Penyakit yang Mengintai ketika Alami Osteoporosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyakit yang Mengintai ketika Alami Osteoporosis

Halodoc, Jakarta – Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh kamu. Hal ini nyatanya bisa mencegah penyakit osteoporosis. Seseorang yang mengalami kondisi osteoporosis akan mengalami penurunan kepadatan tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan juga rentan retak.

Normalnya, tulang memiliki lubang-lubang kecil seperti sarang lebah, namun kondisi osteoporosis menyebabkan lubang pada tulang semakin membesar. Hal ini yang menyebabkan semakin hari kekuatan dari tulang akan semakin berkurang.

Penyakit osteoporosis bisa menyerang siapa saja. Biasanya, pada tahap awal, kondisi osteoporosis tidak menunjukkan gejala. Seseorang yang mengalami osteoporosis kebanyakan mengetahui kondisi tulang karena beberapa faktor seperti terjatuh atau patah tulang.

Namun seiring berjalannya waktu, penyakit osteoporosis menunjukkan gejala seperti nyeri tulang punggung bawah, nyeri pada leher, postur tubuh yang menjadi bungkuk, penurunan tinggi badan secara bertahap, dan kondisi patah tulang yang berulang.

Baca juga: Ketahui 4 Penyebab Osteoporosis pada Wanita

Penyakit Lain yang Mengintai Pengidap Osteoporosis

Sebaiknya segera tangani penyakit osteoporosis yang kamu alami. Osteoporosis yang cukup parah dapat menimbulkan komplikasi dan penyakit lain. Patah tulang khususnya pada bagian tulang belakang dan pinggul menjadi komplikasi yang paling serius dari penyakit osteoporosis.

Tidak hanya patah tulang, osteoporosis menyebabkan kecacatan pada seseorang jika tidak ditangani dengan baik. Risiko kematian juga bisa dihadapi oleh seseorang yang mengalami osteoporosis.

Faktor Penyebab Osteoporosis

Seiring berjalannya usia seseorang, tulang juga mengalami penurunan kualitas atau rapuh. Selain itu, kurangnya konsumsi makanan yang mengandung kalsium juga menjadi penyebab seseorang mengalami osteoporosis. Selain hal di atas, berikut ini faktor yang menyebabkan berkembangnya kondisi osteoporosis pada seseorang:

  1. Tingkat aktivitas seseorang memengaruhi kualitas kepadatan tulang.

  2. Osteoporosis disebabkan karena adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami osteoporosis.

  3. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor tinggi.

  4. Kebiasaan melakukan gaya hidup sehat. Hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman yang beralkohol, hal ini menyebabkan penurunan kepadatan tulang seseorang.

  5. Seorang wanita yang mengalami masa menopause rentan mengalami osteoporosis. Hormon estrogen penting untuk menjaga kepadatan tulang pada wanita. Ketika seorang wanita mengalami menopause, maka tingkat estrogen menurun sehingga kepadatan tulang juga ikut berkurang.

  6. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu berisiko mengalami osteoporosis.

  7. Seseorang yang memiliki penyakit yang menyerang kelenjar penghasil hormon berpotensi mengalami osteoporosis seperti penyakit hipertiroidisme.

Baca juga: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Pencegahan Osteoporosis

Ada beberapa cara yang bisa kamu dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis diantaranya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan tulang dan rajin berolahraga.

Selalu rutin berolahraga selama 2-3 jam setiap minggunya dengan intensitas olahraga yang cukup ringan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Selain itu, kamu bisa melakukan olahraga dengan tujuan untuk melatih kaki dan lutut. Latihan menggunakan beban dengan berat yang tidak berlebihan bisa membantu untuk menjaga kepadatan tulang.

Selain berolahraga, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tulang, seperti ikan salmon, brokoli, bayam, tahu dan kacang-kacangan.

Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan tulang kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Cegah Osteoporosis