• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Sederhana untuk Membuat Wajah Lebih Bersinar

Perawatan Sederhana untuk Membuat Wajah Lebih Bersinar

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Paparan debu maupun polusi udara pada kulit wajah nyatanya dapat mengganggu kecantikan serta menyebabkan wajah mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti jerawat, wajah kusam, hingga masalah wajah yang berminyak. Tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit, munculnya permasalahan pada kulit wajah juga dapat membuat seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri, loh.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

Melakukan perawatan wajah menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari berbagai gangguan masalah pada wajah. Tidak harus selalu mahal, nyatanya kamu dapat lakukan berbagai perawatan secara mandiri di rumah. Tidak ada salahnya mengetahui beberapa perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulit wajah terhindar dari gangguan masalah dan membuat kondisi wajah menjadi lebih bersinar.

1.Penuhi Waktu Istirahat

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat kamu setiap harinya. Melansir Insider, ketika kita tidur, nyatanya hampir seluruh bagian tubuh juga ikut beristirahat, termasuk bagian kulit kita. Kekurangan waktu istirahat atau waktu tidur artinya membuat kulit tidak dapat beristirahat dengan baik sehingga kulit tidak dapat memperbaiki sel atau jaringan yang rusak dengan optimal.

Menurut Dr. Joshua Zeichner seorang Clinical Research di Mount Sinai Hospital, kekurangan tidur sangat rentan menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit, misalnya peradangan pada kulit atau munculnya jerawat. Selain itu, kekurangan tidur juga dapat membuat kamu mengalami kondisi dehidrasi yang menyebabkan kulit akan terlihat kusam dan kering.

2.Bersihkan Wajah dengan Tepat

Bersihkan wajah secara rutin dengan cara yang tepat. Melansir American Academy of Dermatology, cara mencuci muka yang kamu lakukan dapat menentukan kondisi wajah, loh. Sebelum mencuci wajah, basahi wajah terlebih dahulu, kemudian gunakan sabun yang tidak mengandung alkohol. 

Kamu dapat gunakan beberapa alat bantuan, seperti spon atau handuk lembut untuk mencuci wajah. Namun yang perlu kamu pastikan, hindari menggosok kulit terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi. Bilas wajah secara menyeluruh hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk lembut. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari.

Baca juga: Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

3.Gunakan Perawatan Wajah yang Tepat

Penggunaan skincare yang tepat nyatanya dapat membantu kamu mendapatkan kondisi kesehatan kulit wajah yang bersinar. Tidak ada salahnya menggunakan pelembap maupun rutin melakukan eksfoliasi pada kulit wajah sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih bersinar dan sehat.

Jika penggunaan skincare membuat kulit wajah mengalami gangguan, misalnya kemerahan hingga kulit kering, tidak ada salahnya untuk hentikan penggunaan dan lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter kulit mengenai perawatan kulit wajah yang tepat agar gangguan kesehatan berkurang melalui aplikasi Halodoc.

4.Konsumsi Makanan Sehat

Selain perawatan dari luar, nyatanya kamu juga dapat melakukan perawatan sederhana dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan kulit juga akan dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh. 

Ada beberapa nutrisi dan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan kulit, seperti lemak sehat, protein, vitamin A, C, dan juga E. Berbagai nutrisi serta gizi yang dibutuhkan nyatanya dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat, seperti ikan salmon, sayuran hijau, telur, buah alpukat, dan juga minyak zaitun.

5.Rutin Melakukan Olahraga

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, nyatanya rutin melakukan olahraga juga dapat membuat kesehatan kulit kamu lebih terjaga. Dengan rutin melakukan olahraga, sirkulasi darah akan berjalan lebih lancar, sehingga kulit akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup. Itulah yang menyebabkan mengapa rutin melakukan olahraga dapat membuat kulit terlihat lebih bersinar dan sehat.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Kulit di Malam Hari, Ini Tipsnya

Itulah beberapa perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi nyatanya dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul pada wajah yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak bersinar.

Referensi:
Insider. Diakses pada 2020. 5 Ways Sleep Can Impact Your Skin.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Face Washing 101.
WebMD. Diakses pada 2020. Nutrients for Healthy Skin.