Penyebab Kanker Lidah yang Mungkin Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Penyebab Kanker Lidah yang Mungkin Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta - Kesehatan mulut adalah salah satu hal yang harus dijaga. Pasalnya, ketika bagian mulut terkena gangguan, mungkin saja akan melebar ke bagian luar atau bagian dalam. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena tidak terjaganya dengan baik kesehatan mulut adalah kanker lidah.

Sama seperti gangguan kanker lainnya, kanker lidah dapat menyebabkan sel membelah diri secara tidak terkendali dan membentuk tumor. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit pada lidah. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab kanker lidah untuk dapat mencegahnya. Berikut pembahasannya!

Baca juga: Yang Perlu Diketahui tentang Kanker Lidah

Penyebab Kanker Lidah yang Harus Kamu Ketahui

Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang terjadi pada sel-sel lidah. Beberapa jenis kanker dapat memengaruhi lidah, tetapi kanker tersebut umumnya dimulai pada sel-sel skuamosa yang tipis dan melapisi permukaan lidah. Penentuan jenis kanker dapat menentukan perawatan yang akan diambil.

Kanker lidah dapat terjadi pada beberapa bagian dari organ untuk mendeteksi rasa tersebut. Kanker ini dapat terjadi pada bagian depan lidah kamu, atau disebut dengan kanker lidah oral. Apabila terjadi pada pangkal lidah, maka gangguan ini disebut dengan kanker orofaringeal.

Disebutkan bahwa penyebab kanker lidah pada seseorang adalah human papillomavirus (HPV). Gangguan tersebut juga dapat menginfeksi area genital dan menyebabkan kanker serviks, kanker penis, dan kanker anus. Selain itu, terdapat banyak jenis HPV yang dapat meningkatkan risiko kamu terkena kanker.

Beberapa faktor juga dapat meningkatkan risiko kemungkinan kamu mengalami kanker lidah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang kamu mengalami kanker lidah:

  • Mengonsumsi tembakau.

  • Sering mengonsumsi alkohol.

  • Gigi yang bergerigi.

  • Tidak melakukan perawatan pada gigi dan gusi.

  • Faktor genetik.

  • Terinfeksi HPV yang menyebabkan penyakit menular seksual.

  • Kebiasaan mengunyah sirih.

  • Riwayat keluarga yang pernah terserang kanker mulut atau lidah.

Selain itu, kanker lidah juga lebih rentan menyerang pria yang lebih tua dibandingkan dengan wanita dan orang yang lebih muda. Penyakit ini lebih umum terjadi pada seseorang dengan usia di atas 55 tahun. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc

Baca juga: 3 Pilihan Pengobatan untuk Kanker Lidah

Perawatan untuk Kanker Lidah

Perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker lidah tergantung pada seberapa parah tumor yang terjadi dan sejauh apa kanker tersebut telah menyebar. Kamu mungkin hanya memerlukan satu perawatan, tetapi jika parah, perawatan kombinasi juga dapat dilakukan.

Kanker mulut yang dideteksi secara dini dan belum menyebar umumnya dapat diobati dengan operasi kecil untuk mengangkat daerah yang terserang. Pada tumor yang lebih besar, dokter mungkin mengangkat pembedahan yang dapat mengangkat bagian lidah yang terserang.

Operasi rekonstruksi juga mungkin menjadi pilihan untuk mengatasi kanker lidah. Pada operasi ini, dokter akan mengambil sepotong jaringan dari bagian tubuh dan menggunakannya untuk membentuk kembali lidah. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kanker dan merusak sedikit saja bagian tersebut.

Baca juga: Merokok Bisa Jadi Penyebab Kanker Lidah

Jika kamu memiliki tumor yang besar pada lidah atau kanker tersebut telah menyebar, maka kombinasi operasi harus dilakukan. Pengangkatan tumor dan radiasi dilakukan untuk memastikan apabila semua sel tumor sudah hilang. Walau begitu, pengobatan ini menimbulkan efek samping, seperti mulut kering dan perubahan rasa.

Referensi:
WebMD.Diakses pada 2019.Tongue Cancer Facts
Healthline.Diakses pada 2019.Everything You Need to Know About Tongue Cancer