• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Mata Kering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Mata Kering

Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Mata Kering

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 22 Februari 2021
Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Mata Kering

Halodoc, Jakarta - Mata terasa kering, juga disebut sindrom mata kering, adalah kondisi umum yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Ini dapat membuat seseorang lebih sulit menjadi produktif di tempat kerja dan mengurangi waktu mereka bersama keluarga dan teman. The American Journal of Ophthalmology memperkirakan bahwa 16 juta orang dewasa telah didiagnosis dengan penyakit tersebut, dan jajak pendapat Gallup 2012 menunjukkan bahwa 29 juta orang Amerika akan mengidap penyakit tersebut pada tahun 2022.

Mata kering bisa menjadi kondisi sementara atau kronis. Ketika suatu kondisi disebut sebagai "kronis", itu berarti sudah berlangsung lama. Gejala mungkin menjadi lebih baik atau lebih buruk, tetapi tidak pernah hilang sepenuhnya. Mata kering kronis terjadi saat mata tidak dapat mengeluarkan cukup air mata. Ini mungkin karena air mata menguap terlalu cepat, atau juga bisa akibat adanya peradangan di dalam atau di sekitar mata.

Mata kering sementara sering kali disebabkan oleh faktor lingkungan. Kamu mungkin merasakan gejala akibat memakai lensa kontak terlalu lama atau berada di lingkungan yang kering. Sebaliknya, mata kering kronis sering kali disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya. Kondisi yang melibatkan kelenjar mata, penyakit kulit di dekat mata, dan alergi semuanya dapat menyebabkan mata kering kronis.

Baca juga: 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Mata Kering

Langkah Sederhana Mengatasi Mata Kering

Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi kondisi mata kering. Dokter juga dapat membantu menemukan cara untuk mengurangi gejala, dan kamu mungkin juga mendapat manfaat dari pengobatan alami yang dapat dicoba di rumah. Berikut adalah perawatan yang bisa dilakukan untuk kondisi mata yang terasa kering: 

Menggunakan Obat yang Dijual Bebas

Saat mata terasa kering, salah satu cara paling populer untuk mengobatinya adalah menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas, atau yang disebut air mata buatan. Tetes mata berbasis pengawet bisa bertahan untuk disimpan dalam waktu yang lama. Tetes mata non-resep juga tersedia dalam beberapa botol sekali pakai yang bisa kamu gunakan sekali dan buang.

Air mata buatan hanya membasahi mata, jadi jika kamu memiliki gejala mata kering sedang, mungkin hanya air mata buatan yang dibutuhkan. Namun, kamu mungkin harus mengaplikasikannya beberapa kali sehari.

Salep juga bisa digunakan, tetapi cenderung membuat penglihatan keruh. Salep melapisi mata lebih baik daripada obat tetes mata. Karena membuat penglihatan kabur, paling baik digunakan tepat sebelum waktu tidur.

Hindari penggunaan obat tetes mata yang mengurangi kemerahan. Karena obat tetes mata jenis ini dapat mengiritasi mata karena menyempitkan pembuluh darah.

Kini kamu bisa beli obat tetes mata yang bertindak sebagai air mata buatan di Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur beli obat untuk mendapatkan semua kebutuhan kesehatanmu. Apalagi di Halodoc sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan obat dengan cepat, karena pesanan bisa tiba kurang dari satu jam.

Baca juga: Waspada, Mata Kering Dapat Sebabkan Sakit Kepala

Obat Resep

Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati mata kering kronis. Obat-obatan ini dapat diberikan secara oral atau sebagai obat tetes mata. Kebanyakan dari obat ini berfokus pada pengurangan radang kelopak mata. Saat kelopak mata bengkak, hal itu mencegah kelenjar minyak untuk mengoleskan minyak ke air mata. Tanpa minyak, air mata akan menguap terlalu cepat.

Antibiotik tertentu telah ditemukan untuk merangsang produksi minyak di kelenjar di sekitar mata. Jika dokter yakin mata kering disebabkan terutama oleh peradangan, mereka mungkin meresepkan antibiotik anti-inflamasi.

Obat tetes mata yang diresepkan sering kali juga anti-inflamasi. Salah satu contohnya adalah siklosporin yang juga digunakan untuk mengobati pasien dengan rheumatoid arthritis dan psoriasis. Obat ini menekan sistem kekebalan, sehingga tubuh berhenti menyerang dirinya sendiri. Lifitegrast juga merupakan obat resep lain yang secara khusus disetujui untuk perawatan mata kering kronis.

Sisipan Mata

Jika obat tetes pengganti air mata biasa tidak berfungsi, sisipan mata mungkin bisa menjadi pilihan. Tabung obat kecil dan bening ini terlihat seperti butiran beras dan masuk ke mata seperti lensa kontak. Kamu akan menempatkan sisipan di mata di antara bola mata dan kelopak mata bawah. Obat dilepaskan sepanjang hari untuk menjaga kelembapan mata.

Baca juga: Mitos atau Fakta Obat Tetes Mata Bisa Mencegah Katarak

Perawatan Alami untuk Mata Kering

Ada beberapa perawatan alami yang dapat membantu mata kering, contohnya antara lain: 

  • Kain Basah Hangat. Pegang kain basah hangat di atas mata selama lima menit untuk mengurangi gejala mata kering.
  • Pijat Kelopak Mata dengan Sabun Lembut, Seperti Sampo Bayi. Tutup mata dan oleskan sabun dengan ujung jari , dan pijat lembut kelopak mata.
  • Suplemen Omega-3. Menambahkan suplemen ke dalam makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu meringankan gejala dengan mengurangi peradangan di tubuh. Meski masih diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi kamu mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen minyak ikan atau mengonsumsi makanan seperti biji rami, salmon, dan sarden.
  • Tetes Mata Minyak Jarak. Minyak jarak dapat membantu mengurangi penguapan air mata, yang dapat meredakan gejala. Tersedia tetes mata air mata buatan yang mengandung minyak jarak. Namun, selalu bicarakan dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alami apa pun.

Referensi:
Barnet Dulaney Perkins Eye Center. Diakses pada 2021. 13 Remedies For Dry Eyes. 
Healthline. Diakses pada 2021. Dry Eye Syndrome.
Web MD. Diakses pada 2021. Dry Eye Syndrome Treatment.