• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Ibu Hamil Rentan Alami Gangguan Pencernaan

Penyebab Ibu Hamil Rentan Alami Gangguan Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tahukah ibu jika 8 dari 10 wanita mengalami gangguan pencernaan saat hamil? Kondisi ini biasanya muncul jika ibu terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman. Gangguan pencernaan saat hamil ditandai dengan gejala begah, mual ingin muntah, serta sering bersendawa. Jika hal ini terjadi pada ibu, jangan keburu panik, ya! Pasalnya, kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Gangguan pencernaan saat hamil merupakan kondisi yang disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat. Selain beberapa gejala yang telah disebutkan, gangguan pencernaan saat hamil akan ditandai dengan nyeri dada dengan sensasi rasa terbakar akibat naiknya asam lambung, yang biasanya muncul di trimester ketiga kehamilan. Lantas, apa saja penyebab gangguan pencernaan saat hamil? Berikut ulasannya!

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil, Ini Penyebabnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gangguan pencernaan pada ibu hamil terjadi karena meningkatnya hormon selama masa kehamilan. Gangguan yang satu ini umumnya tidak membahayakan janin, tetapi dapat memberikan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Berikut ini sejumlah penyebabnya:

  1. Meningkatnya hormon progesteron, sehingga terjadi penurunan gerakan peristaltik usus, sehingga memicu terjadinya konstipasi.
  2. Membesarnya ukuran rahim, sehingga terjadi penekanan pada usus. Hal tersebut menyebabkan sisa-sisa makanan menumpuk dalam usus, sehingga memicu terjadinya konstipasi.
  3. Ibu hamil yang sebelumnya sudah mengidap wasir akan semakin bertambah parah selama masa kehamilan.
  4. Ibu hamil kurang aktif atau malas bergerak serta kurang konsumsi air putih. Saat ibu hamil kurang aktif, aliran darah tidak lancar. Sedangkan saat kurang mengonsumsi air putih, akan menyebabkan tekstur feses menjadi mengeras.
  5. Ibu hamil mengalami kelainan katup usus, sehingga memicu konstipasi selama kehamilan. 

Upaya pencegahan gangguan pencernaan pada ibu hamil dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat. Jangan mengonsumsi makanan mentah selama masa kehamilan, karena makanan bisa saja mengandung telur cacing atau kuman yang dapat membahayakan kehamilan. 

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

Adakah Langkah untuk Mencegah Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil?

Gangguan pencernaan pada ibu hamil kerap menghampiri. Jika hal ini terjadi terus-menerus tentu akan mengganggu aktivitas yang dilakukan. Untuk mencegahnya, ibu dapat melakukan berbagai cara berikut ini:

1.Sering Makan dalam Porsi Kecil

5–6 kali porsi makan pada ibu hamil direkomendasikan, tetapi dalam porsi yang kecil guna mencegah naiknya asam lambung. Jangan ikuti kata orang yang menyarankan harus makan banyak karena untuk dua orang. Makan secukupnya saja.

2.Jauhi Makanan Berlemak, Pedas, dan Gorengan

Usahakan untuk menghindari makanan berlemak, makanan pedas, serta gorengan selama masa kehamilan guna mencegah gangguan pencernaan pada ibu hamil. Jika ingin camilan, ibu bisa mengonsumsi buah-buahan.

3.Konsumsi Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt bisa menjadi minuman terbaik saat hamil. Keduanya mengandung nutrisi, protein, dan kalsium. Selain itu, susu dan yoghurt dapat membantu melancarkan pencernaan. Jangan lupa untuk memilih yoghurt atau susu dengan kandungan rendah lemak, ya!

4.Jangan Makan Menjelang Tidur

Meski ibu hamil dapat sering makan dalam porsi yang kecil, tetapi ibu hamil perlu membatasinya. Batasi konsumsi makanan sampai sore. Jangan mengonsumsi makanan hingga larut malam, karena dapat menyebabkan perut terasa begah dan sulit untuk tidur.

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan

Ibu harus tahu dan memilih-milih apa yang ingin dikonsumsi jika tidak ingin mengidap gangguan pencernaan. Jika sejumlah langkah pencegahan tersebut tidak mampu mencegah ibu mengalami gangguan pencernaan, segera temui dokter di rumah sakit terdekat ya, bu!

Referensi:
Pregnancy Birth & Baby. Diakses pada 2020. Indigestion and heartburn in pregnancy.
Patient. Diakses pada 2020. Dyspepsia in Pregnancy.
Family Education. Diakses pada 2020. Digestive Problems During Pregnancy.
Healthgrades. Diakses pada 2020. 7 Pregnancy Tips to Keep Your Digestive System Happy.