• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Rumahan untuk Mengobati Eksim Atopik

Perawatan Rumahan untuk Mengobati Eksim Atopik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Timbulnya rasa gatal di kulit adalah hal yang biasa terjadi. Namun, jika rasa gatal tersebut tidak tertahankan dan menimbulkan kemerahan pada kulit, mungkin saja kamu mengalami eksim atopik. Pada beberapa kasus, gangguan kulit ini dapat menimbulkan asma atau demam saat menyerang, terutama pada anak-anak.

Maka dari itu, seseorang yang mengalami eksim atopik harus tahu beberapa cara yang efektif untuk mengatasinya. Dipercaya jika beberapa pengobatan ala rumahan juga dapat dilakukan agar kulit menjadi normal kembali. Berikut adalah beberapa pengobatan yang efektif untuk mengatasi eksim atopik!

Baca juga: 6 Cara Merawat Eksim Atopik

Atasi Eksim Atopik dengan Perawatan Rumahan

Eksim atopik adalah suatu kondisi yang dapat membuat kulit menjadi merah dan gatal. Gangguan ini terbilang kronis karena dapat terjadi dalam waktu yang lama dan dapat menimbulkan kekambuhan secara berkala. Penyakit kulit ini dapat diatasi dengan beberapa produk, tetapi efek sampingnya dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan terjadi iritasi.

Sejauh ini belum ada obat yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi gangguan eksim atopik ini. Meski begitu, beberapa penanganan dan tindakan perawatan diri dapat meredakan rasa gatal dan mencegah untuk kambuh. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi gangguan dermatitis atopik ini saat menyerang:

1. Hindari Reaksi Alergi

Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai penanganan dari eksim atopik adalah dengan menghindari reaksi alergi yang mungkin timbul. Beberapa cara yang dapat dilakukan sangat sederhana, yaitu mengganti deterjen cucian atau pelembut pakaian. Selain itu, faktor cuaca dapat menyebabkan kulit menjadi terganggu. Selalu menjaga kulit untuk terdampak langsung dari iklim tersebut dapat dilakukan. Pastikan untuk menghindari segala hal yang menyebabkan reaksi alergi timbul.

2. Mencegah Kulit Kering

Kamu juga dapat menangani eksim atopik dengan cara mencegah kulit agar tidak kering. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit kering adalah dengan mandi atau berendam air hangat yang tidak lebih dari 10–15 menit. Selain itu, gunakan sabun yang lembut dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Kamu juga dapat mengoleskan losion kulit ke seluruh tubuh untuk menjaga bagian terluar tubuh tersebut tetap lembap dan hindari losion dengan pewangi atau bahan iritasi lainnya.

Baca juga: Alasan Pengidap Dermatitis Atopik Rentan Alami Alergi Telur

3. Gunakan Pakaian yang Tepat

Pemilihan pakaian sehari-hari juga dapat membuat kulit kamu menjadi kering, sehingga menyebabkan eksim atopik. Cobalah untuk selalu menghindari pakaian yang ketat dan berbahan kasar. Selain itu, kamu juga harus menghindari untuk menggaruk area yang gatal secara berlebihan agar tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan. Kamu dapat menutup area tersebut dengan perban jika dirasa sulit untuk menahan diri dari menggaruk.

4. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kulit. Kandungan yang terkandung dalam tanaman tersebut dipercaya dapat ampuh untuk meredakan eksim atopik yang terjadi. Efek antibakteri dan antimikroba yang ada dapat mencegah terjadinya infeksi kulit yang dapat membuat kulit kering. Dengan mengoleskan lidah buaya, kulit yang rusak akan lebih cepat untuk sembuh.

Itulah beberapa perawatan rumahan yang dapat efektif untuk mengatasi gangguan eksim atopik. Dengan menerapkan semua hal tersebut, diharapkan penyakit kulit tersebut tidak mengalami kekambuhan lagi. Penerapan hidup sehat sangat penting untuk menjaga tubuh secara keseluruhan, bukan hanya kulit.

Baca juga: Eksim Atopik pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Lalu, apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait penanganan yang efektif untuk mengatasi eksim atopik, dokter kulit dari Halodoc dapat memberikan jawaban yang tepat agar masalah dapat selesai. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan dan nikmati layanan kesehatan tanpa ke luar rumah!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Eczema Home Treatment.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top 12 Natural Remedies for Eczema.