Perawatan Rumahan untuk Membantu Redakan Laringitis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perawatan Rumahan untuk Membantu Redakan Laringitis

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami bangun di pagi hari dengan suara parau atau serak? Mungkin, kamu mengalami radang tenggorokan atau laringitis. Masalah kesehatan ini terjadi ketika pita suara mengalami peradangan akibat terlalu sering digunakan, iritasi, atau mengalami infeksi. Peradangan yang terjadi ini menyebabkan distorsi pada suara. 

Terlalu bersemangat ketika mendukung permainan tim sepak bola favorit kamu hanya dalam satu malam bisa memicu terjadinya peradangan pada tenggorokan. Namun, laringitis bisa terjadi karena gejala seperti pilek atau flu. Gejala utamanya adalah suara menjadi parau atau serak.

Pengobatan Alami untuk Redakan Laringitis

Untungnya, jika kamu mengetahui gejalanya lebih awal, kamu bisa mengobatinya sendiri dengan rekomendasi perawatan rumahan. Namun, kalau kamu merasa laringitis ini sudah mengganggu dan tidak kunjung membaik meski telah dilakukan pengobatan, maka tidak ada salahnya kamu menanyakan pada dokter apa saja pengobatan medis yang diperlukan. Supaya lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal download di smartphone kamu saja, ya!

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini saat Mengalami Laringitis

Lalu, apa saja pilihan pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk meredakan laringitis? Berikut beberapa di antaranya:

  • Berkumur Air Garam Hangat

Kamu bisa meredakan laringitis dan iritasi dengan berkumur air garam hangat. Campurkan seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Minumlah seteguk dan gunakan untuk berkumur di bagian belakang tenggorokan, lalu keluarkan. Ulangi lagi sampai beberapa kali atau sampai air yang berada di dalam gelas habis. 

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk membantu tubuh melawan infeksi. Tuangkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel mentah ke dalam segelas air. Tambahkan satu sendok teh madu untuk membuat obat ini menjadi lebih nikmat rasanya dan efektif. Minum ini sekali atau dua kali sehari sampai gejala yang dirasakan mulai membaik. 

Baca juga: Awas, Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan

  • Teh Madu

Tidak ada minuman yang lebih nikmat dan menyehatkan untuk tenggorokan yang mengalami iritasi daripada secangkir teh hangat. Teh juga bisa menghasilkan efek relaksasi dan ketenangan yang baik untuk kamu yang mudah stres. Teh herbal, misalnya chamomile, mengandung antioksidan yang membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Kandungan dalam teh tersebut juga termasuk antiinflamasi. 

  • Akar Jahe

Akar jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, terbukti dengan telah digunakannya bahan satu ini sebagai obat tradisional selama ribuan tahun. Jahe sendiri berfungsi untuk meredakan batuk kering dan iritasi yang sering menyertai radang tenggorokan. Tidak hanya itu, akar jahe juga membantu mengobati infeksi tenggorokan. 

  • Minum Air Hangat

Ketika kamu sakit, selalu baik minum banyak air putih hangat. Termasuk ketika kamu mengalami laringitis. Air hangat memang membantu melegakan tenggorokan, beberapa cara lain seperti teh juga membantu mengencerkan lendir dan melonggarkan dahak. Namun, jangan minum kopi atau apa saja yang mengandung kafein, karena kamu bisa dehidrasi

Baca juga: Ikuti Tips Ini untuk Mencegah Laringitis

  • Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau essential oil mengandung bahan kimia alami yang memberi esensi tanaman baik dari bau dan rasanya. Produk seperti kayu putih banyak ditemukan dalam obat-obatan yang dijual bebas. Sebenarnya, minyak kayu putih membantu mengencerkan lendir dan meredakan iritasi. Tambahkan empat atau lima tetes minyak ini ke dalam diffuser, karena minyak atsiri tidak boleh dikonsumsi langsung. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Laryngitis Home Remedies.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Laryngitis.
WebMD. Diakses pada 2019. What are Some Home Remedies for Laryngitis?