• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Bersin Terus Menerus dan Cara Menghentikannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Bersin Terus Menerus dan Cara Menghentikannya

Penyebab Bersin Terus Menerus dan Cara Menghentikannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Desember 2022

“Bersin terus menerus dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Sebaiknya ketahui penyebab kondisi ini agar kamu dapat menghentikan kondisi tersebut.”

Penyebab Bersin Terus Menerus dan Cara MenghentikannyaPenyebab Bersin Terus Menerus dan Cara Menghentikannya

Halodoc, Jakarta – Bersin adalah salah satu proses tubuh yang terjadi secara alami untuk membersihkan hidung. Berbagai benda asing yang masuk ke dalam hidung, seperti debu, serbuk sari, asap, hingga kotoran, hidung dapat menyebabkan iritasi. Kondisi ini kemudian membuat tubuh secara otomatis melakukan perlawanan untuk membersihkan hidung dengan cara bersin.

Biasanya, saat benda asing sudah bersih dan tidak mengancam kondisi tubuh, bersin akan reda dengan sendirinya. Namun, bagaimana jika bersin terus menerus terjadi dan sulit untuk berhenti? Sebaiknya ketahui penyebab bersin terus menerus tersebut melalui ulasan berikut ini!

Penyebab Bersin Terus Menerus

Ketika terdapat partikel asing dalam hidung, lapisan halus pada hidung akan mengirimkan sinyal ke otak untuk membersihkan hidung. Dalam dunia medis, bersin juga dikenal sebagai sternutasi.

Biasanya, proses ini akan mengeluarkan air, lendir, dan udara dari hidung dengan kekuatan yang cukup tinggi. Dengan bersin, maka benda asing akan ikut keluar.  Meskipun bersin tidak berbahaya, tetapi jika terjadi terus menerus kondisi ini dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman.

Untuk itu, ketahui berbagai penyebab bersin terus menerus agar kamu dapat menghentikannya berikut ini:

1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca secara tiba-tiba dapat membuat kamu mengalami bersin yang tak kunjung mereda. Namun, saat suhu tubuh sudah beradaptasi dengan suhu yang baru, bersin bisa mereda secara perlahan.

2. Lingkungan yang Berdebu

Berada pada lingkungan yang kotor dan berdebu juga bisa menjadi penyebab kamu mengalami bersin yang tak kunjung mereda. Hal ini pun lebih rentan terjadi pada seseorang yang memiliki alergi debu. Biasanya, bersin akan disertai dengan gejala lainnya, seperti hidung yang berair, hidung gatal, dan mata yang memerah.

3. Kontak Langsung dengan Hewan

Melakukan kontak langsung dengan hewan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami bersin yang sulit dihentikan. Paparan bulu, air liur, serpihan kulit mati, hingga urine hewan dapat menyebabkan alergi dan kemudian membuat seseorang bersin terus menerus.

4. Iritasi pada Hidung

Bersin yang terjadi secara terus menerus dapat terjadi akibat iritasi pada hidung. Iritasi pada hidung dapat terjadi akibat paparan asap rokok hingga bahan-bahan kimia.

5. Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi ketika menjalani kehamilan dan masa pubertas dapat menyebabkan seseorang mengalami bersin terus menerus.

6. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Makanan yang pedas, panas, dan proses masaknya yang menggunakan rempah dapat menyebabkan kamu mengalami bersin. Biasanya, bersin akibat pengonsumsian makanan dapat berhenti setelah kamu selesai mengonsumsi makanan tersebut.

7. Stres

Kondisi stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan kamu lebih sering mengalami bersin. 

Cara Mengatasi Bersin

Hampir serupa dengan berkedip, bersin menjadi hal yang terjadi secara refleks dan tiba-tiba. Sebaiknya ketahui beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bersin, seperti:

  • Pastikan mencari tahu penyebab bersin yang tidak kunjung usai. Setelah itu, pastikan kamu menghindari penyebab yang dapat memicu bersin tersebut.
  • Jika bersin yang terjadi disebabkan oleh proses konsumsi makanan, pastikan kamu makan secara perlahan.
  • Kamu juga bisa mencoba untuk menekan bagian cuping hidung atau hidung atas di antara kedua mata untuk mencegah bersin.

Jika bersin yang kamu alami menyebabkan perdarahan pada hidung atau sakit kepala, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan penyebabnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. 

Pemeriksaan yang dilakukan lebih dini membuat pengobatan akan lebih cepat dilakukan. Dengan begitu, kondisi kesehatan tetap dalam kondisi yang optimal.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022.Why Do We Sneeze?
Healthline. Diakses pada 2022. How to Stop Sneezing.
Patient. Diakses pada 2022. Persistent Rhinitis.
Houston Ent. Diakses Pada 2022. Why Do I Sneeze All The Time? (Causes And Reasons).