• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Sederhana untuk Meredakan Gejala Vertigo

Perawatan Sederhana untuk Meredakan Gejala Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Adakah perawatan sederhana untuk mengatasi vertigo? Sebelum mengetahui jawabannya, perlu diketahui lebih dahulu penyebabnya. Nah, penyebab vertigo adalah infeksi telinga bagian dalam atau penyakit pada telinga seperti Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), neuritis vestibular, dan penyakit Meniere. 

BPPV dapat terjadi ketika kalsium menumpuk di saluran telinga bagian dalam, menyebabkan sensasi berputar singkat yang berlangsung 20 detik hingga satu menit. Vertigo yang disebabkan oleh BPPV dapat diobati dengan terapi fisik, di mana pasien mempelajari serangkaian latihan yang dikenal sebagai prosedur canalith reposisi atau gerakan lambat untuk memposisikan kepala guna memindahkan partikel di telinga bagian dalam. Simak perawatan sederhana meredakan gejala vertigo di sini!

Bagaimana Menangani Vertigo?

Sebenarnya penanganan vertigo tergantung pada penyebab vertigo itu sendiri. Jika seseorang mengidap penyakit Meniere, dokter mungkin akan meresepkan diet rendah natrium dan diuretik untuk menurunkan tekanan cairan di telinga bagian dalam serta rekomendasi penyesuaian gaya hidup melalui pengaturan cahaya. 

Vertigo juga dapat diobati dengan obat resep tertentu termasuk penghambat saluran kalsium, penghambat beta, dan antidepresan trisiklik. Meskipun bisa membuat pengidapnya tidak nyaman, pada dasarnya vertigo bukanlah kondisi yang berbahaya. Bagi pengidap BPPV, tidak disarankan untuk mengemudikan kendaraan ketika vertigonya sedang kambuh. 

Ada beberapa perawatan sederhana untuk meredakan gejala vertigo yaitu:

1. Manajemen Stres

Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo, termasuk penyakit Meniere, dapat dipicu oleh stres. Mengembangkan strategi koping untuk mengatasi keadaan stres dapat mengurangi episode vertigo. 

Salah satunya adalah dengan berlatih meditasi dan teknik pernapasan. Stres jangka panjang bukanlah sesuatu yang dapat kamu hilangkan begitu saja. Karenanya butuh waktu dan penerapan manajemen stres guna mengurangi gejala vertigo.

2. Yoga dan Tai Chi

Yoga dan tai chi sudah sejak lama dikenal dapat mengurangi stres sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Terapi fisik yang dilakukan melalui latihan yoga dan tai chi dapat melatih otak untuk mengkompensasi penyebab vertigo. 

Cobalah pose yoga sederhana, seperti Child's Pose dan Corpse Pose, saat kamu merasa pusing. Berhati-hatilah terhadap pose apapun yang melibatkan membungkuk ke depan secara tiba-tiba, karena itu dapat membuat sensasi gejala terasa lebih kuat.

3. Tidur yang Cukup

Sensasi vertigo bisa dipicu karena kurang tidur. Jika kamu mengalami vertigo untuk pertama kalinya, hal itu mungkin disebabkan oleh stres atau kurang tidur. Jika kamu dapat menghentikan apa yang sedang kamu lakukan saat serangan datang dan tidur sebentar, kamu mungkin menemukan bahwa perasaan vertigo dapat teratasi dengan sendirinya.

4. Terhidrasi

Terkadang vertigo disebabkan oleh dehidrasi sederhana. Mengurangi asupan natrium dapat membantu meringankan ataupun mencegah gejala vertigo. Namun, cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air. 

Pantau asupan airmu dan coba pertimbangkan kondisi panas, lembap, dan berkeringat yang mungkin membuat kamu kehilangan cairan ekstra. Rencanakan untuk minum lebih banyak air selama kamu mengeluarkan banyak keringat. 

5. Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala vertigo pada orang dengan BPPV. Segelas susu atau jus jeruk, tuna kaleng, dan bahkan kuning telur semuanya akan meningkatkan kadar vitamin D. Mintalah dokter memeriksa kadar vitamin D sehingga kamu tahu apakah kamu membutuhkan lebih banyak vitamin D pada makanan atau suplemen.

Punya pertanyaan seputar vertigo, tanyakan saja langsung ke Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apapun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Cbsnews.com. Diakses pada 2020. What causes vertigo, and what should you do when you have it?

Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Vertigo.