• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Keringat Dingin Ringan hingga Berbahaya

Penyebab Keringat Dingin Ringan hingga Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Berkeringat adalah salah satu hal yang pasti terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut umumnya dapat menjadi pertanda jika seseorang sehat. Namun, bagaimana jika yang terjadi pada tubuh ternyata keringat dingin? Nyatanya, hal ini tidak berhubungan dengan aktivitas yang dilakukan.

Seseorang yang mengalami keringat dingin dapat disebabkan oleh beberapa gangguan yang terjadi pada tubuh. Seseorang yang mengalami keringat dingin dapat timbul oleh gejala penyakit yang ringan hingga berat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami keringat dingin. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Awas, Keringat Dingin Bisa Menandai 5 Penyakit Ini

Penyebab Seseorang Mengalami Keringat Dingin

Keringat dingin terjadi ketika tubuh kamu secara tiba-tiba merasakan hawa dingin yang bersamaan dengan keringat pada kulit. Hal ini tidak berhubungan dengan suhu tempat berada, entah itu panas maupun dingin. Keringat dingin umumnya terjadi pada bagian tubuh, seperti telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki.

Keringat dingin juga dapat menjadi pertanda apabila tubuh mengalami stres secara mendadak dan signifikan. Gangguan ini mungkin saja berasal dari kelainan fisik atau psikologis, bahkan kombinasi dari kedua hal tersebut. Tubuh mengeluarkan keringat dengan tujuan untuk mengontrol suhu tubuh agar tetap normal.

Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat ekrin yang sebagian besar kandungannya air. Lalu, panas yang terjadi pada tubuh terkadang dapat memicu kelenjar keringat apokrin, yang biasanya diaktifkan oleh gangguan stres dan perubahan hormon. Maka dari itu, banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keringat dingin.

Dengan itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami keringat dingin. Gangguan yang terjadi mungkin masih dalam tahap ringan hingga yang berat. Penting untuk mengetahui beberapa kelainan yang menimbulkan seseorang mengalami keringat dingin. Berikut beberapa gangguan tersebut:

  1. Gangguan Kecemasan

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang mengalami keringat dingin adalah gangguan kecemasan, seperti serangan panik dan tipe kecemasan lainnya. Keringat dingin dapat menjadi lebih parah sejalan dengan semakin kompleksnya rasa cemas yang timbul. Jika hal tersebut kerap terjadi, penting untuk memeriksakan diri ke psikiater untuk penyembuhan.

Baca juga: Sering Berkeringat Dingin, Bahayakah?

  1. Syok

Seseorang dapat mengalami keringat dingin disebabkan timbulnya rasa sakit yang tiba-tiba disebabkan kecelakaan atau cedera. Hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan detak jantung, darah yang banyak mengalir ke organ utama, hingga tekanan darah rendah. Hal ini dapat menimbulkan gangguan yang fatal jika tidak segera mendapatkan pengobatan.

  1. Hipoksia

Keringat dingin juga dapat terjadi disebabkan oleh hipoksia atau kekurangan oksigen pada tubuh. Gangguan tersebut dapat menjadi lebih parah pada area tubuh yang tidak mendapatkan cukup oksigen, entah disebabkan penyumbatan, cedera, atau keracunan. Beberapa hal tersebut mampu menimbulkan keringat dingin, sehingga membutuhkan perawatan segera.

  1. Hipoglikemia

Kamu juga dapat mengalami keringat dingin yang disebabkan oleh hipoglikemia, yang merupakan sebutan dari glukosa darah rendah. Gangguan ini terjadi ketika gula darah seseorang lebih rendah dari batas normal. Umumnya, kondisi ini terjadi pada seseorang yang mengidap diabetes.

  1. Serangan Jantung

Hal yang paling berbahaya lainnya ketika seseorang mengalami keringat dingin adalah terjadinya serangan jantung. Keringat dingin merupakan salah satu gejala yang timbul ketika seseorang mengalami masalah pada jantungnya. Jika kamu mengalami keringat dingin bersamaan dengan sesak napas dan rasa nyeri di dada, ada baiknya langsung mendapatkan perawatan medis.

Itulah beberapa gangguan dari yang ringan hingga yang berbahaya jika tubuhmu mengalami keringat dingin. Penting untuk memeriksakan diri jika keringat dingin yang terjadi tidak kunjung usai. Sehingga, beberapa gangguan yang berbahaya dapat dicegah untuk terjadi.

Baca juga: Berbahayakah Sering Keringat Dingin di Malam Hari?

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc tentang apa pun yang berhubungan dengan keringat dingin. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan setiap hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. What Causes Cold Sweats and What Can You Do About It?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to do About Cold Sweats.