan nyeri pada dua atau lebih sendi, umumnya pada jari tangan dan kaki.
  • Penumpukan cairan di sekitar jantung atau paru-paru.
  • Masalah ginjal.
  • Kejang.
  • Sel darah merah rendah ( anemia ), ditandai dengan jumlah trombosit atau sel darah putih. Hal ini baru bisa diketahui pasti dari pemeriksaan.

Baca juga: 4 Komplikasi Lupus yang Dapat Dialami oleh Wanita

Anak-anak dengan lupus juga akan memiliki hasil antibodi abnormal dan pembacaan tinggi untuk antibodi antinuklear (ANA) yang dapat menjadi tanda penyakit autoimun. Hal ini juga baru bisa diketahui dari hasil pemeriksaan di rumah sakit. 

Bila ibu menjumpai berbagai gejala penyakit lupus pada anak seperti yang dijelaskan tadi, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit. Semakin cepat penyakit ini didiagnosis dan ditangani, maka semakin baik.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Lupus Foundation of America. Diakses pada 2021. Lupus and Children.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) in Children.