• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peradangan di Lemak Kulit, Awas Eritema Nodosum

Peradangan di Lemak Kulit, Awas Eritema Nodosum

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Lapisan lemak di bawah kulit juga bisa meradang dan menimbulkan benjolan dan bercak merah, lho. Bila kamu menemukan ruam merah yang biasanya muncul pada kaki dan gejala lainnya, seperti flu dan nyeri sendi. Hati-hati, bisa jadi kamu mengalami eritema nodosum. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Eritema Nodosum?

Eritema nodosum adalah jenis peradangan kulit yang terjadi di bagian lapisan lemak kulit. Peradangan ini bisa menimbulkan benjolan kemerahan yang terasa nyeri dan lunak yang biasanya muncul di depan kaki di bawah lutut. Benjolan lunak atau yang disebut juga nodul ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari sepersepuluh sampai seperempat. Benjolan eritema nodosum bisa meradang dan menetap selama beberapa minggu, kemudian mengempis dan meninggalkan bekas yang mirip memar.

Kamu enggak perlu khawatir bila mengalami eritema nodosum, karena penyakit kulit ini dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu 3–6 minggu. Setelah sembuh, peradangan kulit ini mungkin hanya akan meninggalkan bekas yang mirip memar untuk sementara atau lekukan kronis pada kulit di mana lapisan lemak terluka.

Namun, ada juga eritema nodosum kronis yang bisa bertahan selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Eritema nodosum kronis yang dapat sesekali kambuh, dapat terjadi dengan atau tanpa adanya penyakit yang mendasarinya.

Baca juga: Hati-Hati, Tuberkulosis Bisa Sebabkan Erythema Nodosum

Apa yang Menjadi Penyebab Eritema Nodosum?

Eritema nodosum dapat terjadi dengan atau tanpa kondisi medis yang mendasarinya. Berbagai kondisi yang sering dikaitkan dengan terjadinya eritema nodosum, antara lain:

  • Obat-obatan tertentu, seperti pil KB, obat yang berhubungan dengan sulfa dan estrogen.

  • Radang tenggorokan,

  • Infeksi jamur.

  • Penyakit akibat cakaran kucing,

  • Mononukleosis.

  • Penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn dan colitis ulserativa.

  • Kehamilan normal.

Baca juga: 13 Faktor yang Memicu Erythema Nodosum

Waspadai Gejalanya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, eritema nodosum menimbulkan benjolan kemerahan yang dapat berukuran 1–5 sentimeter. Benjolan ini biasanya muncul di bagian bawah kaki dan dapat menyebar ke area lainnya pada tubuh. Benjolan eritema nodosum dapat terasa hangat dan nyeri.

Selain benjolan, pengidap eritema nodosum juga dapat mengalami gejala flu, seperti demam tinggi sampai 38 derajat atau lebih, kelelahan, dan nyeri otot.

Cara Mendiagnosis Eritema Nodosum

Untuk mendiagnosis eritema nodosum, pertama-tama dokter akan memeriksa penampilan ruam. Namun, biopsi biasanya juga diperlukan untuk memperkuat diagnosis eritema nodosum. Biopsi merupakan prosedur di mana sebagian kecil kulit yang meradang diambil untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

Cara Mengobati Eritema Nodosum

Pengobatan untuk eritema nodosum bertujuan untuk mengobati kondisi medis yang mendasarinya bersama dengan lesi kulit. Pengobatan untuk eritema nodosum meliputi obat anti-inflamasi dan kortison melalui mulut atau injeksi. Colchicine kadang-kadang juga digunakan, karena efektif untuk meredakan peradangan. Pengobatan yang dilakukan tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi pengidap dan gejalanya.

Sedangkan untuk meredakan gejala eritema nodosum yang tidak nyaman, kamu bisa melakukan perawatan berikut di rumah:

  • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen.

  • Beristirahat dengan kaki yang diposisikan lebih tinggi.

  • Gunakan kompres basah yang dingin.

Penting untuk diingat bahwa meskipun eritema nodosum mengganggu dan seringkali menyakitkan, tetapi penyakit ini tidak mengancam organ dalam dan tidak menimbulkan dampak jangka panjang.

Baca juga: Ikuti 4 Tips Ini untuk Cegah Erythema Nodosum

Itulah penjelasan tentang eritema nodosum yang perlu kamu ketahui. Bila kamu masih ingin bertanya lebih lanjut mengenai peradangan di lemak kulit ini, tanyakan saja pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya-tanya seputar kesehatan kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Erythema Nodosum.
NHS. Diakses pada 2020. Erythema nodosum.