09 April 2018

Penyebab Badan Sakit Setelah Olahraga

Penyebab Badan Sakit Setelah Olahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga memang menyehatkan. Namun, enggak semua orang “siap” untuk merasakan nyeri setelah olahraga. Apalagi, rasa nyeri umumnya baru akan hilang beberapa hari setelah berolahraga. Meski begitu, nyeri setelah olahraga adalah hal yang wajar. Bukan hanya bagi orang yang baru mulai olahraga, melainkan juga bisa dialami oleh orang yang terbiasa olahraga. Lantas, apa sih penyebab nyeri setelah olahraga? Apakah bisa dicegah? Dan bagaimana cara menghilangkan nyeri setelah olahraga? Cari tahu di sini, yuk! (Baca juga: 5 Trik Menghindari Pegal Saat Olahraga)

Penyebab Nyeri Setelah Olahraga

Nyeri setelah olahraga umumnya dialami oleh orang yang baru memulai latihan, mengubah rutinitas latihan, atau meningkatkan intensitas latihan rutin. Rasa nyeri dan ketidaknyamanan ini dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). Biasanya, DOMS terjadi setelah seseorang melakukan latihan eksentrik seperti angkat beban, melompat, lari menuruni bukit, dan latihan kekuatan lainnya.

Rasa nyeri setelah olahraga ini muncul karena adanya kerusakan mikroskopis pada serat-serat otot. Karena setelah kamu selesai olahraga, otot cenderung mengalami kerusakan jaringan dan membran-membran sel. Hal inilah yang memicu terjadinya nyeri dan kaku setelah olahraga. Kabar baiknya, rasa nyeri akan hilang 3-5 hari setelah olahraga.

Jadi, selama rasa nyeri enggak mengganggu aktivitasmu sehari-hari, kamu enggak perlu panik. Karena, nyeri setelah olahraga merupakan fase adaptasi yang membuat otot lebih siap untuk menerima tekanan pada latihan selanjutnya. Adaptasi ini juga memungkinkan otot untuk membentuk jaringan otot baru, dan massa otot yang lebih besar saat fase pemulihan.

Tips Menghilangkan Nyeri Setelah Olahraga

Meski enggak bisa dihindari sepenuhnya, risiko nyeri setelah olahraga bisa diminimalisir dengan melakukan latihan secara perlahan, pemanasan sebelum latihan, dan peregangan otot setelah latihan. Berikut adalah tips untuk menghilangkan nyeri setelah olahraga yang bisa kamu lakukan:

1. Pendinginan

Menurut American Council on Exercise, pendinginan setelah olahraga bisa mencegah cedera dan menghilangkan nyeri setelah olahraga. Ini karena pendinginan dapat memperlancar aliran darah, mengganti sel-sel otot yang rusak, serta mempercepat penyembuhan jaringan otot. Untuk melakukan pendinginan, kamu bisa memulainya dengan gerakan sederhana seperti berjalan kaki, peregangan tubuh, dan lainnya selama 3-5 menit setelah berolahraga. (Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendingan Dalam Olahraga)

2. Kompres Es

Sebuah studi melaporkan bahwa kombinasi antara kompres es dan kompres panas efektif dalam melancarkan sirkulasi darah dan menyembuhkan otot yang terluka. Karena itu, untuk mengatasi nyeri setelah olahraga, kamu bisa menempelkan kompres es dan kompres panas selama 15 menit secara bergantian. Ulangi beberapa kali sampai kamu merasa lebih baik.

3. Pakai Balsam

Kamu bisa lho memanfaatkan balsam untuk menghilangkan nyeri setelah berolahraga. Cukup oleskan balsam pada otot yang terasa nyeri dan pijat secara perlahan. Meski sederhana, hal ini bisa memperlancar aliran darah, mengurangi ketegangan otot, dan mempercepat penyembuhan rasa nyeri.

4. Ganti Olahraga

Sebisa mungkin, jangan paksakan diri untuk berolahraga saat nyeri masih terasa. Karena, bisa jadi rasa nyeri muncul sebagai tanda bahwa olahraga yang kamu lakukan terlalu berat. Jadi, selama fase penyembuhan kamu bisa mengganti olahraga yang biasa kamu lakukan ke olahraga yang lebih ringan sampai rasa nyeri yang kamu rasakan berkurang dan hilang.

Agar tidak panik, kamu juga bisa lho bertanya ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat kram otot. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga)