• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Kanker Payudara Triple Negatif yang Dapat Menyerang di Usia Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Kanker Payudara Triple Negatif yang Dapat Menyerang di Usia Muda

Penyebab Kanker Payudara Triple Negatif yang Dapat Menyerang di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Oktober 2021
Penyebab Kanker Payudara Triple Negatif yang Dapat Menyerang di Usia Muda

“Kanker payudara disebabkan oleh tumbuh dan berkembangnya sel kanker pada payudara. Ada penyakit yang disebut dengan kanker payudara triple negatif. Penyakit ini berbeda dengan jenis kanker pada umumnya. Perbedaan utama pada penyakit ini adalah tidak ditemukan reseptor sebagaimana pada jenis kanker pada umumnya.

Halodoc, Jakarta – Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan sel kanker di payudara. Pada umumnya, penyakit ini bisa dikenali karena keberadaan tiga reseptor yang umumnya ditemukan di permukaan sel kanker. Reseptor merupakan molekul protein yang menerima sinyal kimia dari luar sel. 

Sinyal ini akan mengarahkan kegiatan sel, seperti membelah atau mengizinkan molekul tertentu untuk masuk atau keluar sel. Pada kanker payudara, umumnya akan ditemukan tiga reseptor, yaitu Estrogen receptors (ER), Progesterone (Progesteron) receptors (PR), Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2). Namun, ada kondisi di mana ketiga reseptor tersebut tidak ditemukan. Penyakit ini dikenal dengan istilah kanker payudara triple negatif. 

Baca juga: Bagaimana Orgasme Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Mengenal Kanker Payudara Triple Negatif 

Triple negative breast cancer alias kanker payudara triple negatif adalah jenis kanker yang berbeda dengan kanker payudara pada umumnya. Perbedaan mendasar pada penyakit ini adalah tidak ditemukan ketiga reseptor yang biasanya ada pada sel kanker di payudara. Karena itu, jenis kanker ini cenderung sulit untuk dideteksi dan ditangani. 

Lantas, apa yang menyebabkan jenis kanker ini bisa menyerang wanita? Sebenarnya, kanker payudara triple negatif bisa terjadi pada siapa saja. Namun, ada beberapa faktor yang disebut bisa membuat seorang wanita lebih rentan mengalami kondisi ini, salah satunya usia. Konon, jenis kanker ini cukup banyak ditemukan pada wanita berusia lebih muda, yaitu di bawah 50 tahun. 

Selain usia, faktor genetik juga disebut bisa meningkatkan risiko penyakit ini. Wanita yang mengidap kanker ini memiliki gen BRCA1 dan berisiko menurunkannya secara genetik. Karena itu, risiko kanker triple negatif akan lebih tinggi pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit sama. 

Baca juga: Selain Kanker, Kemoterapi Bisa Digunakan untuk Pengobatan Penyakit Ini

Gejala Penyakit dan Cara Menanganinya 

Secara umum, gejala penyakit ini biasanya tidak berbeda jauh dengan gejala kanker payudara pada umumnya. Penyakit ini bisa ditandai dengan gejala, seperti: 

  • Muncul benjolan pada payudara, benjolan umumnya keras dan akan terasa sakit ketika ditekan. 
  • Terjadi penebalan kulit di area payudara, terkadang juga disertai dengan rasa gatal. 
  • Ada perdarahan atau keluar cairan dari puting.
  • Kulit payudara menjadi lebih keriput dan terlihat kemerahan. 
  • Perubahan pada puting payudara, yaitu menjadi lebih masuk ke dalam.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika ragu, coba tanyakan dan bicarakan seputar gejala yang muncul pada ahlinya di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan informasi yang tepat dan akurat dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

Penanganan dan cara perawatan jenis kanker ini mungkin akan berbeda. Pasalnya, kanker payudara triple negatif memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini menyebabkan metode pengobatan yang umumnya dilakukan mungkin tidak sesuai, bahkan mengakibatkan sel kanker tidak merespon pengobatan. Sebagai contoh, pengobatan hormonal atau terapi mungkin tidak bekerja karena ketiadaan ketiga reseptor yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Baca juga: Dampak Kesehatan Mental Akibat Kanker Payudara

Maka dari itu, dokter mungkin akan membutuhkan observasi lebih lanjut untuk mempelajari sel kanker yang menyerang. Pemeriksaan menyeluruh juga dibutuhkan untuk menyesuaikan pengobatan. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika muncul gejala menyerupai kanker atau penyakit lainnya. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What Is Triple-Negative Breast Cancer?

Breastcancer.org. Diakses pada 2021. Triple-Negative Breast Cancer.