• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Alami untuk Mengatasi Herpes Zoster

Perawatan Alami untuk Mengatasi Herpes Zoster

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perawatan Alami untuk Mengatasi Herpes Zoster

Halodoc, Jakarta - Ada banyak penyakit kulit yang dapat menyerang manusia, di antaranya bahkan dapat sangat mengganggu saat terjadi. Seseorang dapat mengidap gangguan pada kulit yang disebabkan oleh virus dan salah satu yang umum menyerang adalah herpes zoster. Jika kamu mengalami penyakit ini dan belum menimbulkan gangguan yang parah, beberapa perawatan alami dapat dilakukan. Untuk mengetahui beberapa jenis perawatannya, baca di sini!

Atasi Herpes Zoster dengan Beberapa Perawatan Alami

Herpes zoster adalah infeksi dari virus varicella zoster yang menyebabkan ruam yang menyakitkan. Gangguan ini adalah virus yang sama dengan penyebab penyakit cacar air. Jika kamu mengidap cacar air saat kecil, virus ini kemungkinan tidak aktif di dalam tubuh. Disebutkan jika sekitar 1 dari 3 orang yang pernah mengidap cacar air tetap dapat mengidap herpes zoster saat virus tersebut aktif.

Baca juga: Ketahui Faktor Risiko Seseorang Mengalami Herpes Zoster

Penyakit ini dapat memengaruhi ujung saraf di kulit dan dapat muncul semua bagian tubuh, meski paling sering terjadi pada kulit di sekitar tulang rusuk dan dada. Ruam dan lepuhan berisi cairan terbentuk dalam beberapa hari setelah timbulnya rasa sakit. Beberapa orang yang mengalami herpes zoster juga mengalami demam, kepekaan terhadap cahaya, dan kelelahan.

Jika kamu mengalami herpes zoster dengan gejala yang ringan, beberapa perawatan alami dapat dilakukan, seperti:

1. Mandi Air Dingin

Salah satu cara untuk mengobati herpes zoster adalah mandi dengan air dingin. Dengan berendam dalam bak air dingin selama kurang lebih 15 menit, dapat membantu tubuh untuk meredakan sebagian rasa sakit dan gatal yang disebabkan virus ini. Mandi setiap hari juga dapat menjaga kulit tetap bersih sehingga mampu menurunkan kemungkinan terjadinya infeksi pada kulit.

Jangan gunakan sabun dengan kandungan yang keras dan hindari menggosok area yang rentan melepuh. Sebaliknya, bersihkan kulit secara lembut dengan sabun bebas pewangi. Setelah mandi, keringkan ruam dengan handuk katun yang bersih dan hindari menggosok kulit secara agresif dengan handuk. Setelah itu, segera cuci handuk untuk menghindari penyebaran ke orang lain.

Baca juga: Gejala Herpes Zoster yang Perlu Diwaspadai

2. Kompres Dingin

Kamu juga dapat menerapkan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh ruam herpes zoster. Lakukan hal ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan gejalanya. Rendam kain dalam air dingin, peras airnya, dan oleskan kain ke ruam dan lepuh. Suhu dingin dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Namun, jangan langsung mengoleskan es langsung pada ruam karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit dan memperburuk rasa sakit.

3. Mengoleskan Lotion dan Krim

Dengan menggaruk ruam akibat herpes zoster, dapat menyebabkan jaringan parut dan menyulitkan lepuhan untuk sembuh. Jika gatal tidak kunjung sembuh setelah mandi dengan air dingin dan kompres dingin, cobalah untuk mengoleskan losion atau krim pada area yang terserang. Memang tidak mempercepat proses penyembuhan, tetapi dapat menimbulkan rasa nyaman pada kulit.

Saat akan menggunakan krim atau lotion, cobalah memilih yang memiliki kandungan capsaicin agar lebih efektif. Lakukan olesan tiga atau empat kali sehari dan usahakan hanya mengoleskannya secara tipis. Capsaicin mengandung efek anti-inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit. Selain itu, kamu juga dapat mengoleskan losion kalamin setelah mandi, guna menenangkan kulit yang teriritasi dan membantu untuk mengeringkan lepuh.

Baca juga: Komplikasi Serius yang Bisa Diakibatkan Herpes Zoster

Itulah beberapa perawatan alami yang dapat dilakukan untuk mengobati herpes zoster. Jika gangguan yang terjadi semakin parah, ada baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Ahli medis mungkin akan memberikan obat yang lebih efektif untuk mengatasi gangguan pada kulit ini, sehingga penyembuhan menjadi lebih cepat.

Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc dengan pemesanan secara online. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat menentukan sendiri lokasi dan waktu sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menikmati kemudahan ini, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Natural Treatments for Shingles.
Family Health Diary. Diakses pada 2021. Natural Treatments For Shingles.