• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 01 Desember 2021
Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

“Mengetahui penyebab kucing muntah kuning adalah hal yang penting bagi pemilik hewan ini. Dengan begitu, cara pengobatan yang paling tepat bisa segera diberikan agar hewan peliharaan terhindar dari risiko penyakit yang berbahaya.

Halodoc, Jakarta – Penyebab kucing muntah kuning umumnya berkaitan dengan kondisi kesehatan. Terutama jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama dan disertai dengan gejala penyakit lainnya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kucing muntah, termasuk gangguan sistem pencernaan. Penting untuk mengetahui penyebab kucing muntah agar bisa mencari tahu cara mengatasinya. 

Mendapati kucing peliharaan yang tiba-tiba muntah mungkin akan membuat setiap pemilik merasa khawatir. Terutama jika muntah terjadi dalam waktu sering dan mengeluarkan cairan berwarna kuning. Lantas, apa sebenarnya penyebab kucing muntah kuning dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasannya di artikel berikut ini! 

Ketahui Penyebab Kucing Muntah Kuning  

Kucing muntah tanpa sebab yang jelas bisa menjadi tanda bahaya. Bagaimana jika muntah yang keluar disertai dengan cairan kuning? Bisa jadi itu merupakan tanda ada gangguan pada sistem pencernaan hewan peliharaan tersebut. Warna kuning pada muntah biasanya berasal dari asam lambung dan empedu. Secara umum, asam lambung diproduksi di lapisan perut untuk membantu pencernaan kucing. 

Sementara itu, empedu adalah cairan yang diproduksi di organ hati yang kemudian disimpan di dalam kantong empedu. Cairan ini nantinya akan memasuki duodenum yang terletak di dekat perut dan berperan dalam membantu sistem pencernaan. Saat kucing mengalami muntah kuning, bisa jadi kondisi perutnya sedang kosong atau mengalami masalah. 

Perut kucing yang kosong menyebabkan asam lambung mengiritasi lapisan perut dan hal ini bisa menjadi penyebab kucing muntah kuning. Karena itu, muntah kuning pada kucing biasanya terjadi karena hewan tersebut merasa sangat lapar atau kondisi perut kucing yang kosong. Kabar buruknya, selain perut yang kosong ternyata kondisi ini juga bisa muncul sebagai tanda penyakit yang harus diwaspadai. 

Ada beberapa jenis penyakit dan faktor lain yang bisa menjadi penyebab kucing muntah kuning, di antaranya: 

  1. Gastritis;
  2. Gangguan pencernaan;
  3. Susah buang air besar (konstipasi); 
  4. Pankreatitis; 
  5. Obstruksi gastrointestinal; 
  6. Hipertiroidisme; 
  7. Diabetes;
  8. Penyakit ginjal;
  9. Peradangan pada organ hati; 
  10. Keracunan makanan tertentu; 
  11. Menelan benda asing sehingga mengganggu sistem pencernaan. 

Bagaimana Cara Mengatasi Kondisi Ini?

Untuk mengetahui penyebab kucing muntah kuning, coba tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Perhatikan apa saja gejala yang dialami kucing, kemudian perhatikan juga bagaimana jenis cairan dan warna kuning yang terdapat pada muntahan. Sampaikan semua gejala yang dialami pada dokter hewan melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik dari ahlinya. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Jika muntah pada kucing terjadi hanya sesekali, mungkin kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Kalau hal ini terjadi karena kesalahan makanan yang dikonsumsi atau karena keracunan makanan, coba ganti jenis makanan yang diberikan. Sebab, ada beberapa jenis produk makanan kucing yang mungkin tidak cocok untuk pencernaan ras tertentu. 

Namun, jangan tunda pengobatan jika muntah kuning pada kucing disertai dengan gejala-gejala penyakit berbahaya, seperti tubuh lemas, tidak nafsu makan, dan muntah terjadi secara terus-menerus. Pada awalnya, dokter mungkin akan meminta untuk tidak memberi makan dalam jangka waktu tertentu, untuk melihat reaksi dari sistem pencernaan hewan peliharaan ini. Jika ternyata muntah mulai berkurang dan tubuh kucing berangsur membaik, berarti penyebab kucing muntah kuning adalah makanan yang dikonsumsi. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Why Is My Cat Throwing Up Yellow Liquid?
Great Pet Care. Diakses pada 2021. Cat Vomiting: 7 Causes and How to Help.