• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peradangan pada Usus Besar, Ini Pencegahan Efektif Kolitis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peradangan pada Usus Besar, Ini Pencegahan Efektif Kolitis

Peradangan pada Usus Besar, Ini Pencegahan Efektif Kolitis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2022

“Kolitis dapat menyebabkan nyeri perut dan munculnya darah pada feses. Sebaiknya lakukan pencegahan peradangan pada usus besar ini agar gejalanya tidak semakin memburuk.”

Peradangan pada Usus Besar, Ini Pencegahan Efektif KolitisPeradangan pada Usus Besar, Ini Pencegahan Efektif Kolitis

Halodoc, Jakarta – Nyeri perut atau perut kembung dapat menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman. Sebaiknya jangan abaikan jika kamu mengalami keluhan kesehatan tersebut, apalagi jika kamu merasakannya bersamaan. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda kamu mengalami peradangan pada usus besar atau yang dikenal sebagai kolitis.

Ada peradangan pada usus besar menyebabkan feses menjadi lebih padat, cair, hingga bercampur dengan darah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui berbagai gejala dan pencegahan untuk menghindari penyakit ini. Jika tidak diatasi dengan baik, kolitis dapat menyebabkan perdarahan pada usus hingga meningkatkan risiko kanker usus.

Baca juga: Mengidap Kolitis Ulseratif, Ini yang Terjadi pada Tubuh

Waspada Gejala Kolitis

Usus besar menjadi bagian dari sistem pencernaan yang cukup penting untuk proses penyerapan nutrisi. Hampir serupa dengan bagian tubuh yang lain, usus besar juga berisiko mengalami peradangan yang menyebabkan gangguan sehingga memengaruhi cara kerja pencernaan dalam tubuh.

Peradangan pada usus besar dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri jaringan akibat adanya cedera atau infeksi. Selain itu, ada gejala lain dari peradangan pada usus besar, seperti:

  • Nyeri perut.
  • Perut kembung.
  • Diare.
  • Muncul lendir atau darah pada feses.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Penurunan berat badan.
  • Mual dan muntah.
  • Demam.
  • Dehidrasi.
  • Kelelahan.

Itulah gejala kolitis yang perlu kamu waspadai. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan terkait penyakit ini, segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan agar bisa dilakukan pengobatan dengan tepat.

Inilah Pengobatan untuk Kolitis

Kolitis menjadi salah satu penyakit yang menular dan terjadi akibat adanya infeksi virus, bakteri, hingga parasit. Umumnya, kolitis terjadi akibat paparan Salmonella dan E.coli yang didapatkan dari konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut. 

Selain itu, kolitis juga bisa disebabkan akibat penyebab lainnya, seperti gangguan imun tubuh hingga efek pengobatan tertentu. Hal ini membuat pengobatan kolitis akan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan penyebabnya.

Namun, ada beberapa pengobatan yang umumnya akan dilakukan, seperti mengonsumsi obat antibiotik, menjalankan pola makan sehat, hingga tindakan bedah untuk menghilangkan bagian usus besar yang mengalami peradangan.

Baca juga: Alami Kolitis Ulseratif, Ketahui Cara Pengobatannya

Ketahui Pencegahan Peradangan pada Usus Besar

Pengobatan yang dilakukan tentunya membuat penyakit ini bisa diatasi dengan baik. Namun, jangan lupa untuk melakukan pencegahan agar kolitis tidak muncul kembali dan mengganggu kondisi kesehatan kamu.

Pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat dan bersih agar tidak terpapar bakteri atau parasit yang bisa memicu penyakit ini. Selain itu, tingkatkan aktivitas fisik agar saluran cerna dalam kondisi yang baik.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan tangan agar bakteri atau kuman yang bisa memicu penyakit hilang. Agar kebersihan tubuh selalu dalam kondisi yang optimal, sebaiknya gunakan Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dengan formula Activ Silver+ yang akan bekerja sama dengan imunitas kulit untuk melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Kandungan Activ Silver+ dalam sabun ini bantu melawan 99,9 persen kuman yang berbahaya. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari bakteri dan kuman meskipun kamu melalui berbagai aktivitas yang padat seharian.

Busa dari Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 yang lembut juga bisa membersihkan kulit secara mendalam hingga ke pori-pori. Hal ini membuat keluarga tercinta bebas berkegiatan tanpa takut dengan serangan kuman maupun bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: Waspada 9 Komplikasi karena Kolitis Ulseratif

Dapatkan Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 secara mudah melalui aplikasi Halodoc. Lifebuoy juga memberikan kamu potongan harga untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung melalui Halodoc. Caranya beli Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 kemasan 250 ml, 400 ml, hingga 825 ml yang bertanda khusus Halodoc.

Setelah memilih dokter, jangan lupa memasukan kode promo pada halaman pembayaran di aplikasi Halodoc. Yuk tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Colitis.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is Colitis?
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Colitis.