Penyakit yang Mengintai Si Kecil Pasca Lebaran

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyakit yang Mengintai Si Kecil Pasca Lebaran

Halodoc, Jakarta – Lebaran adalah momen yang banyak ditunggu oleh anak-anak. Saat lebaran, mereka akan menggunakan baju baru, bertemu sanak saudara, makan hidangan lezat, dan mendapat uang “THR”.

Tak heran jika saat lebaran, anak-anak cenderung lebih aktif dan periang. Hal ini tentu membahagiakan bagi para orang tua, tapi, ibu tetap perlu waspada dengan penyakit yang rentan mengintai anak-anak pasca lebaran.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik

Penyakit yang Rentan Mengintai Si Kecil Pasca Lebaran

Selain opor ayam dan ketupat, sebagian orang menyediakan permen, jelly, kue kering, cokelat, serta makanan dan minuman manis lain yang menarik perhatian anak-anak. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan dan minuman tersebut bisa membuat Si Kecil sakit. Ketahui beberapa penyakit yang rentan mengintai Si Kecil pasca lebaran berikut ini.

  • Sakit gigi, sering terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

  • Batuk dan pilek. Gejalanya adalah hidung tersumbat, mata berair, batuk, dan demam ringan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau reaksi alergi.

  • Alergi. Kondisi ini dapat terjadi akibat makanan tertentu karena anak makan berbagai macam jenis makanan dan jajanan saat lebaran.

  • Perut kembung. Anak-anak kerap antusias ketika bertemu sanak saudara, terutama yang seusia dengannya. Jadi, tak jarang mereka makan sambil berlarian, membuatnya berisiko mengalami perut kembung akibat menelan udara ketika sedang makan.

  • Diare. Penyakit yang nggak boleh dianggap sepele karena pada kasus yang parah, diare pada anak menyebabkan dehidrasi, demam, dan kram perut yang hebat. Diare pada kasus ringan ditandai dengan seringnya Si Kecil buang air besar dengan feses yang lebih encer. Diare rentan terjadi jika Si Kecil tidak mencuci tangan sebelum makan, serta konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri penyebab diare. Selain diare, Si Kecil juga rentan mengalami sembelit akibat asupan serat yang kurang.

Baca Juga: Perhatikan Ini Saat Mudik dengan Kereta Bareng Si Kecil

Cegah Si Kecil Sakit Pasca Lebaran

Momen kebahagiaan lebaran bisa hilang ketika orang tua mengetahui anaknya sakit. Tapi tenang saja, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah Si Kecil sakit pasca lebaran:

  • Ajari Si Kecil untuk selalu mencuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan, untuk mencegah kontaminasi kuman dari tangan ke makanan. Bila perlu, ibu membawa hand sanitizer saat bepergian untuk berjaga-jaga.

  • Perhatikan asupan makanan Si Kecil. Jangan biarkan ia makan berlebihan dan sembarangan, terutama makanan dan minuman manis, seperti permen, es krim, dan cokelat.

  • Minta Si Kecil untuk duduk diam saat makan untuk mengurangi risiko tersedak, muntah, dan perut kembung.

  • Jangan lupa untuk memberikan Si Kecil asupan serat, terutama dari buah dan sayuran, guna mencegah sembelit pasca lebaran.

Baca Juga: Agar Anak Tidak Mudah Sakit Saat Mudik

Itulah penyakit yang rentan mengintai Si Kecil pasca lebaran. Kalau Si Kecil mendadak punya keluhan sakit saat puasa atau lebaran, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Ibu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!