• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Ibu Hamil Bisa Mengalami Hernia Inguinalis

Penyebab Ibu Hamil Bisa Mengalami Hernia Inguinalis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Hernia terjadi ketika bagian usus atau jaringan lain mendorong melalui lapisan otot yang melemah di perut. Wanita hamil memiliki peningkatan risiko hernia karena adanya peningkatan tekanan kehamilan pada perut. Sebagian besar ibu hamil terkena hernia memiliki hernia yang bersifat eksternal, artinya hernia memengaruhi dinding perut dan dapat terlihat atau dirasakan sebagai tonjolan di bawah kulit. Ini paling sering terjadi di perut bagian bawah atau area selangkangan. 

Sebagian besar ibu hamil terkena hernia akan memengaruhi selangkangan, baik yang dikenal sebagai hernia inguinal atau femoralis. Namun, wanita hamil berisiko lebih tinggi terkena hernia pusar, yang memengaruhi area di sekitar pusar. Jika hernia menyebabkan ketidaknyamanan selama kehamilan, biasanya dapat diperbaiki dengan prosedur pembedahan dengan sedikit risiko bagi ibu atau kehamilan. Selain itu, jika hernia berkembang menjadi komplikasi yang serius, operasi darurat akan diperlukan. Namun, jika hernia tidak menyebabkan gejala yang mengganggu, kamu dapat memutuskan untuk menunggu sampai setelah melahirkan untuk mengobatinya.

Baca juga: Tidak Sembuh Sendirinya, Hernia Inguinalis Butuh Operasi

Penyebab Hernia Selain Kehamilan

Ada juga beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko seseorang terkena hernia inguinalis selain karena kehamilan, antara lain:

  • Memiliki orangtua atau saudara kandung yang mengalami hernia inguinalis.
  • Terdapat bagian otot perut yang melemah seiring pertambahan usia.
  • Obesitas.
  • Mengalami batuk kronis seperti penyakit fibrosis kistik yang memicu batuk berkepanjangan, atau karena bersin terus-menerus.
  • Sering mengejan saat buang air kecil atau buang air besar.
  • Mengalami sembelit berkepanjangan.
  • Melakukan aktivitas atau mengangkat barang yang berat.

Orang yang pernah mengalami hernia inguinalis atau menjalani operasi untuk mengatasinya juga berisiko terhadap penyakit ini. Pada beberapa orang, hernia inguinalis bahkan dapat kambuh dengan penyebab yang sulit dipastikan.

Kamu mungkin bisa meminta resep pada dokter untuk mengatasi rasa nyeri akibat hernia. Obatnya pun bisa segera dibeli di Halodoc. Hanya lewat smartphone, kamu bisa mendapatkan obat yang kamu butuhkan tanpa harus keluar rumah.

Baca juga: Alami Hernia Inguinalis, Ketahui Komplikasi yang Bisa Terjadi

Bagaimana Cara Mencegah Hernia Inguinalis?

Tak hanya Ibu hamil yang bisa terkena hernia, siapa pun juga bisa mengalaminya. Meski begitu, kamu tetap dapat mencegahnya dengan menghindari sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risikonya. 

Penyebab hernia inguinalis yang muncul sejak perkembangan janin memang tidak dapat dicegah. Namun, kamu bisa mengantisipasi munculnya hernia pada usia dewasa melalui cara berikut:

  • Menjaga Berat Badan Ideal. Jika mengalami obesitas, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengubah pola makan dan menentukan jenis olahraga yang tepat. Kedua cara ini amat efektif menurunkan berat badan.
  • Tidak Mengangkat Benda Berat. Jika ibu terpaksa melakukannya, angkatlah benda tersebut dengan cara yang benar. Tekuk lutut dan jagalah badan tetap tegak saat mengangkat beban.
  • Konsumsi Makanan Kaya Serat. Konsumsi makanan seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh guna mencegah sembelit.
  • Tidak Mengejan. Jangan mengejan saat buang air kecil atau buang air besar.
  • Cegah Batuk Berkepanjangan. Lakukan upaya pencegahan terhadap penyakit yang dapat menyebabkan batuk berkepanjangan, seperti tidak merokok. 

Baca juga: Ketahui Bedah Medis Terbuka untuk Atasi Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Kamu perlu menjalani prosedur operasi hernia untuk mengembalikan posisi organ tubuh dan merapatkan kembali dinding perut yang robek.

Tanpa tindakan operasi, Ibu hamil terkena hernia bisa mengalami benjolan pada lipatan paha dan bisa menyebabkan rasa nyeri dan komplikasi. Meski bisa terjadi pada siapa saja, ibu tetap bisa mencegahnya dengan menghindari faktor risikonya.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. What to Do if You Get a Hernia During Pregnancy.
What to Expect. Diakses pada 2021. Hernia During Pregnancy.