• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit Menular Seksual Bisa Dicegah dengan Cek Pra Nikah

Penyakit Menular Seksual Bisa Dicegah dengan Cek Pra Nikah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Seseorang dapat tertular maupun menularkan PMS melalui hubungan seks vaginal, anal, maupun oral. Namun, seks bukan satu-satunya cara penularan kondisi ini. Pasalnya, PMS juga bisa ditularkan melalui penggunaan jarum suntik dan menyusui.

Itulah penting bagi pasangan yang akan menikah untuk melakukan cek pra nikah terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Cek pra nikah bertujuan untuk memastikan pasangan bersih dari penyakit menular seksual, sehingga tidak berisiko menularkannya pada pasangan maupun sang anak di kemudian hari. Berikut ini hal yang perlu diketahui mengenai cek pra nikah. 

Baca juga: Bukan Cuma Gatal, Ini Gejala Penyakit Menular Seksual Lainnya

Pentingya Cek Pra Nikah untuk Cegah PMS

Tujuan utama cek pra nikah membantu pasangan yang akan menikah untuk mengetahui kondisi kesehatannya satu sama lain. Melalui cek pra nikah, kamu dan pasangan bisa mengetahui penyakit yang sedang diidap bahkan mencegahnya agar tidak menjadi semakin parah. Selain itu, kesehatan pada anak di masa mendatang juga bisa dijaga melalui cek pra nikah. Setiap pasangan harus dalam keadaan sehat agar punya peluang yang tinggi untuk mendapatkan keturunan. 

Penyakit menular seksual adalah salah satu kondisi yang bisa dideteksi melalui cek pra nikah. Melansir dari Medical News Today, ada beberapa jenis PMS yang bisa ditularkan pada janin selama masa kehamilan maupun saat persalinan. Selain itu, PMS dapat menyebabkan komplikasi tertentu pada ibu maupun bayinya. Maka dari itu, penting bagi pasangan untuk melakukan cek pra nikah agar hal-hal tersebut dapat dicegah. 

Baca juga: Cek Pranikah, Apa Saja yang Diperiksa?

Apabila kamu berencana untuk menikah, sebaiknya lakukan cek pra nikah setidaknya tiga hingga enam bulan sebelum menikah. Jika tes menunjukan tidak adanya masalah, perencanaan untuk mempunyai anak akan lebih lancar di kemudian hari.

Langkah Pencegahan Penyakit Menular Seksual 

Menghindari kontak seksual adalah satu-satunya cara yang efektif dalam mencegah PMS. Bagi pasangan yang belum menikah, cara lain yang bisa dilakukan adalah melakukan vaksin HPV dan hepatitis B. Vaksin ini dinilai mampu menurunkan peluang terkena PMS atau menularkannya kepada orang lain. Apabila kamu punya pertanyaan mengenai vaksin ini, bicarakan saja dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Baca juga: Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual

Jika kamu atau pasangan dinyatakan positif mengidap PMS, penting untuk mengikuti perawatan yang direkomendasikan oleh dokter. Kamu juga dapat bertanya kepada dokter tentang strategi untuk melindungi diri dari tertular PMS dari pasangan setelah menikah. Misalnya, jika pasangan ternyata mengidap HIV, dokter kemungkinan akan merekomendasikan kamu untuk mengambil profilaksis pra pajanan (PrEP).

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Sexually Transmitted Diseases (STDs).
Medical News Today. Diakses pada 2020. What you need to know about sexually transmitted diseases (STDs).