• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peran Hubungan Intim dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Peran Hubungan Intim dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Peran Hubungan Intim dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Halodoc, Jakarta – Jenuh dan cekcok kecil dalam berumah tangga adalah hal yang biasa. Perasaan monoton dapat menyebabkan mati rasa. Buat kamu yang saat ini sedang menjalani kejenuhan, cobalah untuk intropeksi dengan rutinitas seksmu. Jangan-jangan kamu dan pasangan sudah kehilangan kualitas dan frekuensi berhubungan intim?

Hubungan intim memiliki peranan penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Salah satu cara agar hubungan seksmu tidak membosankan adalah dengan mengetahui apa yang diinginkan pasangan. Simak informasinya di sini!

Seks Menyenangkan untuk Keharmonisan Rumah Tangga

Apakah hubungan seksual adalah salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga? Jawabannya adalah iya! Hubungan seks bisa meningkatkan ikatan emosional dengan pasangan, sarana relaksasi, memberikan kenyamanan fisik dan psikis, serta menurunkan stres.

Namun, tidak asal seks, harus ada “aturan” yang membuat aktivitas intim tersebut menyenangkan dan berfaedah dalam membangun ikatan emosi. Lantas seks seperti apa yang bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga?

Baca juga: Posisi Seks Andalan Masing-Masing Zodiak

1. Tahu Apa yang Kamu dan Pasangan Mau 

Identifikasi apa yang membuat kamu dan pasangan ingin berhubungan seks. Kamu pasti pernah mendengar kalau tidak seperti pria, wanita tidak mudah terangsang. Untuk bisa menikmati hubungan seks, wanita harus melewati beberapa tahapan. 

Untuk mendapatkan mood bercinta, coba pikirkan tentang apa yang membuat kamu dan pasangan merasa rileks dan sensual. Bisa saja dengan berciuman, menyentuh, berbicara secara intim, atau bisa juga makan malam menyenangkan dan tertawa bersama. Setelah menentukan dengan tepat apa yang kamu dan pasangan inginkan, cobalah untuk mewujudkannya.  

2. Berusaha

Terlalu sering mengatakan “Saya lelah” atau “Ini bukan waktu yang pas” akan membuat pasangan kecewa dan menunjukkan kalau kamu tidak mau berusaha. Lagi-lagi seperti poin pertama, coba diskusikan dan sampaikan keinginan kamu dan pasangan. Jangan hanya mau menangnya sendiri. 

Baca juga: Pria Paling Tidak Tahan Kalau 7 Bagian Ini Disentuh

3. Jadwalkan “Me Time”

Pasangan suami istri juga memerlukan “me time” tanpa gangguan anak-anak. Dengan menikmati hari romantis berdua akan membuat kamu dan pasangan terkenang akan masa-masa indah ketika belum menikah. Memori akan memanaskan kembali api asmara dan membuat kamu menyadari apa yang pada akhirnya mengikat kalian bersama dalam susah maupun senang. 

4. Kejutan Seksi

Terkadang pasutri merasa menjadi seksi itu tidak penting. Padahal, merasa dan menjadi seksi itu perlu. Cobalah mengenakan pakaian dalam yang provokatif atau membacakan novel erotika di telinga pasangan. Ini bisa jadi kejutan seksi yang membuat kalian lebih menikmati hubungan intim. 

Baca juga: Ini Peran Klitoris saat Berhubungan Intim

5. Definisikan Kembali Keintiman

Orang sering berpikir bahwa seks haruslah sesuatu yang menggemparkan dan orgasme dahsyat. Ya tidak sepenuhnya salah, tetapi lebih penting dari itu keintiman yang terbangun dan membuat kamu dan pasangan semakin dekat dan mengenal satu sama lain. 

Saling menyentuh, mengecup ujung bibir, memeluk dari belakang, atau cuddling adalah aktivitas non penetrasi yang sudah pasti membuat kamu dan pasangan semakin harmonis. Kalau kamu dan pasangan susah mendapatkan keintiman, coba diskusikan dengan dokter ataupun psikolog di Halodoc! Profesional medis terbaik akan membantu memberikan solusi untukmu dan pasangan.

Referensi:
Family Life.com. Diakses pada 2021. Why Sex Matters In Marriage.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Keep the Spark Alive in Your Marriage.